Uji Kompetensi Keahlian UKK SMK Tahun Pelajaran 2017/2018

Posted on
Downlod Kisi-Kisi Uji Kompetensi Kehlian (UKK) SMK Tahun Pelajaran 2017/2018 dengan format PDF Untuk SMK Teknik Konstruksi Batu dan Beton, Teknik Gambar Gangunan, Teknik Konstruksi Kayu, Teknik Konstruksi Baja, Teknik Distribusi Tenaga Listrik, Teknik Furniture, Teknik Plumbing dan Sanitasi, dan Teknik Suveri Pemetaan. Untuk perangkat ujian praktik kejuruan 2017 akan kami share di postingan berikutya.

Uji Kompetensi Keahlian SMK UKK Tahun Pelajaran 2017/2018

UKK 2017 SMK – Melalui laman resmi http://psmk.kemdikbud.go.id, Uji Kompetensi Kehlian UKK SMK Tahun Pelajaran 2017/2018 sebentar lagi akan diselenggarakan di seluruh Indonesia. Hal ini sesuai dengan informasi mengenai Kisi-Kisi UKK SMK Tahun Pelajaran 2017/2018 yang telah dishare melalui halaman tersebut dan harus diikuti oleh peserta didik kelas XII.
Bagi kelas XII SMK yang telah melaksanakan prakerin/praktik kerja tentunya sudah memiliki gambaran umum mengenai materi yang telah dipelajari di sekolah. Dan dalam Uji Kompetensi Kehlian (UKK) SMK 2017/2018 mendatang diharapkan dapat dilaksanakan dengan baik.

Sebagai pendukung dalam Uji Kompetensi Keahlian (UKK) SMK, pada kesempatan ini admin bagikan Kisi-Kisi UKK (Uji Kompetensi Kehlian) SMK Tahun Pelajaran 2017/2018 yang dikutip melalui laman resmi http://psmk.kemdikbud.go.id. Untuk soal UKK SMK 2017 akan kami share di postingan mendatang.

Informasi Uji Kompetensi Keahlian SMK Tahun Pelajaran 2017/2018

Uji Kompetensi Keahlian (UKK) adalah bagian dari intervensi Pemerintah dalam menjamin mutu pendidikan pada satuan pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan. Pelaksanaan UKK bertujuan untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa pada level tertentu sesuai Kompetensi Keahlian yang ditempuh selama masa pembelajaran di SMK. UKK terdiri dari Ujian Praktik Kejuruan yang umumnya diselenggarakan sebelum pelaksanaan Ujian Nasional dan Ujian Teori Kejuruan yang merupakan bagian dari rangkaian pelaksanaan Ujian Nasional.

Ujian Praktik Kejuruan dapat dilaksanakan menggunakan standar yang ditetapkan oleh industri, Lembaga Sertifikasi Profesi dan perangkat uji yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di Tempat-tempat uji kompetensi. Satuan pendidikan yang menyelenggarakan UKK harus dinyatakan layak sebagai tempat uji kompetensi oleh koordinator Ujian Nasional Tingkat Provinsi atau Lembaga Sertifikasi Profesi. Perangkat ujian praktik yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bersifat terbuka dan peserta uji dapat berlatih menggunakan perangkat ujian tersebut sebelum pelaksanaan ujian.

Secara umum perangkat Uji Kompetensi Keahlian terdiri atas :


1. Kisi-kisi Soal/Ujian Teori kejuruan (KST). Kisi-kisi soal ujian Teori Kejuruan merupakan konsep, prinsip-prinsip, prosedur, materi,bahan, dan lain-lain yang harus dikuasai peserta uji dalam melaksanakan pekerjaan bidang tertentu. Kisi-kisi ujian Teori kejuruan terbuka untuk umum.

2. Soal Teori Kejuruan (STK) adalah berupa soalpilihan ganda dengan 5 opsi jawaban. Soal Teori Kejuruan terdiri dari model Ujian Nasional Berbasis Kertas (Paper-based Test) dan Ujian Nasional Berbasis Komputer (Computer-based Test).

3. Kisi-kisi Soal Praktik Kejuruan (KSP). Kisi-kisi soal ujian Praktik Kejuruan merupakan kompetensi utama Standar Kompetensi danKompetensi Dasar yang harus dikuasai peserta uji dalam melaksanakan pekerjaan bidang tertentu. Kisi-kisi ujian Praktik kejuruan digunakan sebagai acuan dalam pembuatan perangkat ujian praktik kejuruan (Soal Praktik Kejuruan, LembarPedoman Penilaian, dan Instrumen Verifikasi)

4. Soal Praktik Kejuruan (SPK) adalah berupa penugasanbagi peserta uji untuk membuat atau proses dan mengerjakan suatu produk/jasa

5. Lembar Pedoman Penilaian Soal Praktik (PPsp) adalah rubrik yang digunakan untuk pemberian skor setiap komponen penilaian. Lembar penilaian memuat komponen penilaian, sub-komponen penilaian, pencapaian kompetensi, dan kriteria penilaian.

6. Instrumen Verifikasi Penyelenggara Ujian Praktik Kejuruan (InV) adalah instrumen yang digunakan untuk menilai kelayakan satuan pendidikan atau institusi lain sebagai tempat penyelenggaraan ujian Praktik Kejuruan. Instrumen verifikasi memuat standar persyaratan peralatan utama, standar persyaratan peralatan pendukung,standar persyaratan tempat/ruang serta memuat persyaratan penguji yang terdiri atas penguji internal dan eksternal

Download Uji Kompetensi Keahlian UKK SMK Tahun Pelajaran 2017/2018

 Silahkan download kisi kisi ukk praktek smk 2017 di bawah ini :
Pesan kami silahkan share kisi kisi ukk praktek smk 2017, agar dapat bermanfaat untuk sesama.
Nah, mengenai jadwal UKK SMK 2017 dan Juknis UKK SMK 2017 belum dipublikasikan melalui laman http://psmk.kemdikbud.go.id. 
Demikian, semoga Uji Kompetensi Keahlian UKK SMK Tahun Pelajaran 2017/2018 ini dapat dijadikan pedoman dalam pelaksanaan UKK di sekolah Anda. Terima kasih.
Jangan lupa untuk selalu update administrasi pendidikan melalui https://sekolah-id.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.