Download Materi Bahan Pengayaan dan Remediasi PPG 2019 Bahasa Indonesia SD

A. RASIONAL

Pengembangan Materi Bahan Pengayaan dan Remediasi PPG Tahun 2019 Mata Pelajaran (Mapel) Bahasa Indonesia SD ini didasarkan pada hasil evaluasi penyelenggaraan PPG PGDK 2018 dalam rangka sertifikasi guru melalui jalur PPG. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa tingkat kelulusan Uji Pengetahuan (UP) Uji Pengetahuan (UP) Uji Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (UKMPPG) peserta PPG-PDGK relatif masih rendah, yaitu dibawah 35%.

>> Download Materi Bahan Pengayaan dan Remediasi PPG 2019 Bahasa Indonesia SD

Oleh karena itu, perlu adanya suatu cara untuk membekali pengetahuan peserta PPG-PGDK dan meningkatkan kelulusan sesuai dengan harapan yang telah ditargetkan pemerintah pada program tersebut. Salah satu cara yang dapat ditempuh adalah dengan menggunakan sumber belajar.

Menurut AECT (Association of Education Communication Technology) sumber belajar terdiri atas message, people, materials, device, technique, dan setting. Sumber belajar yang dapat dikembangkan untuk membantu peningkatan pengetahuan dan kelulusan Uji Pengetahuan (UP) Uji Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (UKMPPG) peserta PPG PDGK 2018 berupa materials. Materials atau bahan yang dimaksud berupa soal-soal dan pembahasannya. Soal-soal yang disusun mengacu pada kisi-kisi Uji Pengetahuan (UP) Uji Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (UKMPPG) tahun 2018 yang dikembangkan oleh tim penyusun soal UP pusat.

B. TUJUAN PENULISAN

Penulisan Materi Bahan Pengayaan dan Remediasi PPG Tahun 2019 Mata Pelajaran (Mapel) Bahasa Indonesia SD ini bertujuan untuk membantu penyiapan peserta PPG-PGDK dalam mempersiapkan diri menghadapi Uji Pengetahuan (UP) Uji Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (UKMPPG) PPG. Sumber belajar ini dapat digunakan secara mandiri maupun termbimbing.

C. CARA PENGGUNAAN DAN PEMANFAATAN BAHAN PENGAYAAN DAN REMIDIAL

  1. Membaca secara menyeluruh dan cermat maksud dan tujuan pembuatan yang termuat di BAB 1.
  2. Perhatikan secara cermat indikator/ kisi-kisi yang terjelaskan di BAB II. Perhatikan setiap soal yang menjadi contoh dari setiap indikator. Coba kerjakan, serta cocokkan hasilnya dengan kunci jawaban yang tersedia. Pelajari pembahasan yang tertera dari setiap soal/ indikator.
  3. Tulislah hal yang dianggap penting dalam buku catatan dan didiskusikan dengan sejawat, baik isi, penjelasan dan peluang pengembangannya.
  4. 4Coba kerjakan soal latihan yang ada di BAB III tanpa melihat kunci jawaban.
  5. 5. Cocokan hasil kerjaan dengan kunci jawaban. Jika masih ada kesalahan, cek kembali pemahaman anda dengan pembahasan yang ada di BAB II
  6. Perluas pengetahuan anda dengan mencari soal maupun sumber materi yang lain

KISI-KISI (INDIKATOR ESSENSIAL), CONTOH SOAL, PEMBAHASAN

Berikut ini adalah beragam soal dan pembahasannya. Soal yang disusun mengacu pada kisi- kisi Uji Pengetahuan (UP) Uji Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (UKMPPG) yang digunakan untuk mengukur hasil evaluasi akhir para peserta PPG, baik untuk kompetensi pedagogik maupun profesional.

Soal dan pembahasan kompetensi pedagogik disusun untuk menilai dan mengevaluasi kemampuan peserta dalam (1) merencanakan pembelajaran yang mendidik, (2) merancang penilaian, menilai, dan mengevaluasi pembelajaran dan (3) mengadaptasi dan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

Soal dan pembahasan kompetensi profesional disusun untuk menilai dan mengevaluasi kemampuan peserta dalam (1) menguasai materi pelajaran secara luas dan mendalam, (2) menguasai dan menemukan konsep, pendekatan, teknik, dan metode ilmu pengetahuan, teknologi, atau seni yang relevan, (3) mengelola informasi, (4) mengadaptasi dan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi, (5) menerapkan konsep teoretis materi pelajaran yang diampu, (6) merancang dan melaksanakan penelitian tindakan kelas dan (7) bekerja di bidang keahlian pokok.

>> Download Materi Bahan Pengayaan dan Remediasi PPG 2019 Bahasa Indonesia SD

Materi Bahan Pengayaan dan Remediasi PPG 2019 Bahasa Inggris

A. RASIONAL

Pengembangan Materi Bahan Pengayaan dan Remedi PPG 2019 Mata Pelajaran Bahasa Inggris ini didasari dari hasil evaluasi penyelenggaraan PPG PGDK 2018 dalam rangka sertifikasi guru melalui PPG, hasil evaluasi menunjukkan angka tingkat kelulusan peserta khususnya di UP PPG-PGDK relatif masih rendah (dibawah 35%). Untuk itu perlu adanya suatu usaha dalam membekali peserta PPG-PGDK dan meningkatkan tingkat kelulusan sesuai dengan harapan yang telah ditargetkan pada program tersebut. Usaha yang dimaksud perlu adanya bahan ajar remediasi dan pengayaan sebagai sumber belajar yang memudahkan guru (peserta) dalam mengikuti PPG-PGDK selanjutnya.

>> Download Materi Bahan Pengayaan dan Remediasi PPG 2019 Bahasa Inggris

Bahan pengayaan dan remediasi mata pelajaran Bahasa Inggris yang dikembangkan ini mengacu pada kisi-kisi Uji Pengetahuan (UP) yang telah dikembangkan oleh tim penyusun soal UP pusat. Selain itu, bahan pengayaan dan remediasi yang dikembangkan ini mencakup soal-soal yang berasal dari soal UP tahun-tahun yang lalu, kunci dan pembahasannya. Untuk mata pelajaran Bahasa Inggris soal materi kompetensi pedagogi juga dalam bahasa Inggris.

Dengan dikembangkan bahan ajar ini, peserta PPG PGDK akan mampu merefleksikan kemampuannya baik itu di kompetensi pedagogi maupun profesionalnya. Bahan ajar ini juga dikembangkan dengan berfokus pada bagaimana cara peserta menjawab soal-soal UPPPG dengan memperhatikan pada pembahasannya. Namun, bahan atau sumber lain juga diharapkan dapat dipelajari oleh peserta PGDK untuk mendukung pemahaman pembahasan dalam bahan ajar ini.

Kesimpulannya, bahan ajar pengayaan dan remediasi mata pelajaran bahasa Inggris ini diharapkan mampu memudahkan guru (peserta) mata pelajaran bahasa Inggris yang mengikuti PPG PGDK untuk menghadapi atau menjawab soal-soal UP PPG.

B. TUJUAN PENULISAN

Penulisan bahan materi pengayaan dan remediasi mata pelajaran bahasa Inggris ini bertujuan untuk membantu penyiapan peserta PPG-PGDK dalam mempersiapkan diri menghadapi Uji Pengetahuan (UP) PPG. Bahan ajar ini dikembangkan sebagai media yang dapat digunakan secara mandiri maupun terbimbing.

C. CARA PENGGUNAAN DAN PEMANFAATAN BAHAN PENGAYAAN DAN REMIDIAL

  1. Membaca secara menyeluruh dan cermat maksud dan tujuan pembuatan yang termuat di BAB 1.
  2. Perhatikan secara cermat indikator/ kisi-kisi yang terjelaskan di BAB II. Perhatikan setiap soal yang menjadi contoh dari setiap indikator. Coba kerjakan, serta cocokkan hasilnya dengan kunci jawaban yang tersedia. Pelajari pembahasan yang tertera dari setiap soal/ indikator.
  3. Tulislah hal yang dianggap penting dalam buku catatan dan didiskusikan dengan sejawat, baik isi, penjelasan dan peluang pengembangannya.
  4. Coba kerjakan soal latihan yang ada di BAB III tanpa melihat kunci jawaban.
  5. Cocokan hasil kerjaan dengan kunci jawaban. Jika masih ada kesalahan, cek kembali pemahaman anda dengan pembahasan yang ada di BAB II
  6. Perluas pengetahuan anda dengan mencari soal maupun sumber materi yang lain.

Selengkapnya download di bawah ini

>> Download Materi Bahan Pengayaan dan Remediasi PPG 2019 Bahasa Inggris

Materi Bahan Pengayaan dan Remediasi PPG 2019 Bahasa Indonesia

A. RASIONAL

Pengembangan pedoman Materi Bahan Pengayaan dan Remediasi PPG 2019 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia ini didasarkan pada hasil evaluasi penyelenggaraan PPG PGDK 2018 dalam rangka sertifikasi guru melalui jalur PPG. Hasil evaluasi menunjukkan bah- wa tingkat kelulusan Uji Pengetahuan (UP) Uji Pengetahuan (UP) Uji Kompetensi Maha- siswa Pendidikan Profesi Guru (UKMPPG) peserta PPG-PDGK relatif masih rendah, yaitu dibawah 35%.

>> Download Materi Bahan Pengayaan dan Remediasi PPG 2019 Bahasa Indonesia

Oleh karena itu, perlu adanya suatu cara untuk membekali pengetahuan peserta PPG-PG- DK dan meningkatkan kelulusan sesuai dengan harapan yang telah ditargetkan pemerintah pada program tersebut. Salah satu cara yang dapat ditempuh adalah dengan menggunakan sumber belajar.

Menurut AECT (Association of Education Communication Technology) sumber belajar terdiri atas message, people, materials, device, technique, dan setting. Sumber belajar yang dapat dikembangkan untuk membantu peningkatan pengetahuan dan kelulusan Uji Penge- tahuan (UP) Uji Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (UKMPPG) peserta PPG PDGK 2018 berupa materials. Materials atau bahan yang dimaksud berupa soal-soal dan pembahasannya. Soal-soal yang disusun mengacu pada kisi-kisi Uji Pengetahuan (UP) Uji Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (UKMPPG) tahun 2018 yang dikembang- kan oleh tim penyusun soal UP pusat.

B. TUJUAN PENULISAN

Penulisan Materi Bahan Pengayaan dan Remediasi PPG 2019 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia ini bertujuan untuk membantu penyiapan peserta PPG-PGDK dalam mempersiapkan diri menghadapi Uji Pengetahuan (UP) Uji Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (UKMPPG) PPG. Sumber belajar ini dapat digunakan secara mandiri maupun termbimbing.

C. CARA PENGGUNAAN DAN PEMANFAATAN MATERI BAHAN PENGAYAAN DAN REMEDIASI PPG 2019 BAHASA INDONESIA

  1. Membaca secara menyeluruh dan cermat maksud dan tujuan pembuatan yang termuat di BAB I.
  2. Memperhatikan secara cermat indikator/ kisi-kisi yang terjelaskan di BAB II.
  3. Membaca dan memahami setiap soal yang menjadi contoh dari setiap indikator.
  4. Mencoba untuk mengerjakan setiap soal yang ada, kemudian mencocokkan hasilnya dengan kunci jawaban yang tersedia.
  5. Mempelajari pembahasan yang tertera dari setiap soal/ indikator.
  6. Menuliskan hal yang dianggap penting dalam buku catatan dan mendiskusikannya de- ngan sejawat, baik isi, penjelasan dan peluang pengembangannya.
  7. Mencoba untuk mengerjakan soal latihan yang ada di BAB III tanpa melihat kunci jawaban.
  8. Mencocokkan hasil latihan dengan kunci jawaban. Jika masih ada kesalahan, melihat pembahasan yang ada di BAB II.
  9. Memperluas dan menambah pengetahuan Anda dengan mencari soal maupun sumber materi yang lain.

