Syarat dan Ketentuan Registrasi Online UKG Kemenag Tahun 2015/2016

Posted on

Syarat dan Ketentuan Registrasi Online UKG Kemenag Tahun 2015/2016 – Pada postingan sebelumnya telah dijelaskan bagaimana cara registrasi Peserta UKG Kemenag melalui layanan SIMPATIKA. Namun, mengenai peraturannya belum dijelaskan secara terperinci sehingga menimbulkan beberapa permasalahan serta perbedaan pendapat antara beberapa pihak. Misalnya status guru yang belum jelas.
Baca selengkapnya : Cara Daftar Peserta UKG Kemenag Melalui SIMPATIKA

Menindaklanjuti pertanyaan-pertanyaan yang diajukan beberapa pihak, akhirnya SIMPATIKA melalui akun facebook nya telah memberikan beberapa Syarat dan Ketentuan Registrasi Online UKG Kemenag Tahun 2015/2016.

Syarat dan Ketentuan Registrasi Online UKG Kemenag Tahun 2015/2016

Registrasi Calon Peserta UKG 2015/2016 memberi kesempatan kepada para Pendidik (Guru) secara mandiri untuk menentukan Mapel yang akan diujikan di UKG nantinya. Hal ini untuk bisa memastikan tidak terjadi kesalahan Mapel yang diuji kepada Pendidik (Guru) yang bersangkutan saat UKG berlangsung.

Syarat dan Ketentuan Registrasi Online UKG Kemenag Tahun 2015/2016

1. Formulir regitrasi online otomatis ditampilkan pada login individu PTK yang statusnya sebagai Pendidik (Guru) Madrasah naungan Kemenag dan Guru Pendidikan Agama naungan Kemdikbud status bintang 4 aktif baik PNS dan Non PNS di satminkal negeri atau swasta, telah sertifikasi atau belum sertifikasi.

2. Bagi Pendidik (Guru) Madrasah yang telah memiliki sertifikasi guru dan telah melaksanakan verval NRG hingga permanen di periode lalu. Maka otomatis akan terdaftar sebagai calon peserta (kandidat) UKG berdasarkan Mapel pada sertifikasinya.

3. Bagi Pendidik (Guru) Madrasah yang telah memiliki sertifikasi dan belum tuntas VerVal NRG di periode lalu, maka dipersilakan memilih kode mapel UKG yang sesuai sertifikasinya. Pastikan Kode Mapelnya identik dengan sertifikasi meskipun terbitan tahun kodenya berbeda.

4. Bagi Pendidik (Guru) Madrasah jenjang MTs dan MA yang belum sertifikasi, silakan memilih kode Mapel UKG yang sesuai dengan jurusan ijazah D4/S1nya meskipun berbeda dengan mapel tugas mengajarnya saat ini. Hal ini akan bermanfaat juga untuk persiapan menjadi peserta sertifikasi periode 2016 nanti yang mensyaratkan Mapel Sertifikasi ekivalen dengan kualifikasi jurusan D4/S1nya. Kecuali yang belum D4/S1 silakan dipilih Mapel sesuai dengan tugas mengajar selama ini.

5. Bagi Pendidik (Guru) Madrasah jenjang RA dan MI yang belum sertifikasi, silakan memilih kode Mapel UKG yang tersedia sesuai Mapel lingkup jenjang RA dan MI yang berlaku, meskipun kualifikasi jurusan ijazah yang dimiliki belum/kurang sesuai.

6. Bagi Pendidik (Guru) Pendidikan Agama (semua agama) naungan Kemdikbud yang belum sertifikasi, otomatis didaftarkan sebagai calon peserta UKG berdasarkan isian Mapel Utama pada Portofolio Digital masing-masing yang terekam di PADAMU NEGERI dan otomatis terintegrasi dengan SIMPATIKA.

7. Proses registrasi online calon peserta UKG 2015/2016 akan ditutup pada tanggal 4 Desember 2015 pk. 14.00 WIB. Bagi calon peserta yang terpilih oleh pusat untuk mengikuti UKG, kepastian Jadwal dan Lokasinya akan ditampilkan otomatis setelah penutupan registrasi. Cetak kartu peserta dilakukan mandiri oleh peserta terpilih melalui akun individu masing-masing.

Silahkan cermati 7 poin diatas agar tidak terjadi kesalahan pengisian data pada saat registrasi UKG. Demikian informasi Syarat dan Ketentuan Registrasi Online UKG Kemenag Tahun 2015/2016, semoga bermanfaat.
Baca juga : pelaksanaan piloting ukg madrasah tahun 2015

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *