Download POS USBN Tahun 2018 PDF

Setelah sekian lama tidak update di blog ini, pada hari ini admin akan berbagi informasi mengenai “PROSEDUR OPERASIONAL STANDAR PENYELENGGARAAN UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL TAHUN PELAJARAN 2017/2018”.
Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan Ujian Sekolah Berstandar Nasional, yang selanjutnya disebut POS USBN, mengatur penyelenggaraan dan teknis pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional Tahun Pelajaran 2017/2018.

A. Persyaratan Peserta USBN

SD/MI/SDTK/SPK, SDLB/MILB, dan yang sederajat
a. Telah atau pernah berada pada tahun terakhir pada SD/MI/SDTK/SPK, SDLB/MILB, atau Program Paket A/Ula;
b. Memiliki laporan lengkap penilaian hasil belajar mulai kelas IV semester 1 (satu) sampai dengan kelas VI semester 1 (satu) untuk peserta didik pada SD/MI/SDTK/SPK dan SDLB/MILB; dan
c. Memiliki laporan lengkap penilaian hasil belajar setingkat SD/MI/SDTK/SPK dan SDLB/MILB, mulai kelas IV semester 1 (satu) sampai dengan kelas VI semester 1 (satu) untuk peserta didik pada Program Paket A/Ula. 

SMP/MTs, SMPLB/MTsLB, SMA/MA, SMK/MAK, SMALB/MALB dan yang sederajat
a. Terdaftar pada tahun terakhir jenjang pendidikan di satuan pendidikan SMP/MTs, SMPLB/MTsLB, SMA/MA, SMK/MAK, SMALB/MALB dan yang sederajat;
b. Memiliki laporan lengkap penilaian hasil belajar pada satuan pendidikan tertentu mulai semester 1 (satu) tahun pertama sampai dengan semester 1 (satu) tahun terakhir;
c. Bagi siswa SMK Program 4 (empat) tahun yang telah menyelesaikan proses pembelajaran selama 3 (tiga) tahun dapat mengikuti USBN;
d. Siswa yang memiliki ijazah atau surat keterangan lain yang setara, atau berpenghargaan sama dengan ijazah dari sekolah yang setingkat lebih rendah. Penerbitan ijazah yang dimaksud sekurang-kurangnya 3 (tiga) tahun sebelum mengikuti ujian sekolah, atau sekurang-kurangnya 2 (dua) tahun untuk peserta program SKS.

A. Kisi-Kisi USBN

1. Kisi-kisi USBN ditetapkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP).
2. Penyusunan kisi-kisi USBN berdasarkan kriteria pencapaian kompetensi lulusan, standar isi, dan lingkup materi pada kurikulum yang berlaku.
3. Kisi-kisi USBN memuat level kognitif dan lingkup materi.
4. Kisi-kisi USBN disusun berdasarkan Kurikulum 2006 dan Kurikulum 2013.
5. Kisi-kisi USBN disusun oleh Kementerian.
6. Khusus kisi-kisi USBN untuk mata pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, serta mata pelajaran pendidikan keagamaan disusun oleh Kementerian Agama.

D. Jadwal USBN

Jadwal USBN ditentukan sebagai berikut.
Download POS USBN Tahun 2018 PDF

Mata Pelajaran, Jumlah Butir Soal, dan Alokasi Waktu

1. Mata pelajaran yang diujikan dalam USBN meliputi seluruh mata pelajaran sesuai dengan kurikulum yang diterapkan masing-masing satuan pendidikan (daftar terlampir).
2. Tujuh mata pelajaran yang memiliki soal dari pusat (20%-25%) dengan bentuk, jumlah butir soal, dan alokasi waktu diatur sebagai berikut.
Download POS USBN Tahun 2018 PDF

Download POS USBN Tahun 2018 PDF

Selengkapnya Download POS USBN Tahun 2018 PDF di bawah ini :

DOWNLOAD FILE

Demikian informasi mengenai POS USBN Tahun Pelajaan 2017/2018, semoga bermanfaat.

POS UN 2018 SMP/MTs, SMA/MA, SMK, Sederajat

Prosedur Operarional Standar (POS) UN tahun pelajaran 2017/2018 sudah resmi diterbitkan oleh BSNP. POS ini tertuang pada Peraturan Badan Standar Nasional Pendidikan NOMOR : 0044/P/BSNP/XI/2017.
Disebutkan bahwa Bahwa sesuai dengan ketentuan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 3 Tahun 2017 tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pemerintah dan Penilaian Hasil Belajar oleh Satuan Pendidikan perlu menetapkan Prosedur Operasional Standar (POS) yang mengatur penyelenggaraan dan teknis pelaksanaan Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2017/2018.
POS UN ini mengatur penyelenggaraan dan teknis pelaksanaan Ujian Nasional Sekolah Menengah Pertama (SMP)/Madrasah Tsanawiyah (MTs)/Sekolah Menengah Pertama Teologi Kristen (SMPTK), Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa (SMPLB), Sekolah Menengah Pertama Terbuka (SMPT), Sekolah Menengah Atas (SMA)/Madrasah Aliyah (MA)/Sekolah Menengah Agama Katolik (SMAK)/Sekolah Menengah Teologi Kristen (SMTK), Sekolah Menengah Atas Luar Biasa (SMALB), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)/Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK), Sekolah Usaha Perikanan Menengah (SUPM), Sekolah Menengah Atas Terbuka (SMAT), Satuan Pendidikan Kerja Sama (SPK), serta Program Paket B/Wustha, dan Program Paket C/Ulya Tahun Pelajaran 2017/2018.
Download POS UN 2018 DISINI
Dalam Prosedur Operasional Standar ini yang dimaksud dengan:
1. Satuan Pendidikan adalah satuan pendidikan dasar dan menengah yang meliputi Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs), Sekolah Menengah Pertama Teologi Kristen (SMPTK), Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa (SMPLB), Sekolah Menengah Pertama Terbuka (SMPT), Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA)/Sekolah Menengah Agama Katolik (SMAK)/Sekolah Menengah Teologi Kristen (SMTK), Sekolah Menengah Atas Luar Biasa (SMALB), dan Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan (SMK/MAK), Sekolah Usaha Perikanan Menengah (SUPM), Sekolah Menengah Atas Terbuka (SMAT), dan Satuan Pendidikan Kerja Sama (SPK), serta lembaga pendidikan yang menyelenggarakan Program Paket B/Wustha dan Program Paket C/Ulya.
2. Satuan Pendidikan Kerja Sama, yang selanjutnya disebut SPK, adalah satuan pendidikan yang diselenggarakan atau dikelola atas dasar kerja sama antara Lembaga Pendidikan Asing (LPA) yang terakreditasi/diakui di negaranya dengan Lembaga Pendidikan di Indonesia (LPI) pada jalur formal dan nonformal yang sesuai dengan ketentuan perundangundangan.
3. Pendidikan Kesetaraan adalah pendidikan nonformal yang menyelenggarakan pendidikan setara SMP/MTs dan SMA/MA mencakup Program Paket B/Wustha dan Program Paket C/Ulya.
4. Jenjang pendidikan adalah tahapan pendidikan yang ditetapkan berdasarkan tingkat perkembangan peserta didik, tujuan yang akan dicapai, dan kemampuan yang dikembangkan
5. Program Wustha adalah pendidikan dasar tiga tahun pada Pondok Pesantren Salafiyah setingkat Program Paket B dengan kekhasan pendalaman pendidikan agama Islam.
6. Program Ulya adalah pendidikan dasar tiga tahun pada Pondok Pesantren Salafiyah setingkat Program Paket C dengan kekhasan pendalaman pendidikan agama Islam.
7. Ujian Sekolah Berstandar Nasional yang selanjutnya disebut USBN adalah kegiatan pengukuran capaian kompetensi siswa yang dilakukan sekolah untuk seluruh mata pelajaran dengan mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan untuk memperoleh pengakuan atas prestasi belajar, kecuali mata pelajaran Muatan Lokal (Mulok).
8. Ujian Nasional yang selanjutnya disebut UN adalah kegiatan pengukuran capaian kompetensi lulusan pada mata pelajaran tertentu secara nasional dengan mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan.
9. Ujian Nasional Berbasis Komputer yang selanjutnya disebut UNBK adalah ujian yang menggunakan komputer sebagai media untuk menampilkan soal dan proses menjawabnya.
10. Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil yang selanjutnya disebut UNKP adalah ujian nasional yang menggunakan naskah soal dan Lembar Jawaban Ujian Nasional (LJUN) berbasis kertas dan menggunakan pensil.
11. Tim Teknis UNBK adalah petugas di provinsi dan Kabupaten/Kota yang diberi kewenangan sebagai koordinator teknis dalam melakukan verifikasi sekolah/madrasah sebagai pelaksana UNBK.
12. Proktor adalah petugas yang diberi kewenangan untuk menangani aspek teknis pelaksanaan UNBK di ruang ujian.
13. Teknisi adalah petugas pengelola laboratorium komputer (pranata komputer) di sekolah/madrasah yang melaksanakan UNBK.
14. Pengawas Ujian adalah guru yang diberi kewenangan untuk mengawasi dan menjamin kelancaran pelaksanaan UNBK atau UNKP di ruang ujian.
15. Ujian Nasional untuk Pendidikan Kesetaraan adalah kegiatan pengukuran pencapaian kompetensi lulusan pada mata pelajaran tertentu secara nasional dan sekaligus sebagai penilaian penyetaraan pada Program Paket B/Wustha setara SMP/MTs dan Program Paket C/Ulya setara SMA/MA.
16. UN Susulan adalah ujian nasional untuk peserta didik yang berhalangan mengikuti UN karena alasan tertentu yang dapat diterima oleh sekolah/madrasah pelaksana UN dan disertai bukti yang sah.
17. Nilai Ujian Nasional yang selanjutnya disebut Nilai UN adalah nilai yang diperoleh peserta didik dari hasil UN yang telah ditempuh.
18. Badan Standar Nasional Pendidikan yang selanjutnya disebut BSNP adalah badan mandiri dan profesional yang bertugas menyelenggarakan UN.
19. Kisi-kisi UN adalah acuan dalam pengembangan dan perakitan soal UN yang disusun berdasarkan kriteria pencapaian Standar Kompetensi Lulusan, standar isi, dan kurikulum yang berlaku.
20. Paket naskah soal UN adalah variasi perangkat tes yang paralel, terdiri atas sejumlah butir soal yang dirakit sesuai dengan kisi-kisi UN.
21. Bahan UN adalah naskah soal, kaset/compact disk (CD) untuk ujian listening comprehension (LC), lembar jawaban UN, berita acara, daftar hadir, amplop, tata tertib, dan pakta integritas pengawas.
22. Dokumen UN adalah bahan UN yang bersifat rahasia, terdiri atas naskah soal, jawaban peserta ujian, daftar hadir, berita acara, baik dalam bentuk hardcopy maupun softcopy, dan CD untuk ujian LC.
23. Lembar jawaban UN yang selanjutnya disebut LJUN adalah lembaran kertas yang digunakan oleh peserta didik untuk menjawab soal UN.
24. Dokumen pendukung UN adalah seluruh bahan UN yang tidak bersifat rahasia, terdiri atas blangko daftar hadir, blangko lembar jawaban, blangko berita acara, tata tertib, pakta integritas, amplop naskah, dan amplop lembar jawaban.
25. Sertifikat Hasil Ujian Nasional yang selanjutnya disebut SHUN adalah surat keterangan yang berisi Nilai UN serta tingkat capaian Standar Kompetensi Lulusan yang dinyatakan dalam kategori.
26. Pendistribusian bahan UN adalah rangkaian kegiatan yang tidak terpisahkan dari proses pengiriman, penyerahan dan penerimaan, serta penyimpanan bahan UN yang terjamin keamanan, kerahasiaan dan ketepatan waktu dan tempat tujuan.
27. Kelompok Kerja Unit Layanan Pengadaan Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian dan Pendidikan dan Kebudayaan di tingkat provinsi yang selanjutnya disebut Pokja ULP adalah panitia yang dibentuk oleh Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, yang bertugas melaksanakan proses pengadaan barang dan jasa untuk penggandaan dan pendistribusian bahan UN.
28. Prosedur Operasi Standar Ujian Nasional yang selanjutnya disebut POS UN adalah ketentuan yang mengatur penyelenggaraan dan teknis pelaksanaan UN.
29. Kementerian adalah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
30. Menteri adalah Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
31. Pemerintah adalah pemerintah pusat.
32. Pemerintah Daerah adalah pemerintah provinsi atau pemerintah kabupaten/kota.
Unduh POS UN Tahun Pelajaran 2017/2018 SMP/MTs, SMA/MA, SMK Sederajat Disini
Demikian, semoga file POS UN 2018 ini bermanfaat bagi siapa saja yang membutuhkan.