BAB II KISI-KISI (INDIKATOR ESSENSIAL), CONTOH SOAL, PEMBAHASAN MATERI BAHAN PENGAYAAN DAN REMEDIASI PPG 2019 BAHASA INDONESIA

Berikut ini adalah beragam soal dan pembahasannya. Soal yang disusun mengacu pada kisi-kisi Uji Pengetahuan (UP) Uji Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (UKMPPG) yang digunakan untuk mengukur hasil evaluasi akhir para peserta PPG, baik untuk kompetensi pe- dagogik maupun profesional.

Soal dan pembahasan kompetensi pedagogik disusun untuk menilai dan mengevaluasi kemam- puan peserta dalam (1) merencanakan pembelajaran yang mendidik, (2) merancang penilaian, menilai, dan mengevaluasi pembelajaran dan (3) mengadaptasi dan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

Soal dan pembahasan kompetensi profesional disusun untuk menilai dan mengevaluasi ke- mampuan peserta dalam (1) menguasai materi pelajaran secara luas dan mendalam, (2) me- nguasai dan menemukan konsep, pendekatan, teknik, dan metode ilmu pengetahuan, teknologi, atau seni yang relevan, (3) mengelola informasi, (4) mengadaptasi dan menggunakan teknolo- gi informasi dan komunikasi, (5) menerapkan konsep teoretis materi pelajaran yang diampu, (6) merancang dan melaksanakan penelitian tindakan kelas dan (7) bekerja di bidang keahlian pokok.

>> Download Materi Bahan Pengayaan dan Remediasi PPG 2019 Bahasa Indonesia

Download Materi Bahan Pengayaan dan Remediasi PPG Tahun 2019 Mata Pelajaran (Mapel) Biologi

A. RASIONAL

Indonesia adalah negara besar dengan luas wilayah 1.905 million km², bandingkan dengan Jepang yang hanya 377,972 km², Malaysia, 330,803 km². tersebar di 17.503 pulau sesuai data dari Pusat Survei dan Pemetaan ABRI (Pussurta ABRI) (1987) dan 5.707 di antaranya telah memiliki nama. Sesuai Pembukaan UUD 1945, tugas negara adalah mencerdaskan kehidupan bangsa. Untuk mewujudkan itu tidak boleh tidak guru harus berada di sana, di setiap pulau Indonesia yang berpenghuni yang dikenal dengan daerah khusus. Pemerintah harus mengangkat guru-guru sebagai ujung tombak memberi keadilan kepada warga negara.

=>> Download Materi Bahan Pengayaan dan Remediasi PPG Tahun 2019 Mata Pelajaran (Mapel) Biologi

Sayang sekali untuk memenuhi misi tersebut tidak mudah menemukan orang-orang yang secara tulus ikhlas mau mengabdi di garis depan tersebut karena berbagai alasan. Jalan yang bisa ditempuh adalah mengangkat para “guru” yang sekarang sudah bertugas di tempat tersebut. Meskipun demikian, pengangkatan guru tidak boleh pula melanggar Undang-undang. Guru yang diangkat harus memenuhi kriteria yang dipersyaratkan. Mereka harus telah berkualifikasi sarjana dibutian dengan ijazah S1/D4, memiliki kompetensi Pendidik Profesional ditandai dengan kepemilikan sertifikat pendidik professional, sehat jasmani dan rohani, dan persyaratan lain yang harus dipenuhi sesuai undang-undang. Namun sayang hasil evaluasi penyelenggaraan PPG PGDK 2018 dalam rangka sertifikasi guru melalui PPG, angka tingkat kelulusan peserta khususnya di UP PPG-PDGK relatif masih rendah (dibawah 35%).

Program PPG PGDK telah dilakukan melalui mekanisme scaffolding yang cukup tetapi ternyata hasil yang diperoleh tetap belum memuaskan. Jumlah yang belum lulus masih sangat tinggi. Atas dasar itu masih perlu ada upaya lain yang harus dilakukan untuk membantu mereka, yaitu melalui program remediasi.

Untuk melaksanakan program remediasi, diperlukan bahan ajar remediasi dan pengayaan sebagai sebagai sumber belajar yang diharapkan dapat memudahkan guru (peserta) dalam mengikuti PPG- PGDK. Bahan ajar yang dikembangkan ini telah dikembangkan sedemikian rupa mengacu pada kisi-kisi Uji Pengetahuan (UP).

Lebih jauh Materi Bahan Pengayaan dan Remediasi PPG Tahun 2019 Mata Pelajaran (Mapel) Biologi yang dikembangkan ini memiliki misi yang tidak hanya sekedar membantu para peserta lulus ujian, tetapi membantu memberi mereka bekal akan betul-betul menjadi guru professional yang menguasai secara luas dan mendalam disiplin ilmu yang diajarkannya.

B. TUJUAN PENULISAN

Penulisan Materi Bahan Pengayaan dan Remediasi PPG Tahun 2019 Mata Pelajaran (Mapel) Biologi ini bertujuan untuk membantu penyiapan guru daerah khusus (PGDK) dalam mempersiapkan diri menghadapi Uji Pengetahuan Pendidikan Profesi Guru (UP PPG). Bahan ajar ini dikembangkan sebagai sumber belajar yang dapat digunakan secara mandiri maupun terbimbing.

Untuk mencapai tujuan tersebut, sumber belajar ini terdiri atas Capaian Pembelajaran dan indikator untuk kompetensi pedagogik dan profesional. Untuk setiap indikator dikembangkan minimal sebuah soal dalam bentuk pilihan ganda,dengan 5 (lima) pilihan jawaban, dilengkapi dengan KUNCI JAWABAN dan pembahasan serta ditambah dengan materi pengayaan yang terkait dengan soal atau materi pendukung capaian pembelajaran. Di samping itu terdapat pula sejumlah soal tambahan dengan harapan Anda dapat berlatih lebih intensif untuk dapat menguasai secara luas dan mendalam konten pengetahuan yang mendukung pencapaian kompetensi Anda sebagai guru.

