Ucapan Selamat Hari Guru Nasional Tahun 2017

Posted on
Di bawah ini adalah kumpulan Ucapan Selamat Hari Guru Nasional Tahun 2017 yang kami rangkum menjadi satu. Bagi yang sedang mencari ucapan selamat hari guru dalam bahasa inggris, kami lampirkan pula dalam postingan ini.

Simpan Ucapan Selamat Hari Guru Nasional Tahun 2017 dengan mengunjungi halaman ini  

Ucapan Selamat Hari Guru Nasional

Setiap tanggal 25 November, di Indonesia diperingati sebagai hari guru Nasional yang bersamaan dengan peringatan HUT Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).
Peringatan hari guru nasional tidak dirayakan dengan berlibur ria, namun sebaliknya, hari tersebut dirayakan dengan upacara dan pemberian penghargaan kepada guru-guru yang memiliki prestasi serta kesetiaan yang tinggi pada pendidikan.
Iya, hampir sama dengan hari Pendidikan Nasional yang jatuh setiap 2 Mei, yakni dirayakan dengan upacara peringatan.
Sebelumnya kami share Ucapan Selamat Hari Guru Nasional Tahun 2017, bagaimana jika kita simak dulu sejarah singkat Hari Guru Nasional?

Sejarah Singkat Hari Guru Nasional

Hari Guru adalah hari untuk menunjukkan penghargaan terhadap guru, dan diperingati pada tanggal yang berbeda-beda di setiap negara. Di Indonesia sendiri peringatan Hari Guru Nasional jatuh pada tanggal 25 November. Hari Guru Nasional bukan merupakan hari libur resmi, tetapi dirayakan dalam bentuk upacara peringatan di sekolah-sekolah dan pemberian tanda jasa kepada guru, kepala sekolah, dan perangkat sekolah lainnya.Hari Guru Nasional diperingati bersamaan dengan perayaan ulang tahun Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). Ini bermula dengan perjuangan para guru Tanah Air melalui Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB) pada 1912. Organisasi unitaristik ini beranggotakan para guru bantu, guru desa, kepala sekolah, dan pemilik sekolah. Umumnya mereka bertugas di Sekolah Desa dan Sekolah Rakyat Angka Dua. Di masa yang sama, berkembang juga organisasi guru dengan beragam latar belakang seperti keagamaan, kebangsaan, dan lainnya.

Sekitar dua dekade kemudian Nama PGHB berubah menjadi Persatuan Guru Indonesia (PGI). Penambahan kata “Indonesia” mengejutkan pemerintah Belanda. Pasalnya, kata tersebut mencerminkan semangat kebangsaan.

Kesadaran kebangsaan dan semangat perjuangan mendorong para guru pribumi memperjuangkan persamaan hak dengan pihak Belanda. Secara bertahap, jabatan Kepala HIS (Hollandsch Inlandsche Schoo atau sekolah Belanda untuk bumiputera) mulai diambil alih orang Indonesia. Akhirnya, terbitlah cita-cita kesadaran bahwa perjuangan para guru Indonesia tak lagi tentang perbaikan nasib maupun kesamaan hak dan posisi dengan Belanda, tetapi memuncak menjadi perjuangan nasional.

Pemerintah Jepang melarang semua organisasi dan menutup semua sekolah dan membungkam PGI Pada masa tersebut.

Barulah setelah proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945, PGI kembali menggeliat.Kongres Guru Indonesia digelar pada 24–25 November 1945 di Surakarta.Para peserta kongres sepakat menghapuskan semua organisasi dan kelompok guru berlatar belakang perbedaan tamatan, lingkungan pekerjaan, lingkungan daerah, politik, agama, dan suku. Inilah cikal bakal bersatunya guru-guru yang aktif mengajar, pensiunan yang aktif berjuang, dan pegawai pendidikan Republik Indonesia yang baru dibentuk.

Mereka akhirnya meresmikan kelahiran Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) pada 25 November 1945. Dan sejak saat itu, pemerintah menetapkan hari lahir PGRI sebagai Hari Guru Nasional dan menjadikannya momentum penghormatan kepada para pahlawan tanpa tanda jasa di Tanah Air.

[malahayati.ac.id]

Sudah cukup jelas kan ?

Ok, mari kita lanjut untuk share Ucapan Selamat Hari Guru Nasional Tahun 2017

Silahkan simak berikut ini ..

Ucapan Selamat Hari Guru Nasional Tahun 2017

 

Jadilah Sosok Guru yang . .
Hadirnya di TUNGGU Selalu
Hilangnya di RINDU Selalu
Ilmunya di BURU Selalu
Nasihatnya di SERU Selalu
Tingkah lakunya di TIRU Selalu
Jasanya di KALBU Selalu
Karena Allah SWT dan Rasulullah demi Agama, Bangsa dan juga Negara.
“SELAMAT HARI GURU Tahun 2014.. TERIMA KASIH Pak Guru Ku”.

Renungkanlah:
Siapa yang membimbing sehingga:
Kita bisa membaca,
Kita bisa menulis,
Kita bisa lanjut ke Universitas,
Kita bisa berhasil di masyarakat,
Tidak yg lain disebabkan Jasamu Para Guru Qu Tercinta …
Untuk itu Kita semua tidak boleh pernah melupakan jasa Sang Guru,
Terima kasih yang tak terhingga,
Untukmu Para Pahlawan Tanpa Tanda Jasa Duhai Guru Qu,
Semoga Kesejahteraan dan juga Kebahagian senantiasa mendampingmu, amin.
Salam hormat dari kami..
Guru bukan Seorang tapi Ribuan.
Bukan untuk sementara tapi teruntuk selamanya.
Bukan untuk dimusuhi tapi disayangi.
Bukan untuk dilupakan tapi diingati.
Bukan untuk Cuma di sini tapi ada di mana-mana.
Bukan untuk hari ini tapi hingga hujung nyawa.
Bukan untuk diselingkuhi tapi untuk dinikahi
“SELAMAT HARI GURU 25 November 2014.. Teruntuk Kamu Guru KU”

 “Jika di dunia ini tidak ada seorang guru. Maka kita tetap akan menjadi pribadi yang cerdas, tapi hanya secerdas manusia primitif.”
“Guru adalah seorang pahlawan, dan tanda-tanda kepahlawanannya terukir pada keberhasilan semua orang-orang besar yang anda kenal.”
“Jadikanlah guru-guru Anda sebagai orang terhormat. Sehingga guru-guru terbaik datang kepada Anda, dan ilmu-ilmu terbaik datang kepada Anda.”
“Seorang guru akan selamanya menjadi guru Anda. Meskipun Anda telah melupakan ilmu yang Anda pelajari dari mereka. Bahkan meskipun Anda telah melupakan wajah mereka.”
“Orang hebat bisa melahirkan beberapa karya bermutu, tapi guru bermutu bisa melahirkan ribuan orang hebat.”
“Setiap keberhasilan yang Anda raih, bermula dari jutaan tetes keringat dari guru-guru Anda dalam memberikan Anda pelajaran terbaik. Dan mengupayakan Agar anda memahami pelajaran tadi.”
“Ketika melihat murid-murid menjengkelkan dan melelahkan, terkadang hati teruji kesabarannya namun hadirkanlah gambaran bahwa satu di antara mereka kelak akan menarik tangan kita menuju surga.”
“Berterimah kasihlah kepada sang guru. Karena melalui tangan mereka ilmu-ilmu yang bertebaran dan tak Anda kenal dapat menyatu dalam pikiran Anda.”
“Berikanlah sesuatu yang bisa memerikan kebahagiaan kepada guru Anda. Sebuah hadiah baik berbentuk materi maupun berbentuk prestasi.”
“Guru-guru Anda telah berjuang mati-matian agar Anda bisa memahami ilmu yang sederhana. Setiap ilmu yang Anda miliki adalah hasil keringat mereka.”

Guru yang mencoba mengajar siswanya tanpa memberikan inspirasi agar mereka memiliki hasrat untuk belajar, ialah seolah memalu besi yang sudah dingin..

 “Pahlawan bukanlah orang yang harus selalu mengangkat pedang dan senjata untuk mengorbankan darahnya mengalir atas perjuangannya, melainkan orang yang mengorbankan semua waktu, ilmu dan tenaganyapun merupakan pahlawan tanpa jasa yang harus kita hormati. Selamat Hari Guru”.

