Surat Edaran Mendikbud Tentang Penanganan Pendidikan pada Daerah Terdampak Bencana Asap

Posted on

Penanganan Pendidikan pada Daerah Terdampak Bencana Asap – Berdasarkan surat edaran Mendikbud Nomor 90623/MPK/LI/2015 tentang Penanganan Pendidikan pada Daerah Terdampak Bencana Asap bahwa bencana asap yang menimpa beberapa Provinsi telah berlangsung selema beberapa bulan lamanya dan kemungkinan akan masih berlanjut beberapa lama ke depan.

Hal ini tentunya berdampak pada kesehatan dan keselamatan anak-anak usia sekolah serta pendidik dan tenaga kependidikan. Oleh karena dalam penyelenggaraan pendidikan di daerah terdampak bencana asap perlu dilakukan penyesuaian dan perlakuan khusus. Menindaklanjuti arahan Presiden dalam rapat terbatas, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan merumuskan langkah-langkah berikut untuk dijalankan oleh Pemerintah Daerah pada daerah terdampak bencana asap dengan koordinasi dan dukungan penuh dari Kemendikbud.

Rumusan tersebut antara lain :
1. Jika indeks Standar Pencemar Udara (ISPU) di atas ambang batas berbahaya, maka kegiatan belajar mengajar di satuan Pendidikan harus ditiadakan dan siwa belajar di rumah. Nilai ambang batas ISPU berbahaya untuk meliburkan kegiatan belajar mengajar adalah 200 untuk tingkat PAUD dan sekolah dasar/sederajat, serta 300 untuk seluruh tingkat mulai dari PAUD sampai sekolah menengah atas/sederajat.

wimaogawa.blogspot.com

2. Selama diliburkan, sekolah diharapkan memberikan tugas-tugas terstruktur yang mendorong siswa untuk tetap belajar dan melakukan kegiatan positif di dalam rumah.

3. Pemerintah daerah diminta tetap memanfaatkan satuan pendidikan yang memenuhi persyaratan kesehatan dan keselamatan. Terhadap satuan pendidikan yang terdampak oleh bencana asap, agar dilakukan upaya pengisolasian ruang kelas, pemanfaatan alat penyaring udara dan berbagai alat yang dapat membantu sirkulasi udara bersih. Satuan pendidikan yang telah dipastikan aman dari asap dapat digunakan untuk kegiatan belajar mengajar walau ISPU berada di atas ambang batas berbahaya

4. Bila sekolah diliburkan karena bencana asap, maka pemerintah Daerah diminta untuk tetap memberikan tunjangan profesi dan tunjangan lainny secara penuh kepada pendidik dan tenaga kependidikan yang sekolahnya diliburkan.

5. Pemerintah Daerah agar memanfaatkan fasilitas Pemerintah, Pemerintah Daerah, Perguruan Tinggi, BUMD, dan masyarakat yang memenuhi persyaratan kesehatan dan keselamatan sebagai lokasi sementara bagi kegiatan belajar mengajar.

6. Bagi sekolah yang telah meliburkan kegiatan belajar mengajar lebih dari 28 hari belajar akibat bencana asap, maka akan diberikan kebijakan fleksibilitas waktu belajar, termasuk penyesuaian kalender akademik, target capaian kurikulum, jadwal ujian sekolah, jadwal dan bobot ujian nasional,serta jadwal dan bobot ujian masuk Perguruan Tinggi Negeri yang akan dikoordinasikan dengan Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Rincian fleksibilitas waktu belajar dan penyesuaian kalender akademik dikoordinasikan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan dasar dan Menengah setelah mengetahui jumlah hari belajar efektif yang hilang.

7. Dalam kondisi bencana, agar dihindari pembebanan biaya pendidikan yang memberatkan masyarakat.

8. Pemerintah Daerah diminta mendorong media lokal, baik cetak maupun elektronik untuk menayangkan materi pendidikan. Pemerintah Daerah dapat berkoordinasi dengan Pustekkom Kemdikbud untuk mendapatkan materi siaran pendidikan. Pustekkom Kemdikbud beralamat di Jl. R.E. Martadinata, Ciputat, Tangerang Selatan, telp (021) 7418808, fax (021) 7401727, email pustekkom@kemdikbud.go.id, laman http://setjen.kemdikbud.go.id/pustekkom

9. Kemdikbud akan menyediakan pelajaran yang melakukan pengayaan atau remedial kepada siswa terdampak bencana asap. Mekanisme pemberian bantuan sosial akan disampaikan dalam rapat koordinasi dengan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi/Kabupaten/Kota.

Untuk mengunduh Surat Edaran ini silahkan klik tautan berikut ini :
Surat Edaran Mendikbud Tentang Penanganan Daerah Terdampak Asap

Demikian rumusan tentang Penanganan Pendidikan pada Daerah Terdampak Bencana Asap yang tertuang dalam Surat Edaran Mendikbud.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *