PDUN 2018, Login di http://pdun.data.kemdikbud.go.id untuk Download File dz

PDUN 2018 yang dapat diakses melalui alamat login http://pdun.data.kemdikbud.go.id merupakan sebuah web yang digunakan untuk pendataan Manajemen UN peserta UN SD, SMP, SMA, SMK yang datanya bersumber dari hasil sinkronisasi Dapodik. Manajemen PDUN ini akan digunakan kembali untuk penjaringan peserta UN tahun pelajaran 2017/2018 mendatang.
Bagi yang belum paham bagaimana cara cek data peserta UN melalui Manajemen PDUN (http://pdun.data.kemdikbud.go.id) , Anda menemukan blog yang tepat sebagai referensi. Simak informasi di bawah ini !

http://pdun.data.kemdikbud.go.id

Cek Data Peserta UN SD SMP SMA SMK Tahun Pelajaran 2017/2018 Melalui http://pdun.data.kemdikbud.go.id

Untuk panduan penggunaan Manajemen PDUN silahkan download disini [Download]

 

Bagi operator yang sudah cukup lama berkecimpung dalam pendataan UN, tentu sudah tidak asing lagi dengan Aplikasi Manajemen PDUN. Pada dasarnya manajemen PDUN digunakan untuk mengambil data CPUN dalam bentuk file .dz yang nantinya akan diserahkan ke panitia UN tingkat kab/kota sebagai dasar pendataan calon peserta UN.
Pertanyaannya adalah..
Data CPUN diambil darimana? yang pasti data ini diambil dari data dapodik secara utuh. Jadi diharapkan data diri calon peserta UN yang berada di tingkat akhir harus benar-benar valid. Jika belum mulai sekarang silahkan cek kembali data peserta didik dan jika terdapat kesalahan silahkan edit melalui Verval Pd.
Masih kurang jelas?
Simak paparan berikut ini !

Cara Cek Data Peserta UN Tahun Pelajaran 2017/2018 Melalui Pendataan UN

 

Pendaftaran Calon Peserta Ujian Nasional (UN) tahun 2017 akan menggunakan data Peserta Didik yang terdaftar di Aplikasi Dapodik. Sekolah yang melaksanakan prosedur pendaftaran calon peserta UN melalui Aplikasi Dapodik adalah sekolah yang berada di bawah naungan KEMENDIKBUD dengan bentuk pendidikan SD, SMP, SMA, dan SMK.
Sekolah diharapkan segera memeriksa kelengkapan dan kemutakhiran data peserta didik calon peserta UN di Aplikasi Dapodik seperti identitas pribadi peserta didik, NISN, dan data orang tua peserta didik. Verifikasi data peserta didik yang menjadi Calon Peserta UN dapat dilakukan di website Manajemen UN.
Data hasil verifikasi calon peserta UN (Daftar Calon Peserta, DCP) di website manajemen diserahkan oleh sekolah kepada Panitia UN di Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota. Panitia UN di Kabupaten/Kota akan memproses DCP yang diberikan sekolah untuk diproses menjadi data Peserta Ujian Nasional oleh Panitia UN Pusat.
Untuk sekolah dengan bentuk pendidikan SDLB, SMPLB, SMLB, dan SLB tidak menggunakan prosedur di atas namun memiliki prosedur tersendiri sesuai arahan panitia UN. Mari bersama kita sukseskan Ujian Nasional Tahun 2017!
 
Alurnya sebagai berikut :

 

 
Peran Sekolah dalam Pendataan PDUN 2018
1. Mengirimkan data ke server Dapodik.
2. Pemrosesan data NISN di vervalpd terutama bagi peserta didik tingkat akhir (kelas 6, 9, dan 12).
3. Melakukan verifikasi kelengkapan data individual peserta didik calon peserta UN.
4. Mengunduh Daftar Calon Peserta (DCP) dan Berita Acara dari website manajemen UN.
5. Penyerahan Daftar Calon Peserta (DCP) kepada Panitia UN di Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota.
6. Penandatanganan berita acara penyerahan Daftar Calon Peserta (DCP)

Cara Login Manajemen PDUN Tahun Pelajaran 2017/2018

1. Kunjungi halaman http://pdun.data.kemdikbud.go.id login dengan username, password dan kode registrasi dapodik.
2. Klik menu calon peserta UN seperti gambar berikut
Pada menu “Calon peserta UN” terdapat 5 menu, yakni Pengaturan Nomor Kursi, Unduh File Calon Peserta UN, Unduh CPUN ke excel, Unduh Berita Acara, Filter PD berdasarkan NISN.
 
a. Pengaturan Nomor Kursi
Jika rombel hanya 1, akan muncul tampilan berikut :
Khusus untuk kelas paralel baik SD, SMP, SMA tampilannya tentu akan muncul lebih dari 1 data. Isikan “Nama Urut Rombel” agar CPUN Excel dapat dibuka.
b. Unduh File Calon Peserta UN
Cara Download Data Peserta UN
File ini yang nantinya akan dikirim ke panitia kab/kota sebagai acuan data peserta UN. Jadi, data dapodik harus benar-benar valid, jika belum silahkan perbaiki data siswa di vervalpd terlebih dahulu.

 

Jika data sudah benar, silahkan klik menu “Unduh File Calon Peserta UN”, maka akan muncul pemberitahuan “

 

 

Maka akan terdownload sebuah file dengan berekstensi .dz.Baca : Aplikasi BIO UN 2018

c. Unduh CPUN ke excel
Menu ini digunakan untuk pengecekan data peserta UN oleh operator
d.  Unduh Berita Acara
Jelas, menu ini digunakan untuk mendownload berita acara dimana berita acara ini berisi Serah Terima Pendaftaran Calon Peserta UN” yang ditandangani oleh Kepala Sekolah yang kemudian diserahkan ke Panitia UN Kab/Kota.
e. Filter PD berdasarkan NISN
Filter ini untuk memastikan apakah peserta didik sudah memiliki NISN atau belum. Jadi, sangatlah penting untuk dipahami oleh rekan-rekan operator sekalian.Untuk panduan format PDF Silahkan download disini :

[DOWNLOAD FILE]

Demikian panduan bagaimana cara Cek data peserta UN Tahun 2017/2018 dan bagaimana pula cara unduh file .dz PDUN, semoga pendataan UN 2018 akan berjalan dengan lancar.

Cara Tambah Peserta UN Akselerasi atau Mutasi Masuk Pada Verval UN Madrasah 2016

Cara Tambah Peserta UN Akselerasi atau Mutasi Masuk Pada Verval UN Madrasah 2016 – Memasuki awal semester 2 tahun pelajaran 2015/2016 ini Operator disibukan dengan kegiatan pendataan Ujian Nasional baik sekolah yang berada di lingkungan Kemenag maupun Kemendikbud. Menanggapi pertanyaan rekan-rekan operator terkait penambahan siswa peserta Ujian Nasional melalui verval emis Ujian Nasional, admin Info Operator Sekolah akan sedikit membahas permasalahan tersebut dalam postingan ini.

Baca juga : Mekanisme Pendaftaran Calon Peserta Ujian Nasional Madrasah Tahun Pelajaran 2015/2016

Cara Tambah Peserta UN Akselerasi atau Mutasi Masuk Pada Verval UN Madrasah 2016

Cara Tambah Peserta UN Akselerasi atau Mutasi Masuk Pada Verval UN Madrasah 2016

Sebelumnya kita kupas dahulu apa itu Kelas Akselerasi. Mungkin kita sering mendengar istilah ini, namun bagi yang belum tahu akan kita jelaskan disini. Kelas akselerasi merupakan sarana yang diperuntukan bagi meraka yang memiliki keunggulan serta potensi dalam bakat, minat dan kecakapan.

Bagi peserta didik yang ingin mengikuti program kelas akselerasi harus mempunyai syarat yang cukup sulit. Bagaimana tidak, salah satu program Pendidikan Luar Biasa (PLB) ini hanya diikuti oleh peserta didik yang memiliki IQ di atas 125. Luar biasa bukan?

Selain itu waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan studi juga cukup singkat dan tidak lazim pada umumnya. Jika pada sekolah biasa membutuhkan waktu 3 tahun, maka di program kelas akselerasi hanya memerlukan waktu 2 tahun saja.

Setelah memahami apa itu kelas akselasi, selanjutnya akan kita bahas siswa pindahan yang masuk ketika akan memasuki Ujian Nasional. Secara kontekstual, siswa pindahan ini belum terdaftar dalam database Emis di sekolah yang kita kelola, sehingga perlu adanya penambahan yang dilakukan secara manual oleh Operator Sekolah. Bagaimana cara menambahkan siswa Akselerasi/siswa pindahan di verval Ujian Nasional?

Siswa pindahan tersebut merupakan siswa yang belum terdaftar didalam list data siswa di emis sehingga datanya perlu ditambahkan manual melalui emis verval un ini.
Baca juga : Cara Verval Peserta UN Madrasah Tahun Pelajaran 2015/2016

Cara Verval atau Tambah Peserta UN Akselerasi

1. Pertama kunjungi laman : http://emispendis.kemenag.go.id/vervalun/ , login menggunkana akun Madrasah masing-masing.
2. Setelah masuk dasbord, lihat menu sebelah kiri dan klik menu Kelas Akselerasi CAPESUN.

Cara Tambah Peserta UN Akselerasi atau Mutasi Masuk Pada Verval UN Madrasah 2016

3. Selanjutnya klik Tambah Data

Cara Tambah Peserta UN Akselerasi atau Mutasi Masuk Pada Verval UN Madrasah 2016

4. Untuk mencari siswa, masukan NISN lokal

Cara Tambah Peserta UN Akselerasi atau Mutasi Masuk Pada Verval UN Madrasah 2016

5. Isikan data rinci siswa, jika ada yang salah silahkan edit, kemudian simpan.

Cara Tambah Peserta UN Akselerasi atau Mutasi Masuk Pada Verval UN Madrasah 2016

6. Maka akan muncul “Database Berhasil Disimpan” jika berhasil melakukan penyimpanan.

Cara Tambah Peserta UN Akselerasi atau Mutasi Masuk Pada Verval UN Madrasah 2016

7. Setelah disimpan tampilannya adalah sebagai berikut :

Cara Tambah Peserta UN Akselerasi atau Mutasi Masuk Pada Verval UN Madrasah 2016

Cara Verval atau Tambah Peserta UN Mutasi/Pindahan

1. Pertama kunjungi laman : http://emispendis.kemenag.go.id/vervalun/ , login menggunkana akun Madrasah masing-masing.
2. Selanjutnya Klik Menu Pindah Masuk Kelas Akhir.

Cara Tambah Peserta UN Akselerasi atau Mutasi Masuk Pada Verval UN Madrasah 2016

3. Klik Tambah Data, masukan data rinci siswa pindahan tersebut sama halnya panduan di atas dan jangan lupa disimpan.

Demikian panduan Cara Tambah Peserta UN Akselerasi atau Mutasi Masuk Pada Verval UN Madrasah 2016, semoga bermanfaat. Jangan lupa selalu kunjungi Info Operator Sekolah untuk mendapatkan informasi terupdate tentang Pendataan Dunia Pendidikan.

source gambar ilustrasi : abdimadrasah.com

Mekanisme Pendataan Calon Peserta UN Madrasah Tahun Pelajaran 2015/2016

Mekanisme Pendataan Calon Peserta UN Madrasah Tahun Pelajaran 2015/2016 – Berdasarkan Surat Edaran Kementrian Agama RI Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Nomor DJ.I/PP.00.6/4474/2015 tertanggal 14 Desember 2015 tentang Mekanisme Pendataan Calon Peserta UN Madrasah Tahun Pelajaran 2015/2016 yang ditujukan kepada Kepala Kantow Wilayah Kementerian Agama Provinsi di seluruh Indonesia bahwa menindaklanjuti surat edaran Ditjen Pendidikan Islam Kemenag Nomor Dj.I/Set.I/I/Kp.0.0.1/3850/2015 tanggal 26 oktober 2015 tentang persiapan pendataan calon peserta UN tingkat Mts dan MA tahun pelajaran 2015/2016 ada beberapa hal yang perlu disampaikan terkait mekanisme pendataan calon peserta UN Madrasah TP 2015/2016, yaitu

Mekanisme Pendataan Calon Peserta UN Madrasah Tahun Pelajaran 2015/2016

Satuan pendidikan madrasah diminta agar melakukan upload data MIS semester ganjil TP 2015/2016 melalui aplikasi EMIS Online. Untuk verval data siswa kelas akhir TP 2015/2016 dilakukan melalui aplikasi verval peserta UN Online melalui laman http://emispendis.kemenag.go.id/vervalun
Baca : Cara Edit Data dan Verval Calon Peserta UN Madrasah Tahun 2015/2016

Mekanisme Pendataan Calon Peserta UN Madrasah Tahun Pelajaran 2015/2016

Selanjutnya Madrasah mengunduh Daftar Calon Peserta (DCP) Ujian Nasional (UN) dan Berita Acara (BA) serah terima data siswa calon peserta UN TP 2015/2016 dari server Emis melalui aplikasi Verval Peserta UN Online. Kemudian Madrasah menyerahkan DCP dan BA yang sudah ditandatangani Kepala Madrasah dan Pejabat Kankemenag Kab/Kota setempat kepada Panitia Pendataan UN tingkat Kab/Kota.

Panitia pendataan UN tingkat Kabupaten/Kota melakukan verifikasi terhadap DCP yang diterima dari Madrasah. Selanjutnya Panitia Pendataan UN tingkat Kab/Kota mencetak hasil verifikasi DCP dan kemudian mendistribusikan nya ke setiap madrasah. Jika masih ada kesalahan data, madrasah harus melakukan validasi data sampai benar-benar valid.

Setelah data yang diterima oleh Panitia Tingkat Kab/kota benar-benar valid, selanjutnya panita pendataan UN tersebut harus mengunggah data DCP yang sudah valid ke server UN untuk diproses menjadi Daftar Nominatif Sementara (DNS) dan kemudian dicetak. Setelah dicetak DNS tersebut harus segera didistribusikan ke setiap madrasah untuk diverifikasi.

Hasil verifikasi dari Madrasah dilaporkan/dikembalikan lagi kepada panitia UN tingkat Kb/Kota dan jika data sudah benar-benar valid data DNS tersebut diunggah ke server UN oleh Panitia Pendataan UN tingkat Kab/Kota. Selanjutnya Panitia UN tingkat provinsi melakukan proses penomoran peserta UN dan mencetak Daftar Nominatif Tetap (DNT) dan Kartu Peserta Ujian (KPU). DNT dan KPU tersebut didistribusikan oleh panitia UN Provinsi ke setiap madrasah melalui penitia pendataan UN tingkat kab/kota.

Berikut adalah Jadwal Pendataan Calon Peserta UN Madrasah Tahun Pelajaran 2015/2016

Mekanisme Pendataan Calon Peserta UN Madrasah Tahun Pelajaran 2015/2016

Selengkapnya downnload surat edaran Mekanisme Pendataan Calon Peserta UN Madrasah Tahun Pelajaran 2015/2016 melalui link berikut :
Mekanisme Pendataan Calon Peserta UN Madrasah

Demikian informasi Mekanisme Pendataan Calon Peserta UN Madrasah Tahun Pelajaran 2015/2016, semoga bermanfaat.

Cara Edit Data dan Verval Calon Peserta UN Madrasah Tahun 2015/2016

Cara Edit Data dan Verval Calon Peserta UN Madrasah Tahun 2015/2016 – Sama seperti halnya sekolah di bawah naungan Kemendikbud, sekolah yang berada di bawah naungan Kemenag pun harus melakukan verifikasi dan validasi calon peserta UN tahun 2015/2016. Perlu diketahui bahwa data yang menjadi acuan dalam verval ini adalah hasil upload pendataan Emis Pendis semester ganjil tahun pelajaran 2015/2016 tertanggal 15 Desember 2015.
Baca juga : Mekanisme Pendataan Calon Peserta UN Madrasah Tahun Pelajaran 2015/2016

Cara Edit Data dan Verval Calon Peserta UN Madrasah Tahun 2015/2016

Edit data/verval ini dimaksudkan bilamana masih terjadi kesalahan data pada peserta UN Madrasah, misalnya kesalahan nama atau tanggal lahir.

Langkah-langkah verval pada Aplikasi Verval UN Kemenag :
1. Kunjungi halaman http://emispendis.kemenag.go.id/vervalun/login.php
Login menggunakan email & password Emis Pendis
 

Cara Edit Data dan Verval Calon Peserta UN Madrasah Tahun 2015/2016

2. Tampilan MI (belum fix)

Cara Edit Data dan Verval Calon Peserta UN Madrasah Tahun 2015/2016

3. Tampilan MTs/SMA

Cara Edit Data dan Verval Calon Peserta UN Madrasah Tahun 2015/2016

4. Cek satu persatu data siswa jika terjadi kesalahan langsung edit. Jangan lupa simpan

Cara Edit Data dan Verval Calon Peserta UN Madrasah Tahun 2015/2016

5. Jika semua data telah diisi selanjutnya klik menu setting.

Cara Edit Data dan Verval Calon Peserta UN Madrasah Tahun 2015/2016

6. Isi data yang diminta
– Isi nama serta NIP Kepala Penmad Kab/Kota (lihat gambar di atas)
– Isi Nama serta NIP Pihak Kedua Penerima Data CAPESUN (lihat gambar di atas)
– Isi jabatan serta alamat Pihak Kedua Penerima Data Capesun (jika ada)
– simpan.

Untuk Operator MI sementara cukup sampai nomor 4 saja (menunggu instruksi selanjutnya)

7. Cetak Berita Acara Calon Peserta UN (Capesun) sekaligus Berita Acara Penyerahan Data Calon Peserta UN Tahun pelajaran 2015/2016 disertai daftar nama siswa (Berita Acara otomatis tercetak)

8. Jangan lupa untuk melakukan konfirmasi data dengan cara meng-klik menu Konfirmasi. Untuk mendownload hasil data klik menu unduh data Capesun.

Setelah semua proses selesai,
serahkan DCP dan Berita Acara kepada Panitia UN tingkat Kab/kota.
Selanjutnya di tingkat Kab/kota akan melakukan verifikasi DCP dan
mencetak hadil DCP tersebut kemudian akan didistribusikan kembali ke
madrasah-madrasah. Jika masih terdapat kesalahan otomatis Operator
Madrasah harus memperbaiki datanya kembali.

Download Panduan Verval UN Madrasah versi pdf lengkap :
Download Panduan Verval UN Madrasah lengkap dengan gambar 

Agar lebih jelas, simak mekanisme Pendataan Peserta UN Madrasah 2016 berikut ini :

Cara Edit Data dan Verval Calon Peserta UN Madrasah Tahun 2015/2016

Demikian panduan bagaimana Cara Edit Data dan Verval Calon Peserta UN Madrasah Tahun 2015/2016, semoga bermanfaat.

Petunjuk Verval Peserta UN 2016 di Website Manajeman UN Bagi Operator Kabupaten/Kota

Pada postingan sebelumnya admin telah memposting bagaimana cara mengajukan/melakukan verval calon Peserta Ujian Nasional bagi jenjang SD/SMP/SMA Tahun 2016 bagi Operator Sekolah. Nah, pada postingan kali ii admin akan share bagaimana cara menggunakan website manajeman UN bagi Operator Dinas Kab/Kota kaitannya dengan pendataan Peserta UN 2016.
Baca : Cara Daftar Peserta UN 2016 melalui Website Manajeman UN

Fungsi dari Pendataan di tingkat Kab/Kota adalah sebagai berikut :
1. Sebagai lembar monitoring sekolah yang sudah dan belum mengumpulkan DCP.
2. Mencatat tanggal dan keterangan saat mengumpulkan DCP dari sekolah.

Cara Melakukan verval Peserta UN 2016 melalui Manajamen UN Bagi Operator tingkat Kab/Kota

1. Login manajeman UN
– http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id/manajemen_un/web/ (SD/SMP)
– http://dapo.dikmen.kemdikbud.go.id/manajemen_un/web/ (SMA/SMK)

wimaogawa.blogspot.com

2. Berikut adalah Menu utama sekolah yang sudah mengumpulkan DCP

wimaogawa.blogspot.com

3. Gunakan menu Ubah dan Simpan untuk menginputkan data status dan tanggal penerimaan data UN

wimaogawa.blogspot.com

Beberapa Hal yang harus diperhatikan kaitannya dengan pendataan UN 2016 adalah sebagai berikut :

1. Jika ada perubahan/perbaikan, data diperbaiki melalui sinkronisasi pada aplikasi Dapodik.
Perubahan tersebut otomatis mengubah data di manajemen UN secara realtime.
2. Pastikan NISN valid melalui aplikasi vervalpd.data.kemdikbud.go.id
3. Jika sekolah memiliki kendala dalam mengunduh data dapat meminta bantuan KKDATADIK.
4. Periksa data kebutuhan khusus peserta didik karena peserta didik dengan kebutuhan khusus akan mendapatkan soal sesuai kebutuhan khususnya.
5. Proses pengisian Dapodik untuk pendaftaran calon peserta UN berakhir pada 31 Desember 2015.

Demikian informasi tentang panduan verval Peserta UN 2016 bagi Operator Dinas Kab/Kota, semoga bermanfaat.
Baca juga : Juknis Pendataan Peserta UN SMP/SMA/Sederajat 2016

Cara Daftar Peserta UN 2016 melalui Website Manajeman UN

Cara Daftar Peserta UN 2016 di Website Manajeman UN – Bapak/Ibu Pendidik Indonesia, Pendaftaran Calon Peserta Ujian Nasional (UN) Tahun 2016 akan menggunakan data peserta didik yang terdaftar dalam aplikasi Dapodik. Dengan demikian Sekolah yang melaksanakan prosedur pendaftaran calon peserta UN melalui aplikasi Dapodik adalah sekolah yang berada di bawah naungan Kemendikbud dengan bentuk pendidikan SD,SMP, SMA dan SMK.
Baca juga : Petunjuk Verval Peserta UN 2016 di Website Manajeman UN Bagi Operator Kabupaten/Kota

Dengan adanya verifikasi ini diharapkan sekolah segera memeriksa kelengkapan dan kemutakhiran data peserta didik calon peserta UN di aplikasi Dapodik sperti identitas pribadi peserta didik, NISN, dan data orang tua peserta didik. Verifikasi data peserta didik yang menjaid calon peserta UN.

Data hasil verifikasi calon peserta UN (Daftar Calon Peserta, DCP) di website manajeman diserahkan oleh sekolah kepada Panitia UN di Dina Pendidikan Kab/Kota. Panitia UN di Kabupaten/Kota akan memproses DCP yang diberikan sekolah untuk diproses manejadi data peserta Ujian Nasional oleh Panitia UN Pusat.

Untuk sekolah jenjang SDLB/SMPLB/SMLB, dan SLB tidak menggunakan prosedur di atas, namun memiliki prosedur tersendiri sesuai arahan panitia UN.
Baca juga : Juknis Pendataan Peserta UN SMP/SMA/Sederajat 2016

wimaogawa.blogspot.com

Berikut adalah Cara Menggunakan Website Manajeman UN Untuk memverifikasi Peserta UN serta cetak Berita Acara 

1. Untuk SD/SMP Kunjungi halaman http://pdun.data.kemdikbud.go.id/
2. Untuk SMA/SMK kunjungi halaman http://pdun.data.kemdikbud.go.id/
3. Masukan user password beserta Nomor Registrasi Dapodik

wimaogawa.blogspot.com

4. Selanjutnya login, maka akan muncul tampilan sebagai berikut

wimaogawa.blogspot.com

5. Setelah muncul tampilan beranda diatas, klik menu Peserta UN di sebelah kiri.

wimaogawa.blogspot.com

6. Filter Data Peserta Didik
Data peserta didik yang berwarna merah menandakan data peserta didik dengan NISN masih kosong dan atau tidak valid. Lakukan verval data melalui verval.data.kemdikbud.go.id. Menu filter data peserta didik fungsinya adalah untuk memudahkan dalam mendeteksi data peserta yang sudah memiliki NISN dan yang belum memiliki.

wimaogawa.blogspot.com

 

7. Pengaturan Nomor Kursi
Menu Pengaturan ini fungsinya untuk mengatur urutan rombel agar dapat digunakan untuk urutan ruangan ujian dan bangku siswa.

wimaogawa.blogspot.com

8. Cara download data calon peserta UN dan Cetak Berita Acara
Data yang diunduhterdiridari:
1.File data Calon(.dz)
2.File BeritaAcara(.pdf)

wimaogawa.blogspot.com

 

wimaogawa.blogspot.com
contoh berita acara

Jika Bapak/Ibu ingin mendownload panduan versi pdf silahkan klik link di bawah ini :
Download Panduan Cara Daftar Peserta UN 2016

Demikian informasi terkait Cara Daftar Peserta UN 2016 di Website Manajeman UN, semoga bermanfaat.
Baca juga : Mekanisme dan jadwal pendataan UN tahun 2016

Cara Login Pengawas SMA/SMK Pada Manajemen Dapodikmen

Cara Login Pengawas SMA/SMK Pada Manajemen Dapodikmen – Berikut ini adalah Cara Login Pengawas SMA/SMK Pada Manajemen Dapodikmen yang dikutip melalui halaman http://dapo.dikmen.kemdikbud.go.id.

Dalam rangka menindaklanjuti masukkan dari Dinas Pendidikan Propinsi, dan Dinas Pendidikan Kab/Kota serta masukkan dari Bapak/Ibu Pengawas terkait dengan pendataan pengawas sekolah menengah melalui Dapodikmen, melalui postingan ini akan kami share mengenai mekanisme dan panduan Panduan Praktis Entry Data Pengawas Melalui Manajemen Pendataan Dapodikmen.

Selanjutnya dimohon agar Bapak/Ibu dari Dinas Pendidikan untuk dapat segera melakukan pemutakhiran data pengawas sekolah menengah melalui aplikasi dapodikmen yang telah disediakan. Kemudian masing-masing pengawas sekolah menengah yang telah terdaftar di dalam dapodikmen dimohon agar dapat segera melakukan pengecekan data individunya serta melakukan peran pengawas terhadap sekolah binaanya dalam penjaminan serta memastikan data sekolah binaan masuk 100% melalui Dapodikmen.

Sebagai data awal pengawas sekolah menengah, Kemdikbud telah menginputkan data pengawas sekolah menengah yang telah dimiliki oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah melalui Direktorat Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Menengah ke database Dapodikmen.
Baca juga : Download Buku Panduan/Cara Menggunakan Aplikasi Dapodikmen V.8.1.4 Tahun 2015

Sistematika data pengawas sekolah pada Dapodikmen meliputi :

1. Registrasi Awal Pengawas Sekolah Menengah
Yang Mendaftarkan Pengawas Dalam Aplikasi Dapodikmen adalah Dinas Pendidikan Kab/Kota yang ada di wilayahnya. Khusus untuk Propinsi DKI Jakarta, Pengawas Sekolah Menengah dapat didaftarkan oleh Dinas Pendidikan Propinsi

2. Mekanisme Entry Data Pengawas melalui Dapodikmen
a. Operator Dapodikmen Dinas Pendidikan Kab/Kota melalukan Login di  http:dapo.dikmen.kemdikbud.go.id

wimaogawa.blogspot.com
b. Berikut adalah Tampilan awal manajemen pendataan Dapodikmen.
 
 wimaogawa.blogspot.com

c. Berikut adalah tampilan awal Menu Manajemen Pengawas.

wimaogawa.blogspot.com

d. 1. Mekanisme Tambah Data Pengawas.

wimaogawa.blogspot.com

d. 2. Mekanisme Tambah Data Pengawas.

wimaogawa.blogspot.com

e. Mekanisme Memilih Satuan Pendidikan yang menjadi binaan pengawas.wimaogawa.blogspot.com
3. Peran Pengawas dalam Dapodikmen
a. Memastikan seluruh Satuan Pendidikan yang ada di wilayah binaannya melakukan pemutakhiran data ke dalam aplikasi dapodikmen secara100% lengkap dan benar serta tepat waktu.
b. Memastikan data PTK Dikmen yang berada di satuan pendidikan pada wilayah binaannya masuk ke dalam aplikasi dapodikmen secara 100% lengkap dan benar serta tepat waktu.


  • Login Pengawas Dalam Manajemen Dapodikmen
wimaogawa.blogspot.com
  • Fasilitas Modul Pengawas.
wimaogawa.blogspot.com
  •  Login Pengawas dalam Dapodikmen
    wimaogawa.blogspot.com

 Pengecekan Data Satuan Pendidikan Yang Menjadi Binaan Pengawas

1. Satuan pendidikan binaan pengawas, Berikut adalah list Sekolah dalam Binaan Pengawas Data sesuai dengan Sekolah yang telah didaftarkan dinas pendidikan Kabupaten/kota setempat
2. Ketika pilihan Sekolah binaan diklik, maka akan otomatis menampilkan data PTK pada Sekolah tersebut.
3.  Daftar PTK pada Sekolah binaan. Ketika kita klik data PTK tersebut,maka secara otomatis akan menampilkan data pribadi PTK terkait.

wimaogawa.blogspot.com

Pengecekan Data Individual PTK pada Satuan Pendidikan yang menjadi Binaan Pengawas

1. Data individual PTK dalam Sekolah binaan pengawas.
2. Sub menu ini akan menampilkan Jumlah jam mengajar, wali kelas Dan tugas tambahan PTK terkait
3. Sub menu yang akan menampilkan Penugasan dan sertifikasi PTK terkait
4. Sub menu yang akan menampilkan Pendidikan formal PTK terkait
5 Sub menu yang akan menampilkan Kepangkatan PTK terkait
wimaogawa.blogspot.com
Selengkapnya download panduan Cara Login Pengawas SMA/SMK Pada Manajemen Dapodikmen melalui link di bawah ini :
Download Panduan Entry Pengawas SMA/SMK Pada Manajemen Dapodikmen

Demikian informasi Cara Login Pengawas SMA/SMK Pada Manajemen Dapodikmen, semoga bermanfaat.

 

Cara Mengisi Bio-Sistem Online SD/MI Tahun Pelajaran 2014/2015 Jawa Tengah


Cara Mengisi Bio-Sistem Online SD/MI Tahun Pelajaran 2014/2015 Jawa Tengah – Selamat sore sahabat operator Indonesia. Hari ini Kamis, 22 Januari 2015 server Bio-Sistem untuk jenjang SD/MI resmi dibuka melalui http://datasd.pdkjateng.go.id/ atau http://datasd2.pdkjateng.go.id/. Untuk kelas tingkat akhir (kelas VI) silahkan diedit sebagai dasar Calon Peserta Ujian Sekolah Tahun 2014/2015 dan untuk kelas lain di edit / penambahaan kelas I.

Berikut ini cara Mengisi Bio-Sistem Online SD/MI Tahun 2014/2015

  • Buka http://datasd.pdkjateng.go.id/ untuk pengguna rayon, sub rayon,dan sekolah kab/kota 01-22.
  • Buka http://datasd2.pdkjateng.go.id/ untuk pengguna rayon, sub rayon,dan sekolah kab/kota 23-42.
  • Login dengan user & password yang sudah diberi dari uptd masing-masing.Jika belum memiliki user & password bisa menghubungi operator UPT.
wimaogawa.blogspot.com
Klik gambar untuk memperbesar
  • Setelah berhasil login silahkan update profil terlebih dahulu, jika diminta reset password silahkan reset.
  • Selanjutnya setelah masuk ke beranda, cek siswa tingkat akhir. Untuk data Calon Peserta Ujian yang ada di biosistem diambil dari haril sincronisasi Dapodikdas Per 31 Desember 2014.
  • Jika ada data yang belum valid silahkan edit melalui menu Edit Data.
wimaogawa.blogspot.com
Klik gambar untuk memperbesar
  • Jika ada siswa yang belum dimasukan ke dalam Bio-Sistem, klik menu Tambah Data.
wimaogawa.blogspot.com
Klik gambar untuk memperbesar
  • Jika seandainya ada siswa keluar, klik menu out ( gambar gunting )
wimaogawa.blogspot.com
Klik gambar untuk memperbesar
  • Kolom paralel sesuaikan dengan aturan di Bio-Sistem. Jika di Sekolah untuk tingkat akhir hanya ada 1 rombel, maka semua siswa akan masuk ke kolom ini ( plih 01 ) . Tetapi Jika di Sekolah tingkat akhir ada 2 rombel, maka untuk siswa di rombel 6A di kolom paralel pilih 01 dan rombel 6B pilih 02.
wimaogawa.blogspot.com
Klik gambar untuk memperbesar

 

wimaogawa.blogspot.com
Klik gambar untuk memperbesar
  • Untuk kolom NIS dan Kurikulum wajib diisi. Cara yang paling mudah adalah dengan menggunakan menu Edit Per Field.
wimaogawa.blogspot.com
Klik gambar untuk memperbesar

Demikian informasi mengenai Cara Mengisi Bio-Sistem Online SD/MI Tahun Pelajaran 2014/2015 Jawa Tengah. Semoga bermanfaat.

Informasi Verval PD Dan Data Calon Peserta UN 2014/2015

 INFORMASI VERVAL PD DAN DATA CALON PESERTA UN 2014/2015

INFORMASI VERVAL PD DAN DATA CALON PESERTA UN 2014/2015

Perubahan Laman un.data.kemdikbud.go.id ke Laman pd.data.kemdikbud.go.id

  1. Laman UN PDSP digantikan dengan laman PD. Jika
    sebelumnya laman UN hanya menampilkan data calon peserta UN, di laman PD
    menampilkan semua tingkat (mulai dari tingkat 1 sampai 13) baik siswa yang
    sudah memiliki NISN ataupun belum.
  2. Setiap kali mengakses laman UN yang lama, akan
    otomatis tersambung ke laman PD yang baru.
  3. Selanjutnya data calon peserta UN akan ditampilkan
    dan dikelola oleh Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik) dengan laman un.infoun.info.
    Data dari laman un.data.kemdikbud.go.id yang diserahkan oleh PDSP
    ke Puspendik merupakan data awal calon peserta UN yang bersumber dari
    aplikasi Dapodik dan verval PD.

Penambahan
Data Calon Peserta UN

 

  1. Pertanggal 31 Desember 2014 data awal calon peserta
    UN di laman un.data.kemdikbud.go.id diserahkan oleh PDSP ke Pusat
    Penilaian Pendidikan (Puspendik).
  2. Mulai tanggal 01 Januari 2015 jika ada siswa yang
    belum masuk daftar calon peserta UN harus ditambahkan dengan mengikuti
    prosedur yang ditentukan oleh Puspendik melalui Pengelola UN tingkat
    Kabupaten/Kota, dan Propinsi pada laman un.infoun.info
  3. Untuk penambahan data calon peserta UN, Operator
    Sekolah harus koordinasi dengan Pengelola UN ditingkat Kabupaten/Kota atau
    Propinsi.

Pengelolaan
NISN

  1. Perubahan NISN tetap dilakukan melalui aplikasi
    verval PD.
  2. Untuk calon peserta UN yang ditambahkan dari aplikasi
    Puspendik dan belum memiliki NISN, maka akan diberikan NISN secara
    otomatis sesuai mekanisme yang telah ditetapkan oleh Puspendik dan PDSP.
  3. Untuk calon peserta UN yang ditambahkan dari aplikasi
    Puspendik tidak bisa masuk ke aplikasi Dapodik dan verval PD secara
    otomatis, melainkan harus dientri ulang oleh operator sekolah yang
    bersangkutan.
  4. Penetapan Peserta UN sepenuhnya menjadi wewenang
    Puspendik

Perubahan
Nama dan Tanggal Lahir

  1. Mulai 1 Januari 2015, perubahan nama dan tanggal
    lahir peserta UN (Peserta Didik kelas 6,9 dan 12) harus dilakukan dari aplikasi pendataan UN Puspendik.
  2. Perubahan yang dilakukan dari aplikasi Pendataan UN
    Puspendik akan mengudate data siswa di aplikasi Dapodik dan verval PD.

Informasi Verval PD Dan Data Calon Peserta UN 2014/2015

SUMBER : website kemdikbud