C. CARA PENGGUNAAN DAN PEMANFAATAN MATERI BAHAN PENGAYAAN DAN REMEDIASI PPG TAHUN 2019 MATA PELAJARAN (MAPEL) BIOLOGI

Bahan Remedial dan Pengayaan ini terdiri atas 4 bab. Bab I Pendahuluan berisi cara-cara Anda menggunakan bahan ajar ini. Bab II Berisi Kisi-kisi yang berisi indikator, contoh soal, KUNCI JAWABAN, pembahasan, dan materi pengayaan terkait dengan soal tersebut. Bab III berisi soal- soal latihan tambahan yang relevan dengan capaian pembelajaran dan indikator untuk kompetensi pedagogik dan profesional.

Untuk memahami secara luas dan mendalam bahan ini, lakukan aktivitas sebagai berikut.

  1. Membaca secara menyeluruh dan cermat maksud dan tujuan pembuatan Bahan Remedial dan
    Pengayaan ini, yang termuat di dalam BAB I.
  2. Perhatikan secara cermat indikator/ kisi-kisi yang dijelaskan di dalam BAB II. Perhatikan setiap soal yang menjadi contoh dari setiap indikator. Coba kerjakan, serta cocokkan hasilnya dengan KUNCI JAWABAN yang tersedia. Pelajari pembahasan yang tertera di setiap soal/ indikator.
  3. Tulislah hal-hal yang dianggap penting dalam buku catatan Anda dan diskusikan dengan sejawat, baik isi, penjelasan, dan peluang pengembangannya.
  4. Coba kerjakan soal-soal latihan yang ada di BAB III tanpa melihat KUNCI JAWABAN terlebih dahulu.
  5. Cocokan hasil pekerjaan Anda dengan KUNCI JAWABAN. Jika masih ada kesalahan, cek kembali pemahaman anda dengan pembahasan yang ada di BAB II

Perluas pengetahuan anda dengan mencari soal maupun sumber materi relevan yang lain.

=>> Download Materi Bahan Pengayaan dan Remediasi PPG Tahun 2019 Mata Pelajaran (Mapel) Biologi

Download Materi Bahan Pengayaan dan Remediasi PPG 2019 Ekonomi

Pengembangan pedoman ini didasari hasil evaluasi penyelenggaraan PPG PGDK 2018 dalam rangka sertifikasi guru melalui PPG, hasil evaluasi menunjukkan angka tingkat kelu- lusan peserta khususnya di UP PPG-PDGK relatif masih rendah (dibawah 35%). Untuk itu perlu adanya suatu usaha dalam membekali peserta PPG-PGDK dan meningkatkan tingkat kelulusan sesuai dengan harapan yang telah ditargetkan pada program tersebut. Usaha yang dimaksud perlu adanya bahan ajar remediasi dan pengayaan sebagai sebagai sumber belajar yang memudahkan guru (peserta) dalam mengikuti PPG-PGDK selanjutnya. Bahan ajar yang dikembangkan ini mengacu pada kisi-kisi Uji Pengetahuan (UP) yang telah dikem- bangkan oleh tim penyusun soal UP pusat.

Penulisan Materi Bahan Pengayaan dan Remediasi PPG Tahun 2019 Mata Pelajaran (Mapel) Ekonomi ini bertujuan untuk membantu penyiapan peserta PPG-PGDK dalam mempersiapkan diri menghadapi Uji Pengetahuan (UP) PPG. Bahan ajar ini dikembangkan sebagai media yang dapat digunakan secara mandiri maupun terbimbing.

CARA PENGGUNAAN DAN PEMANFAATAN BAHAN PENGAYAAN DAN REMIDIAL

  1. Membaca secara menyeluruh dan cermat maksud dan tujuan pembuatan yang termuat di BAB 1.
  2. Perhatikan secara cermat indikator/ kisi-kisi yang terjelaskan di BAB II. Perhatikan seti- ap soal yang menjadi contoh dari setiap indikator. Coba kerjakan, serta cocokkan hasil- nya dengan kunci jawaban yang tersedia. Pelajari pembahasan yang tertera dari setiap soal/ indikator.
  3. Tulislah hal yang dianggap penting dalam buku catatan dan didiskusikan dengan se- jawat, baik isi, penjelasan dan peluang pengembangannya.
  4. Coba kerjakan soal latihan yang ada di BAB III tanpa melihat kunci jawaban.
  5. Cocokan hasil kerjaan dengan kunci jawaban. Jika masih ada kesalahan, cek kembali pemahaman anda dengan pembahasan yang ada di BAB II
  6. Perluas pengetahuan anda dengan mencari soal maupun sumber materi yang lain.

Download KISI-KISI (INDIKATOR ESSENSIAL), CONTOH SOAL, PEMBAHASAN

Download Materi Bahan Pengayaan dan Remediasi PPG 2019 Ekonomi

Latihan Soal Pretest PPG dan Kunci Jawaban Beserta Kisi-Kisi

Soal Pretest PPG 2018 ini dilengkapi dengan kunci jawaban yang sudah sesuai dengan kisi-kisi. Untuk mendownload kisi-kisi pretest PPG 2018 silahkan download di tengah artikel. Soal PPG 2018 ini kami dapatkan dari berbagai sumber, dimana soal PPG ini ditujukan bagi guru yang belum memiliki sertifikat pendidik Keahlian pada bidangnya masing-masing.

Adapun soal PPG yang diujikan terdapat 2 model, yaitu kompetensi pedagogik dan profesional yang dibuat dalam bentuk pilihan ganda berjumlah 100 soal. Selanjutnya, bagi yang sudah lulus tahap seleksi peserta PPG, maka berhak untuk ke tahap berikutnya, yakni mengikuti Uji Kelulusan PPG yang rencananya akan menggunkan sistem Ujian Tulis Nasional (UTN).