    “Setiap kata yang terlontar dari mulut seorang guru adalah sebuah pelajaran
Setiap gerak sikap yang dilakukan seorang guru adalah sebuah didikan
Semua perkara yang dilakukan seorang guru adalah sebuah ketegasan
Hormati gurumu karena ia adalah orang tuamu
Selamat Hari Guru”

    “Salah satu kunci keberhasilan seorang murid hingga menjadi orang yang berilmu adalah dengan selalu mendengarkan dan menghormati gurunya dengan sangat baik, maka ilmunya akan bermanfaat dan selalu melekat”

    “Bukan harta yang harus kita berikan untuk menghormati guru, bukan benda yang harus kita berikan untuk membuat senang hati guru. Tapi sikap kita dan penghormatan kita kepadanya yang bisa membuatnya senang”

    “Engkau adalah guru terbaiku, tiga tahun lamanya, engkau Sudah memberikan ilmu dengan penuh kesabaran pada kami. Terima Kasih guruku tercinta, Selamat Hari Guru ”

    “Hanya engkau Guru… yang menjadi sosok terindah yang terkenang sepanjang hidup.”

    “Guru… Terima kasih atas semua bimbingan maupun ilmu yang telah engkau beri kepada semua muridmu.”

    “Tak ada pemberi yang lebih setia, tiap akar ilmu yang dipunyai. Pelita maupun lampu segala bagi manusia sebelum menjadi damar.”

    “Guru engkau bapak dan Ibu kedua bagi kami, menjadi orang tua tatkala kami nakal, menjadi sahabat tatkala kami kebingungan, menjadi pelita tatkala kami kegelapan.”

    “Selamat hari guru, semua jasamu akan selalu kami kenang sampai akhir masa.”

    “Apabila didunia ini tak ada sosok guru, niscaya manusia bisa saja cerdas namun kecerdasan yang sebatas manusia primitive.”

    “Selamat Hari Guru, semua jasamu kan ku kenang selalu.”

    “Engkau bagaikan lilin yang selalu menerangi setiap kegelapan, semoga setiap peluh lelahmu melahirkan generasi tangguh dan berjiwa negarawan.”

    “Guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa, terima kasih guru, selamat hari Guru Nasional”

 

Ucapan Selamat Hari Guru Dalam Bahasa Inggris

 

I am so grateful to be your students. You do not only teach but also educate me lovingly. Thank for leading me in achieving my dreams.

Saya bersyukur bisa menjadi murid Anda. Anda tidak hanya mengajar ku tetapi juga mendidikku dengan penuh kasih sayang. Terima kasih telah mengantarkan ku mewujudkan mimpi-mimpiku

 

Thank you for being a very influential person in my life. You had helped me find my identity and potency in my life.

Terima kasih telah menjadi orang yang sangat berpengaruh di dalam hidupku. Anda telah membantu ku menemukan jati diri dan potensi dalam hidupku.

 

Everything that I have achieved now is because of your hard effort in guiding me. Only this word as my gratitude that I can give to you, May God rewards all of your kindness. Thank you

Apa yang telah aku capai sekarang semua Adalah berkat usaha gigih mu dalam membimbing ku selama ini. Hanya ucapan terima kasih ini yang bisa aku beri untuk mu. Semoga tuhan membalas semua kebaikan mu. Terima kasih

 

Who I am and what I’ve done now is the result of your hard work over the years. Thank you for being the best teacher ever that taught me over the years.

Siapa aku sekarang dan apa aku sekarang tak lain dan tak bukan adalah hasil dari kerja keras mu selama ini. Terima kasih ku ucapkan padamu guru terbaik yang pernah mengajar ku selama ini.

 

So many years, you had educated me in joy and sorrow. We had created so many beautiful memories together. I will never forget that memories. You are my best teacher that I always remember forever. Thanks for everything that you had given to me.

Sekian tahun engkau telah mendidikku dalam suka dan duka. Kita telah menciptakan memori-memori Indah bersama. Semua tidak akan pernah kulupakan. Engkaulah guru terbaikku yang akan selalu aku kenang selamanya. Terima kasih atas segala-galanya yang telah engkau berikan.

 

We cannot give back for what you had given to us. It cannot be denied that you had made a wonderful impact in our lives. Sometimes we made you upset but we know that you really care about us. Thank you.

Kami memang tidak bisa membalas apa yang telah engkau berikan kepada kami. Tak bisa dipungkiri engkau telah membuat pengaruh yang indah dalam hidup kami. Kadang kami membuat mu kesal tapi kami tahu bahwa engkau sangat peduli kepada kami. Terima kasih

Demikian share Ucapan Selamat Hari Guru Nasional Tahun 2017, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *