Berikut Ini Tugas Operator Sekolah Tahun Ajaran Baru 2015/2016

Posted on

Berikut Ini Tugas Operator Sekolah Tahun Ajaran Baru 2015/2016 – Operator Sekolah merupakan kunci utama dari semua data yang berada dalam ruang lingkup sekolah. Beban Operator Sekolah begitu berat karena bertanggung jawab atas semua data dalam Dapodik yang meliputi penerimaan jumlah Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Tunjangan Sertifikasi Guru, Bantuan Siswa Miskin (BSM) dll. Maka dari itu Operator Sekolah dituntut agar selalu aktif dalam mendapatkan informasi baik secara online maupun offline.

Kaitannya dengan Tahun Ajaran Baru 2015/2016 bersamaan dengan launching Dapodikdas Versi 3.0.4 maka perlu adanya koordinasi dengan Panitia Penerimaan Siswa Baru agar persyaratan calon siswa baru harus lengkap. Hal ini bertujuan untuk membantu Operator Sekolah dalam proses penginputan data siswa ke dalam Aplikasi Dapodik.

wimaogawa.blogspot.com

Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh Operator Sekolah dalam menyikapi Tahun Ajaran Baru 2015/2016 melalui Fanspage FB

  1. Informasikan kepada kepala sekolah dan panitia PPDB masing-masing sekolah, supaya calon peserta didik agar melengkapi berkas pendaftaran dengan melampirkan salinan atau fotocopy berkas individu PD  yang jelas. Berkas yang dikumpulkan berupa  Ijazah, surat kenal lahir, akta kelahiran,  ataupun Kartu Keluarga dan surat permandian supaya ketika melakukan pengelolaan data  Peserta Didik baru dengan Aplikasi dapodik dan Verval PD,maka operator sekolah tidak begitu mengalami kesulitan dalam input data.
  2. Pastikan bahwa Peserta Didik yang telah lulus memiliki Nomor Induk Siswa Nasional yang valid dengan maksud tidak menyulitkan operator di jenjang berikutnya.
  3. Bersihkan segera perangkat komputer(PC/Laptop) operator sekolah, baik dari virus komputer maupun cache memory, Temporary files, serta Spammers, Trojan dan lainnya.
  4. Siapkan Surat tugas operator sekolah yang terbaru sebagai syarat untuk updating surat penugasan OPS.
  5. Jika operator sekolah bertugas sebagai pengganti operator lama, maka lakukan Registrasi baru agar data operator di PDSP tetap terbarukan
  6. Bisa membentuk kelompok kerja operator ditingkat kecamatan supaya bisa saling membantu dan berbagi informasi terkait pekerjaan langsung atau berkaitan dengan  Dapodik dan Verval

Demikian sekilas informasi terkait hal-hal yang perlu diperhatikan pada tahun ajaran baru 2015/2016, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.