Latihan Soal Pretest PPG 2018

Kami bagikan secara lengkap Latihan Soal Pretest PPG 2018

Kisi-Kisi Pretest PPG 2018 TK SD SMP SMA SMK

Kisi-Kisi Soal Pretest PPG 2018 Mapel Guru Kelas TK [Download File]
Kisi-Kisi Soal Pretest PPG 2018 Mapel Guru Kelas SD [Download File]
Kisi-Kisi Soal Pretest PPG 2018 Mapel IPA [Download File]
Kisi-Kisi Soal Pretest PPG 2018 Mapel IPS [Download File]
Kisi-Kisi Soal Pretest PPG 2018 Mapel PPKn [Download File]
Kisi-Kisi Soal Pretest PPG 2018 Mapel Bahasa Indonesia [Download File]
Kisi-Kisi Soal Pretest PPG 2018 Mapel Bahasa Inggris [Download File]
Kisi-Kisi Soal Pretest PPG 2018 Mapel Bahasa Jerman [Download File]
Kisi-Kisi Soal Pretest PPG 2018 Mapel Bahasa Perancis [Download File]
Kisi-Kisi Soal Pretest PPG 2018 Mapel Bahasa Arab [Download File]
Kisi-Kisi Soal Pretest PPG 2018Mapel Bahasa Jepang [Download File]
Kisi-Kisi Soal Pretest PPG 2018 Mapel Bahasa Mandarin [Download File]
Kisi-Kisi Soal Pretest PPG 2018 Mapel Matematika [Download File]
Kisi-Kisi Soal Pretest PPG 2018 Mapel Fisika [Download File]
Kisi-Kisi Soal Pretest PPG 2018 Mapel Kimia [Download File]
Kisi-Kisi Soal Pretest PPG 2018 Mapel Biologi [Download File]
Kisi-Kisi Soal Pretest PPG 2018 Mapel Sejarah [Download File]
Kisi-Kisi Soal Pretest PPG 2018 Mapel Geografi [Download File]
Kisi-Kisi Soal Pretest PPG 2018 Mapel Ekonomi [Download File]
Kisi-Kisi Soal Pretest PPG 2018 Mapel Sosiologi [Download File]
Kisi-Kisi Soal Pretest PPG 2018 Mapel Antropologi [Download File]
Kisi-Kisi Soal Pretest PPG 2018 Mapel Seni Budaya [Download File]
Kisi-Kisi Soal Pretest PPG 2018 Mapel PJOK [Download File]
Kisi-Kisi Soal Pretest PPG 2018 Mapel TIK [Download File]
Kisi-Kisi Soal Pretest PPG 2018 Mapel KKPI [Download File]
Kisi-Kisi Soal Pretest PPG 2018 Mapel Teknik Konstruksi Kayu [Download File]
Kisi-Kisi Soal Pretest PPG 2018 Mapel Teknik Konstruksi Batu dan Beton [Download File]
Kisi-Kisi Soal Pretest PPG 2018 Mapel Teknik Gambar Bangunan [Download File]
Kisi-Kisi Soal Pretest PPG 2018 Mapel Teknik Plambing dan Sanitasi [Download File]
Kisi-Kisi Soal Pretest PPG 2018 Mapel Teknik Pembangkit Tenaga Listrik [Download File]
Kisi-Kisi Soal Pretest PPG 2018 Mapel Teknik Pengelasan [Download File]
Kisi-Kisi Soal Pretest PPG 2018 Mapel Teknik Fabrikasi Logam [Download File]
Kisi-Kisi Soal Pretest PPG 2018 Mapel Teknik Pengecoran Logam [Download File]
Kisi-Kisi Soal Pretest PPG 2018 Mapel Teknik Pemesinan [Download File]
Kisi-Kisi Soal Pretest PPG 2018 Mapel Teknik Gambar Mesin [Download File]
Kisi-Kisi Soal Pretest PPG 2018 Mapel Teknik Alat Berat [Download File]
Kisi-Kisi Soal Pretest PPG 2018Mapel Teknik Perbaikan Bodi Otomotif [Download File]
Kisi-Kisi Soal Pretest PPG 2018 Mapel Teknik Ototronik [Download File]
Kisi-Kisi Soal Pretest PPG 2018 Mapel Patiseri [Download File]
Kisi-Kisi Soal Pretest PPG 2018 Mapel Kecantikan Rambut [Download File]
Kisi-Kisi Soal Pretest PPG 2018 Mapel Tata Kecantikan Kulit [Download File]
Kisi-Kisi Soal Pretest PPG 2018 Mapel Agribisnis Ternak Ruminansia [Download File]
Kisi-Kisi Soal Pretest PPG 2018 Mapel Agribisnis Ternak Unggas [Download File]
Kisi-Kisi Soal Pretest PPG 2018 Mapel Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian [Download File]
Kisi-Kisi Soal Pretest PPG 2018 Mapel Desain Produksi Kria Tekstil [Download File]
Kisi-Kisi Soal Pretest PPG 2018 Mapel Desain Produksi Kria Kulit [Download File]
Kisi-Kisi Soal Pretest PPG 2018 Mapel Desain Produksi Kria Keramik [Download File]
Kisi-Kisi Soal Pretest PPG 2018 Mapel Desain Produksi Kria Logam [Download File]
Kisi-Kisi Soal Pretest PPG 2018 Mapel Desai Produksi Kria Kayu [Download File]
Kisi-Kisi Soal Pretest PPG 2018 Mapel Pemeliharaan dan Perbaikan Motor dan Rangka Pesawat [Download File]
Kisi-Kisi Soal Pretest PPG 2018 Mapel Perbaikan dan Pemeliharaan Instrumen Elektornika Pesawat Udara [Download File]
Kisi-Kisi Soal Pretest PPG 2018 Mapel Teknik Instalasi Pemesinan Kapal [Download File]
Kisi-Kisi Soal Pretest PPG 2018 Mapel Kelistrikan Kapal [Download File]
Kisi-Kisi Soal Pretest PPG 2018 Mapel Teknik Gambar Rancang Bangun Kapal [Download File]
Kisi-Kisi Soal Pretest PPG 2018 Mapel Teknik Pembuatan Kain [Download File]
Kisi-Kisi Soal Pretest PPG 2018 Mapel Persiapan Grafika [Download File]
Kisi-Kisi Soal Pretest PPG 2018 Mapel Geologi Pertambangan [Download File]
Kisi-Kisi Soal Pretest PPG 2018 Mapel Kimia Industri [Download File]
Kisi-Kisi Soal Pretest PPG 2018 Mapel Kimia Analisis [Download File]
Kisi-Kisi Soal Pretest PPG 2018Mapel Nautika Kapal Niaga [Download File]
Kisi-Kisi Soal Pretest PPG 2018 Mapel Teknika Kapal Niaga [Download File]
Kisi-Kisi Soal Pretest PPG 2018 Mapel Nautika Kapal Penangkap Ikan [Download File]
Kisi-Kisi Soal Pretest PPG 2018 Mapel Teknika Kapal Penangkap Ikan [Download File]
Kisi-Kisi Soal Pretest PPG 2018 Mapel Rekayara Perangkat Lunak [Download File]
Kisi-Kisi Soal Pretest PPG 2018 Mapel Teknik Komputer dan Jaringan [Download File]
Kisi-Kisi Soal Pretest PPG 2018 Mapel Multimedia [Download File]
Kisi-Kisi Soal Pretest PPG 2018 Mapel Teknik Audio Video [Download File]
Kisi-Kisi Soal Pretest PPG 2018 Mapel Teknik Elektronika Industri [Download File]
Kisi-Kisi Soal Pretest PPG 2018 Mapel Teknik Pendingin dan Tata Udara [Download File]
Kisi-Kisi Soal Pretest PPG 2018 Mapel Administrasi Perkantoran [Download File]
Kisi-Kisi Soal Pretest PPG 2018 Mapel Akuntansi [Download File]
Kisi-Kisi Soal Pretest PPG 2018 Mapel Perbankan [Download File]
Kisi-Kisi Soal Pretest PPG 2018 Mapel Akomodasi Perhotelan [Download File]
Kisi-Kisi Soal Pretest PPG 2018 Mapel Agribisnis Tanaman Pangan dan Holtikultura [Download File]
Kisi-Kisi Soal Pretest PPG 2018 Mapel Agribisis Tanaman Perkebunan [Download File]
Kisi-Kisi Soal Pretest PPG 2018 Mapel Animasi [Download File]
Kisi-Kisi Soal Pretest PPG 2018 Mapel Seni Musik Klasik [Download File]
Kisi-Kisi Soal Pretest PPG 2018 Mapel Seni Musik Non Klasik [Download File]
Kisi-Kisi Soal Pretest PPG 2018 Mapel Seni Tari [Download File]
Kisi-Kisi Soal Pretest PPG 2018 Mapel Seni Karawitan [Download File]
Kisi-Kisi Soal Pretest PPG 2018 Mapel Seni Pedalangan [Download File]
Kisi-Kisi Soal Pretest PPG 2018Mapel Keperawatan [Download File]
Kisi-Kisi Soal Pretest PPG 2018 Mapel Keperawatan Gigi [Download File]
Kisi-Kisi Soal Pretest PPG 2018Mapel Analis Kesehatan [Download File]
Kisi-Kisi Soal Pretest PPG 2018 Mapel Farmasi [Download File]
Kisi-Kisi Soal Pretest PPG 2018 Mapel Teknik Kendaraan Ringan [Download File]
Kisi-Kisi Soal Pretest PPG 2018 Mapel Teknik Sepeda Motor [Download File]
Kisi-Kisi Soal Pretest PPG 2018 Mapel Teknik Penyempurnaan Kain [Download File]
Kisi-Kisi Soal Pretest PPG 2018 Mapel Teknik Pelayanan Produksi [Download File]
Kisi-Kisi Soal Pretest PPG 2018 Mapel Teknik Mekatronika [Download File]
Kisi-Kisi Soal Pretest PPG 2018 Mapel Teknik Transmisi Komunikasi [Download File]
Kisi-Kisi Soal Pretest PPG 2018 Mapel Farmasi Industri [Download File]
Kisi-Kisi Soal Pretest PPG 2018 Mapel Seni Lukis [Download File]
Kisi-Kisi Soal Pretest PPG 2018 Mapel Desain Komunikasi Visual [Download File]
Kisi-Kisi Soal Pretest PPG 2018 Mapel Usaha Perjalanan Wisata [Download File]
Kisi-Kisi Soal Pretest PPG 2018 Mapel Jasa Boga [Download File]
Kisi-Kisi Soal Pretest PPG 2018 Mapel Agribisnis Aneka Ternak [Download File]
Kisi-Kisi Soal Pretest PPG 2018 Mapel Kesehatan Hewan [Download File]
Kisi-Kisi Soal Pretest PPG 2018 Mapel Pemasaran [Download File]
Kisi-Kisi Soal Pretest PPG 2018 Mapel Teknik Furnitur [Download File]
Kisi-Kisi Soal Pretest PPG 2018 Mapel Teknik Otomasi Industri [Download File]
Kisi-Kisi Soal Pretest PPG 2018 Mapel Geomatika [Download File]
Kisi-Kisi Soal Pretest PPG 2018 Mapel Teknik Jaringan Tenaga Listrik [Download File]
Kisi-Kisi Soal Pretest PPG 2018 Mapel Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik [Download File]
Kisi-Kisi Soal Pretest PPG 2018 Mapel Teknik Perawatan Mekanik Industri [Download File]
Kisi-Kisi Soal Pretest PPG 2018 Mapel Teknik Pengeboran Minyak dan Gas [Download File]
Kisi-Kisi Soal Pretest PPG 2018 Mapel Elektronika Komunikasi [Download File]
Kisi-Kisi Soal Pretest PPG 2018 Mapel Teknik Produksi dan Penyiaran Program Radio dan TV [Download File]
Kisi-Kisi Soal Pretest PPG 2018 Mapel Pekerjaan Sosial [Download File]
Kisi-Kisi Soal Pretest PPG 2018 Mapel Agribisnis Pembenihan dan Kultur Jaringan Tanaman [Download File]
Kisi-Kisi Soal Pretest PPG 2018 Mapel Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan [Download File]
Kisi-Kisi Soal Pretest PPG 2018 Mapel Pengawasan Mutu Hasil Perikanan dan Pertanian [Download File]
Kisi-Kisi Soal Pretest PPG 2018 Mapel Alat Mesin Pertanian [Download File]
Kisi-Kisi Soal Pretest PPG 2018 Mapel Tehnik Tanah dan Air [Download File]
Kisi-Kisi Soal Pretest PPG 2018 Mapel Teknik Inventarisasi dan Pemetaan Hutan [Download File]
Kisi-Kisi Soal Pretest PPG 2018 Mapel Teknik Rehabilitasi dan Reklamasi Hutan [Download File]
Kisi-Kisi Soal Pretest PPG 2018 Mapel Teknik Produksi Hasil Hutan [Download File]
Kisi-Kisi Soal Pretest PPG 2018 Mapel Budidaya Perikanan [Download File]
Kisi-Kisi Soal Pretest PPG 2018 Mapel Budidaya Rumput Laut [Download File]
Kisi-Kisi Soal Pretest PPG 2018 Mapel Perbankan Syariah [Download File]
Kisi-Kisi Soal Pretest PPG 2018 Mapel Tata Busana [Download File]
Kisi-Kisi Soal Pretest PPG 2018 Mapel Desain Interior [Download File]
Kisi-Kisi Soal Pretest PPG 2018 Mapel Bahasa Jawa [Download File]
Kisi-Kisi Soal Pretest PPG 2018 Mapel Bahasa Madura [Download File]
Kisi-Kisi Soal Pretest PPG 2018 Mapel Bahasa Sunda [Download File]
Kisi-Kisi Soal Pretest PPG 2018 Mapel Bahasa Bali [Download File]
Kisi-Kisi Soal Pretest PPG 2018 Mapel Pendidikan Luar Biasa [Download File]
Kisi-Kisi Soal Pretest PPG 2018 Mapel Bimbingan dan Konseling [Download File]

BACA :

 

Jadwal Pretest PPG 2018 Silahkan lihat disini [Jadwal Pretest PPG 2018]
Sebelumnya pastikan dulu bahwa Anda sudah masuk dalam nominasi peserta diklat PPG, cara dengan login ke layanan SIM PKB. [Panduan Login SIM PKB]

 

Download Soal Latihan PPG Latihan Pretest

Pada postingan lalu, kami telah membahas bagaimana cara daftar menjadi peserta PPG 2018. Peserta PPG didaftarkan melalui SIM PKB yang telah terintegrasi dengan dapodik, sehingga benar dapodik merupakan pintu utama dalam pengelolaan data sekolah yang valid. Silahkan anda login ke layanan SIM PKB, dan jika sudah memenuhi persyaratan maka secara otomatis akan mendapatkan undangan PPG 2018.

Jadi, Diklat PPG ini dirancang secara sistematis dari proses seleksi, pembelajaran dan penilaian sampai dengan tahap uji kompetensi, sehingga outpunya adalah dapat menghasilkan guru-guru yang profesional, unggul, kompetitif dan berkarakter. Adapun jenis penyelenggaraannya PPG Bersubsidi dan PPG Swadana.

Kembali ke topik..

Sebagai persiapan Ujian Seleksi PPG 018 bagi guru TK, SD,
SMP, SMA & SMK, pada kesempatan ini admin akan membagikan contoh soal Pretest PPG ( Soal Tes PPG) yang sudah disesuaikan dengan kisi-kisi agar siap dalam menghadapi UTN PPG PGSD yang sudah dilengkapi dengan kunci jawaban.

Download Soal Pretest PPG 2018

 

Contoh Soal PPG 2018 dan Kunci Jawaban

1. Berikut ini adalah Karakteristik Anak Usia SD dari segi Mental, yaitu….
A. Anak sudah memiliki gerakan yang bebas dan aman. Hal ini berguna untuk melakukan berbagai gerakan motorik kasar (jasmani) seperti memanjat, berlari dan menaiki tangga.
B. Anak dapat menunjukkan kreativitasnya dalam membentuk sesatu karya tertentu
C. Anak mulai tidak suka terikat dengan orang dewasa
D. Anak menunjukkan tenggang rasa dan penghargaan terhadap teman

2. Berikut ini adalah Karakteristik Anak Usia SD dari segi Psikomotorik, yaitu….
A. Anak sudah dapat memakai pakaian dengan rapi
B. Anak dapat menciptakan sesiatu bentuk/benda dengan menggunakan alat
C. Anak sudah mulai memahami beberapa konsep abstrak seperti menghitung tanpa menggunakan benda
D. Anak menunjukkan kepedulian terhadap orang lain

3. Berikut ini adalah Karakteristik Anak Usia SD dari segi Emosionalitas, yaitu…
A. Anak menunjukkan keceriaan dalam berbagai aktivitas bersama kelompok teman sebayanya
B. Anak dapat memperlihatkan insiatif dan alternative untuk memecahkan masalah-masalah tertentu
C. Anak sudah mulai memahami beberapa konsep abstrak seperti menghitung tanpa menggunakan benda
D. Anak dapat menampilkan sifat ingin tahu

4. Tahapan proses belajar membaca bagi siswa sekolah dasar kelas awal biasanya menggunakan metode membaca….
A. Ejaan per ejaan
B. Skimming
C. Permulaan
D. Cepat

5. Dalam pembelajaran membaca permulaan, ada beberapa metode yang dapat digunakan, kecuali ….
A. metode kupas rangkai suku kata
B. metode kata lembaga
C. metode SAS
D. metode eja

6. Berikut diberikan studi kasus :
Mula-mula diberikan kalimat secara keseluruhan. Kalimat itu diuraikan atas kata-kata yang mendukungnya. Dari kata-kata itu kita ceraikan atas suku-suku katanya dan akhirnya atas huruf-hurufnya. Kemidian huruf-huruf itu kita sintetiskan kembali menjadi suku kata, suku kata menjadi kata dan kata menjadi kalimat.