POS UAMBN Tahun 2017 Untuk MTs dan MA

POS UAMBN 2017 tertuang dalam Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 6843 Tahun 2016. Adapun tujuan diadakannya Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) adalah untuk mengukur kompetensi peserta didik sesuai dengna kompetensi lulusan. Penilaian belajar ini dilaksanakan melalui Ujian Nasional dan Madrasah.
POS UAMBN MTs dan MA tahun 2017 ini dibuat dengan tujuan untuk menyamakan persepsi dan pemahaman tentang UAMBN bagi pihak-pihak terkait.
POS UAMBN Tahun 2017 Untuk MTs dan MA
Isi dari POS UAMBN Tahun 2017
1. Pendahuluan
2. Pengertian
3. Penyelenggara dan Panitian UAMBN
4. Peserta UAMBN (Syarat dll)
5. Bahan Ujian
6. Waktu Pelaksanaan UAMBN
7. Pmeriksaan Hasil Ujian
8. Pemantauan, Evaluasi dan Pelaporan
9. Biaya Penyelenggaraan UAMBN
10. Prosedur Tindak Lanjut
11. Sanksi
12. Kejadian Luar Biasa

Download POS UAMBN Tahun 2017 Untuk MTs dan MA di sini :

Demikian, silahkan pelajari POS UAMBN Tahun 2017 Untuk MTs dan MA ini dengan seksama, semoga bermanfaat.

Tag : POS UAMBN Tahun 2017, download POS UAMBN 2017, Download POS UAMBN MTs, Download POS UAMBN MA

POS UN Ujian Nasional SMP MTs SMA SMK Sederajat Tahun 2017 Final

POS UN Ujian Nasional SMP MTs SMA SMK Sederajat Tahun 2017 Final – Secara resmi Badan Standar Nasional Pendidikan menerbitkan Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan Ujian Nasional (POS UN) SMP MTs SMA SMK Sederajat Tahun 2016/2017. POS tersebut tertuang dalam Peraturan Badan Standar Nasional Pendidikan nomor 0043/P/BSNP/2017 tentang Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2016/2017.
Hal ini sesuai dengan ketentuan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 3 Tahun 2017 tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pemerintah dan Penilaian Hasil Belajar oleh Satuan Pendidikan perlu menetapkan Prosedur Operasional Standar yang mengatur penyelenggaraan dan teknis pelaksanaan Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2016/2017.
POS UN ini mengatur penyelenggaraan dan teknis pelaksanaan Ujian Nasional Sekolah Menengah Pertama (SMP)/Madrasah Tsanawiyah (MTs)/Sekolah Menengah Pertama Teologi Kristen (SMPTK), Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa (SMPLB), Sekolah Menengah Pertama Terbuka (SMPT), Sekolah Menengah Atas (SMA)/Madrasah Aliyah (MA)/Sekolah Menengah Agama Katolik (SMAK)/Sekolah Menengah Teologi Kristen (SMTK), Sekolah Menengah Atas Luar Biasa (SMALB),Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)/Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK), Sekolah Menengah Atas Terbuka (SMAT), Satuan Pendidikan Kerjasama (SPK), serta Program Paket B/Wustha, dan Program Paket C Tahun Pelajaran 2016/2017.
POS UN Ujian Nasional SMP MTs SMA SMK Sederajat Tahun 2017 Final

Daftar isi POS UN Ujian Nasional SMP MTs SMA SMK Sederajat Tahun 2017 Final

BAB I PENGERTIAN
BAB II PESERTA UJIAN NASIONAL
A. Persyaratan Peserta Ujian Nasional
B. Pendaftaran Peserta Ujian Nasional
BAB III PENYELENGGARA DAN PELAKSANA UJIAN NASIONAL
A. Penyelenggara Ujian Nasional
B. Pelaksana Ujian Nasional
C. Panitia Ujian Nasional Tingkat Provinsi
D. Panitia Ujian Nasional Tingkat Kabupaten/Kota
E. Panitia Ujian Nasional Tingkat Satuan Pendidikan
F. Panitia UN Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN)
BAB IV BAHAN UJIAN NASIONAL
A. Kisi-Kisi Ujian Nasional
B. Perangkat Soal
C. Penyiapan Bahan Ujian Nasional
D. Penggandaan dan Pendistribusian Bahan UNKP
BAB V PELAKSANAAN UJIAN NASIONAL BERBASIS KOMPUTER (UNBK) . 34
A. Penyiapan Sistem UNBK
B. Penetapan Tim Teknis UNBK
C. Penetapan Sekolah/Madrasah Pelaksana UNBK
D. Kriteria dan Persyaratan
E. Penetapan Proktor dan Teknisi, dan Pengawas UNBK
F. Pelatihan Teknis Pelaksanaan UNBK
G. Penyiapan Sistem UNBK di Sekolah/Madrasah Pelaksana UNBK
H. Prosedur Pelaksanaan UNBK
I. Jadwal Kegiatan Pra UNBK
J. Jadwal UNBK
BAB VI PELAKSANAAN UJIAN NASIONAL BERBASIS KERTAS DAN PENSIL (UNKP)
A. Penetapan Sekolah/Madrasah Pelaksana UNKP
B. Penetapan Pengawas Ruang UNKP
C. Prosedur Pelaksanaan UNKP
D. Jadwal UNKP
BAB VII PELAKSANAAN UJIAN NASIONAL UNTUK PENDIDIKAN KESETARAAN
A. Penetapan Satuan Pendidikan Pelaksana UN untuk Pendidikan Kesetaraan
B. Penetapan Pengawas Ruang UN untuk Pendidikan Kesetaraan
C. Prosedur Pelaksanaan UN untuk Pendidikan Kesetaraan
D. Jadwal Pelaksanaan UN untuk Pendidikan Kesetaraan (UNBK atau UNKP)
BAB VIII PEMERIKSAAN HASIL UJIAN NASIONAL
A. Pengumpulan dan Pengolahan Hasil UNBK
B. Pengumpulan Hasil UNKP
C. Pengolahan Hasil UNKP
BAB IX KRITERIA PENCAPAIAN KOMPETENSI LULUSAN BERDASARKAN HASIL UJIAN NASIONAL
BAB X PEMANTAUAN, EVALUASI, DAN PELAPORAN
BAB XI BIAYA PELAKSANAAN UJIAN NASIONAL
BAB XII PROSEDUR PENANGANAN MASALAH DAN TINDAK LANJUT
BAB XIII SANKSI
BAB XIV PENGATURAN KHUSUS ………..
BAB XV KEJADIAN LUAR BIASA …

Download POS UN Ujian Nasional SMP MTs SMA SMK Sederajat Tahun 2017 Final di sini :

Sekian share POS UN Ujian Nasional SMP MTs SMA SMK Sederajat Tahun 2017 Final, semoga bermanfaat bagi Bapak/Ibu sekalian.

Download POS UN 2016 Untuk SMP/SMA/Sederajat

Download POS UN 2016 Untuk SMP/SMA/Sederajat – Pada postingan sebelumnya telah admin posting Draft POS UN 2016 untuk jenjang SMP/SMA/Sederajat. Dalam POS tersebut sebenarnya hampir sempurna, namun masih ada beberapa perbaikan. Nah pada postingan ini admin akan membagikan POS UN (Ujian Nasional) tahun 2016 SMP/MTs serta SMA/SMK/Sederajat yang sudah final.

Melalui surat Edaran BSNP tentang POS UN 2016 sudah jelas bahwa Prosedur Operasional Standar Ujian Nasional untuk tahun pelajaran 2015/2016 telah resmi dirilis.

Berikut adalah isi surat Edaran BSNP dengan nomor  0065/SDAR/BSNP/XII/2015 tertanggal 23 Desember yang ditujukan kepada Dinas Pendidikan Provinsi, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama dan Kepala Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan:

Dalam rangka persiapan pelaksanaan Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2015/2016, bersama ini kami sampaikan Peraturan Menteri Pendidikan dan KebudayaanRepublik Indonesia Nomor 57 Tahun 2015 tentang Penilaian Hasil Akhir Belajaroleh Pemerintah Melalui Ujian Nasional, dan Penilaian Hasil Belajar oleh SatuanPendidikan Melalui Ujian Sekolah/Madrasah/Pendidikan Kesetaraan pada SMP/MTsatau Yang Sederajat dan SMA/MA/SMK atau Yang Sederajat dan Prosedur Operasional Standar (POS) Penyelenggaraan UN Tahun Pelajaran 2015/2016.

Download POS UN 2016 Untuk SMP/SMA/Sederajat

 Download POS UN 2016 Untuk SMP/SMA/Sederajat

Telah kita ketahui bersama, bahwa pada tahun Pelajaran 2015/2016 ini Ujian Nasional menggunakan 2 sistem, yaitu sistem online (Ujian Nasional Berbasis Komputer) dan sistem offline (manual dengan Lembar Jawab Komputer). Dalam POS ini sudah ada penjelasan mekanisme 2 sistem ini.

Dalam POS UN 2016 ini mengatur beberapa prosedur/Ketentuan dalam pelaksanaan Ujian Nasional seperti :
1. Persyaratan dan Pendaftaran Peserta Ujian
2. Mekanisme Penyelenggaraan dan Pelaksana Ujian Nasional
3. Bahan Ujian Nasional
4. Mekanisme Pelaksanaan Ujian Nasional
5. Pemeriksaan Haisl UN
6. Kriteria Pencapaian Kompetensi Lulusan Berdasarkan Hasil UN
7. Biaya Pelaksanaan Ujian Nasional
8. Prosedur Tindak Lanjut
9. Sanksi
10. Kejadikan Luar Biasa
11. Lampiran-lampiran, yang berisi
– Tanggal Penting Pelaksanaan UN Tahun Pelajaran 2015/2016
– Petunjuk Pelaksanaan UNBK

 Download POS UN 2016 Untuk SMP/SMA/Sederajat melalui linki berikut ini :

Untuk menunjang hasil belajar siswa dan pemantapan materi pembelajaran guru berikut adalah Kisi-Kisi UN 2016 untuk SMP/MTs, SMA/SMK/ Sederajat :

Demikian share tentang POS UN 2016 Untuk SMP/SMA/Sederajat, silahkan share dan selalu ikuti info update dari Info Operator Sekolah

POS Ujian Sekolah (US) SD/MI Tahun 2016

POS Ujian Sekolah (US) SD/MI Tahun 2016 – Prosedur Operasional Standar merupakan acuan dalam penyelenggaraan Ujian Sekolah/Madrasah pada Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Dasar Luar Biasa, dan Penyelenggara Program Paket A/ULA Tahun Pelajaran 2015/2016. Prosedur Operasional Standar (POS) adalah langkah baku yang mengatur teknis pelaksanaan serta menjadi dasar dan acuan dalam penyelenggaraan US/M.

Ujian Sekolah/Madrasah dapat dijadikan sebagai kegiatan pengukuran dan penilaian kompetensi peserta didik untuk semua muatan/matapelajaran dan muatan lokal. Namun demikian, setiap penyelenggaran Ujian Sekolah (US) tentunya adalah sebuah kriteria kelulusan. Kriteria Kelulusan merupakan ketercapaian minimal persyaratan kelulusan peserta didik.

Dalam POS yang tertuang dalam Peraturan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor : 045/H/HK/2015 Tanggal : 17 Desember 2015 juga dijelaskan mengenai ketentuan-ketentuan dalam penyelenggaraan Ujian Sekolah tahun pelajaran 2015/2016.

POS Ujian Sekolah (US) SD/MI Tahun 2016

Beberapa ketentuan seperti program Ula, Kriteria Kelulusan, Ujian Susulan, Kisi-kisi, paket sol, Daftar Nominasi Sementara (DNS), Daftar Nominasi Tetap (DNT), Persyaratan Ujian dan ketentuan lain dapat diliht melalui POS ini.
Baca juga : Kisi-Kisi US SD 2016

POS Ujian Sekolah (US) SD/MI Tahun 2016

Berikut adalah persyaratan Ujian Sekolah/Madrasah

Persyaratan peserta US/M adalah sebagai berikut:

A. Persyaratan Peserta
1. Telah atau pernah mengikuti pendidikan pada tahun terakhir di SD/MI, SDLB, dan Program Paket A/Ula.
2. Memiliki laporan lengkap penilaian hasil belajar (rapor) pada SD/MI, SDLB, dan Program Paket A/Ula mulai kelas IV semester 1 sampai dengan kelas VI semester 1.
3. Memiliki laporan lengkap penilaian hasil belajar (rapor) setingkat SD/MI, SDLB, atau Program Paket A/Ula mulai kelas IV semester 1 sampai dengan kelas VI semester 1 untuk pendidikan informal.
4. Berhalangan mengikuti US/M di satuan pendidikan yang bersangkutan dengan alasan tertentu dan disertai bukti yang sah tidak dapat mengikuti US/M dapat mengikuti US/M susulan.


B. Pendaftaran Peserta
1. Satuan pendidikan melakukan pendaftaran peserta dengan menggunakan format pendaftaran yang dibakukan oleh Provinsi.
2. Satuan pendidikan mengirimkan daftar peserta ke Kabupaten/Kota, Kantor Kementerian Agama, dan Provinsi sesuai dengan bentuk satuan pendidikan.
3. Kabupaten/Kota dan Kantor Kementerian Agama mengoordinasikan pemasukan data peserta dengan menggunakan aplikasi yang diterbitkan oleh Provinsi.
4. Kabupaten/Kota, Kantor Kementerian Agama, dan Provinsi sesuai dengan kewenangan mencetak dan mendistribusikan DNS ke satuan pendidikan.
5. Satuan pendidikan melakukan validasi DNS dan mengirimkan hasil validasi ke Kabupaten/Kota, Kantor Kementerian Agama, dan Provinsi sesuai dengan bentuk satuan pendidikan.
6. Kabupaten/Kota, Kantor Kementerian Agama, dan Provinsi sesuai dengan kewenangan melakukan finalisasi data, mencetak, dan mendistribusikan DNT beserta Kartu Peserta US/M ke satuan pendidikan.
7. Pimpinan satuan pendidikan menandatangani dan
membubuhkan stempel pada Kartu Peserta US/M yang telah
ditempel foto peserta.
8. Peserta yang tidak lulus US/M padatahun pelajaran 2014/2015 dan akan mengikuti US/M tahun pelajaran 2015/2016 harus terdaftar pada satuan pendidikan asal atau satuan pendidikan yang ditunjuk.

Berikut adalah Jadwal Ujian Sekolah (US) SD/MI Tahun Pelajaran 2015/2016

Jadwal US SD/MI/SDLB

Jadwal Ujian Sekolah SD/MI Tahun pelajaran 2015/2016
Jadwal US Program Paket A/Ula

 Download POS Ujian Sekolah (US) SD/MI Tahun 2016 melalui link berikut :
Downlod POS US (Ujian Sekolah) SD/Madrasah Tahun 2016

Untuk soal-soal ujian sekolah (US) Sekolah Dasar dapat diunduh melalui link berikut :
Kumpulan Soal US SD Tahun 2016

Mungkin Bapak/Ibu ada yang bertanya-tanya, dimana bisa mengunduh kisi-kisi US SD/MI tahun 2016? Tenang saja nanti admin akan mengupdate di postingan berikutnya.

Demikian informasi POS Ujian Sekolah (US) SD/MI Tahun 2016, semog bermanfaat.

Draft POS Ujian Nasional Tahun 2016

Draft POS Ujian Nasional Tahun 2016 – Pada tahun Pelajaran 2015/2016 ini Ujian Nasional menggunakan 2 sistem, yaitu sistem online (Ujian Nasional Berbasis Komputer) dan sistem offline (manual dengan Lembar Jawab Komputer). Kaitannya dengan Ujian Nasional 2016 mendatang perlu adanya Prosedur Operasional Standar (POS) yang menjadi acuan dalam penyelenggaraan Ujian.

Dalam artikel ini akan admin bagikan Draft POS Ujian Nasional Tahun 2016. Meskipun masih dalam bentuk draft, namun isinya sudah hampir sempurna. POS UN ini mengatur penyelenggaraan dan teknis pelaksanaan UjianNasional Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah, Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa, Sekolah Menengah Pertama Terbuka(SMPT), Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah/Sekolah MenengahAgama Katolik/Sekolah Menengah Teologi Kristen, Sekolah Menengah AtasLuar Biasa, Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan, SekolahMenengah Atas Terbuka (SMAT), Satuan Pendidikan Kerjasama (SPK), sertaProgram Paket B/Wustha, dan Program Paket C Tahun Pelajaran 2015/2016.
Baca : POS UN 2016 Untuk SMP/SMA/Sederajat (FINAL)

Draft POS Ujian Nasional Tahun 2016

Draft POS Ujian Nasional Tahun 2016

Seperti pada POS UN tahun-tahun sebelumnya, POS UN tahun 2016 ini antara lain berisi :
1. Persyaratan Peserta Ujian Nasional
2. Pendaftaran Peserta Ujian
3. Penyelenggara dan Pelaksana Ujian Nasional
4. Bahan Ujian Nasional, seperti Kisi-kisi, penggandaan dll
5. Waktu Pelaksanaan UN
6. Pemeriksaan Hasil UN
7. dll

Berikut tanggal penting Pelaksanaan UN Tahun 2016

Draft POS Ujian Nasional Tahun 2016

Draft POS Ujian Nasional Tahun 2016

Jadwal UN SMP & SMA/SMK

Draft POS Ujian Nasional Tahun 2016
Jadwal UN SMP/Mts
Draft POS Ujian Nasional Tahun 2016
Jadwal UN SMA
Jadwal UN SMK
Untuk mengunduh Draft POS Ujian Nasional Tahun 2016 kunjungi link beriku :
Demikian informasi terkait Draft POS Ujian Nasional Tahun 2016, semoga bermanfaat.

Download POS US (Ujian Sekolah) SD/MI 2015

Download POS US (Ujian Sekolah) SD/MI 2015 – Selamat sore Operator Sekolah Indonesia. Merujuk pada Peraturan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 009/H/HK/2015 tentang Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan Ujian Sekolah/Madrasah Pada Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Dasar luar Biasa dan Penyelenggara Program Paket A/ULA Tahun Pelajaran 2014/2015, Ujian Sekolah/Madrasah adalah kegiatan pengukuran dan penilaian kompetensi peserta didik untuk semua mata pelajaran dan muatan lokal.

Prosedur Operasional Standar (POS) merupakan acuan dalam penyelenggaraan Ujian Sekolah di Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Dasar Luar Biasa, dan penyelenggara Program Paket A/Ula Tahun 2014/2015, dimana materi yang nantinya akan dijadikan sebagai bahan Ujian telah dibuatkan kisi-kisi sebagai patokan dalam pembelajaran. Kisi-kisi US yang dimaksud adalah sebagai acuan dalam penyusunan dan perakitan paket soal yang disusun berdasarkan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar dalam Standar Isi
Baca selengkapnya : Download Kisi-Kisi Ujian Sekolah SD/MI 2015

wimaogawa.blogspot.com

Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa untuk Ujian Sekolah ini
hanya berlaku untuk jenjang Sekolah Dasar, karena untuk jenjang SMP/SMA
tetap menggunakan Ujian Nasional seperti tahun-tahun sebelumnya.
Pengaturan/Ketetapan Ujian Sekolah ini diserahkan kembali ke Dinas
Pendidikan masing-masing daerah. Dengan adanya Try Out semacam ini
diharapkan agar bisa mengetahui sejauh mana anak didik kita dalam
menyerap berbagai mata pelajaran yang telah diajarkan di Sekolah.
Selengkapnya baca juga : Download Contoh Soal Try Out Ujian Sekolah SD/MI 2015

Untuk mendonwnload POS Ujian Sekolah silahkan kunjungi link di bawah ini.
Download POS Ujian Sekolah SD/MI 2015

Demikian informasi terbaru mengenai POS Ujian Sekolah (US) Tahun Pelajaran 2014/2015, semoga bermanfaat. Salam Satu Data

Revisi POS Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2014/2015

Revisi POS Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2014/2015 – Tanggal 14 Maret 2015 melalui BNSP melakukan revisi POS Ujian Nasional SMP/SMK/SMA/SMK dan Sederajat yang ditujukan kepada Kepala Dinas Pendidikan Provinsi, Kepala Kantor Wilayah Kementrian Agama, Rektor Perguruan Tinggi Negeri Koordinator Pemindaian LJUN dan Kepala Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan
Baca juga : Download POS Ujian Nasional SMP/MTS/SMA/SMK Sederajat 2015

Sehubungan dengan telah ditetapkannya Peraturan Badan Standar Pendidikan Nomor 0031/ /BNSP/III/2015 tentang Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2014/2015 dan mempertimbangkan masukan dari pihak terkait, maka POS UN telah dilakukan revisi oleh BNSP.

wimaogawa.blogspot.com

BAB VII KELULUSAN butir 7.d(tentang Nilai S/M untuk SMK/MAK tertulis Gabungan antara nilai Ujian S/M dan nilai rata-rata rapo semester I sampai Semester V untuk SMK/MAK dengan pembobotan 50% sampai dengan 70% untuk nilai rata-rata rapor, Seharusnya tertulis Gabungan antara nilai Ujian S/M dan nilai rata-rata rapo semester III
sampai Semester V untuk SMK/MAK dengan pembobotan 50% sampai dengan 70%
untuk nilai rata-rata rapor.

Demikian informasi mengenai Revisi POS Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2014/2015 semoga bermanfaat.

Download POS Ujian Nasional SMP/MTS/SMA/SMK Sederajat 2015

Download POS Ujian Nasional SMP/MTS/SMA/SMK Sederajat 2015 – Sesuai dengan Peraturan Badan Standar Nasional Pendidikan Nomor 0031/P/BSNP/III/2015 Tentang  Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan Ujian Nasional Tahun 2014/2015 bahwa dalam rangka menjamin kelancaran pelaksanaan Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2014/2015 perlu menetapkan Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2014/2015.
Wajib dibaca : Revisi POS Ujian Nasional 2015 Pada BAB VII

POS UN ini merupakan dasar dan acuan dalam penyelenggaraan Ujian Nasional Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah, Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa, Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah/Sekolah Menengah Agama Katolik/Sekolah Menengah Teologi Kristen, Sekolah Menengah Atas Luar Biasa, Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan, Program Paket B/Wustha, dan Program Paket C Tahun Pelajaran 2014/2015.

Terkait dengan Kisi-kisi, UN tahun pelajaran 2014/2015 mengacu pada Peraturan BSNP Nomor 0027/P/BSNP/IX/2014 tentang Kisi-kisi UN untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah Tahun Pelajaran 2014/2015. Kisi-kisi UN tahun pelajaran 2014/2015 untuk mata pelajaran keagamaan Katolik dan Kristen mengacu pada Peraturan BSNP Nomor 0029/P/BSNP/I/2015 tentang Kisi-kisi UN mata pelajaran keagamaan untuk SMAK dan SMTK Tahun Pelajaran 2014/2015.
Selengkapnya Download Kisi-Kisi Lengkap Ujian Nasional (UN) Tahun 2015 Untuk SMP, SMA/Sederajat Dan Paket C

wimaogawa.blogspot.com

BSNP sebagai Penyelenggara UN bertugas:
1. menelaah dan menetapkan kisi-kisi UN;
2. menelaah dan menetapkan master naskah soal UN;
3. menyusun dan menetapkan POS pelaksanaan UN;
4. memberikan rekomendasi kepada Menteri tentang penetapan Panitia UN Tingkat Pusat;
5. melakukan koordinasi persiapan dan pengawasan pelaksanaan UN secara nasional;
6. mengadakan penandatanganan pakta integritas dengan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi;
7.mengadakan penandatanganan pakta integritas dengan Panitia UN di luar negeri melalui Atase Pendidikan atau Konsul Jenderal; dan
8.melakukan evaluasi, menyusun laporan dan rekomendasi perbaikan pelaksanaan UN dan menyampaikannya kepada Menteri.

Selengkapnya Download POS Ujian Nasional SMP/MTS/SMA/SMK Sederajat 2015 Disini (update 13 Maret 2015). Sedangkan untuk POS US SD/MI/Sederajat selengkapnya baca POS Ujian Sekolah SD/MI/Sederajat Tahun 2015 . Semoga bermanfaat.