Berdasarkan studi kasus , metode membaca permulaan yang tepat digunakan adalah ….
A. Metode Alfabet
B. Metode Suku Kata
C. Metode SAS
D. Metode Cerita

7. Kelebihan membaca permulaan adalah sebagai berikut ….
A. Mempunyai nilai strategis bagi pengembangan kepribadian dan kemampuan siswa.
B. Meningkatkan nilai siswa dalam pelajaran Bahasa Indonesia
C. Meningkatkan kemandirian siswa dalam membaca
D. Mempermudah menghafal kata-kata

8. Model pembelajaran menulis cerita/cerpen di SD meliputi hal-hal berikut, kecuali …
A. Menceritakan gambar
B. Melanjutkan cerita
C. Menceritakan pengalaman
D. Mendeskripsikan cerita

9. Berikut adalah kegiatan menulis lanjutan di kelas tinggi, kecuali….
A. menulis tentang berbagai topik
B. menulis pengumuman
C. menulis pantun
D. menulis memo
10. Membaca yang mengutamakan isi bacaan sebagai ungkapan pikiran, perasaan, dan kehendak penulis. Bila hanya ingin mengetahui isinya, membaca cerdas bersifat lugas. Akan tetapi, bial maksudnya untuk memahami dan memilki isi bacaan, maka tergolong kedalam membaca jenis ….
A. Membaca cerdas atau membaca dalam hati
B. Membaca bahasa
C. Membaca teknis
D. Membaca bebas

Latihan Soal Pretest PPG 2018 SD Kelas Atas beserta Jawaban

1. Berikut ini adalah Karakteristik Anak Usia SD dari segi Mental, yaitu….
A. Anak sudah memiliki gerakan yang bebas dan aman. Hal ini berguna untuk melakukan berbagai gerakan motorik kasar (jasmani) seperti memanjat, berlari dan menaiki tangga.
B. Anak dapat menunjukkan kreativitasnya dalam membentuk sesatu karya tertentu
C. Anak mulai tidak suka terikat dengan orang dewasa

D. Anak menunjukkan tenggang rasa dan penghargaan terhadap teman

2. Berikut ini adalah Karakteristik Anak Usia SD dari segi Psikomotorik, yaitu….
A. Anak sudah dapat memakai pakaian dengan rapi
B. Anak dapat menciptakan sesiatu bentuk/benda dengan menggunakan alat
C. Anak sudah mulai memahami beberapa konsep abstrak seperti menghitung tanpa menggunakan benda
D. Anak menunjukkan kepedulian terhadap orang lain

3. Berikut ini adalah Karakteristik Anak Usia SD dari segi Emosionalitas, yaitu…
A. Anak menunjukkan keceriaan dalam berbagai aktivitas bersama kelompok teman sebayanya
B. Anak dapat memperlihatkan insiatif dan alternative untuk memecahkan masalah-masalah tertentu
C. Anak sudah mulai memahami beberapa konsep abstrak seperti menghitung tanpa menggunakan benda
D. Anak dapat menampilkan sifat ingin tahu

4. Tahapan proses belajar membaca bagi siswa sekolah dasar kelas awal biasanya menggunakan metode membaca….
A. Ejaan per ejaan
B. Skimming
C. Permulaan
D. Cepat

5. Dalam pembelajaran membaca permulaan, ada beberapa metode yang dapat digunakan, kecuali ….
A. metode kupas rangkai suku kata
B. metode kata lembaga
C. metode SAS
D. metode eja

Demikian, semoga Latihan Soal Pretest PPG 2018 dan Kunci Jawaban Beserta Kisi-Kisi ini bermanfaat bagi siapa saja yang membutuhkan.

PPG 2018, Download Kisi-Kisi Soal Pretest Disini

PPG 2018 sebentar lagi akan dilaksanakan secara bertahap. Bagi yang belum mendapatkan jadwal, silahkan cek Jadwal Ujian Seleksi PPG 2018 Tahap II. Jika kita tengok ke belakang, di tahun 2016 Pemerintah melalui Kemendikbud telah menerapkan Ujian Tulis Negara (UTN) untuk menentukan kelulusan Sertifikasi Guru (PLPG) yang sekarang dikenal dengan istilah PPG. Sementara di tahun 2017, telah diterapkan Pretest PKB untuk menentukan modul yang akan diikuti dalam pelaksanaan Diklat PKB. Ini juga untuk menerapkan Pretest PPG sebagai dasar daftar peserta PPG tahun 2018.
Sebenarnya Bapak/ibu dapat mendownload Kisi-Kisi Pretest PPG di dalam akun SIM PKB. Karena pada akun tersebut lah awal mula pendaftaran PPG 2018. Namun, untuk menambah referensi, pada kesempatan ini admin akan membagikan kisi-kisi soal pretest tersebut agar rekan-rekan dapat mempersiapkan ujian PPG dengan baik. Memang, cakupan materi PPG cukup luas, sehingga rekan-rekan dituntut untuk memperlajari secara cermat. Di bagian bawah artikel, Anda akan menemukan link download kisi-kisi yang kami maksud.
Yang terbaru dari Kisi-Kisi Pretest PPG Dalam Jabatan 2018 adalah isinya yang lebih rinci sesuai dengan bidang yang akan diuji, yakni kisi-kisi sudah terkait Sub Tes Penjaringan Bakat dan Minat, Kisi-Kisi Sub Tes Potensi Akademik, Kisi-Kisi Sub Tes Pedagogik, dan Kisi-Kisi Sub Tes Profesional yang disesuaikan dengan mapel yang dipilih.

Download Kisi-Kisi Soal Pretest PPG 2018 PDF

Juknis Pembayaran TPG Madrasah 2018 KEMENAG PDF

Kabar baik bagi Bapak/Ibu sekalian guru yang berada di naungan Kemenag, karena juknis Pembayaran TPG telah keluar. Hal ini merupakan salah satu alasan untuk meningkatkan kinerja, motivasi, kompetensi dan profesionalisme guru
dalam menjalankan tugasnya sebagai tenaga pendidik yang berkualitas. Adapun keputusan ini ditetapkan di Jakarta pada tanggal 29 Desember 2017.
Download Juknis Pembayaran TPG = DOWNLOAD FILE
Selanjutnya di dalam juknis ini dapat diketahui besaran tunjangan, sumber dana, penerima tunjangan, prosedur pembayaran dan waktu pembaran tunjangan.
Ada beberapa poin penting dalam juknis TPG madrasah 2018, silahkan simak informasi berikut atau download disini 
Juknis Pembayaran TPG Madrasah 2018 KEMENAG PDF
Tujuan
Petunjuk teknis disusun sebagai pedoman dalam melaksanakan penyaluran TPG guru madrasah bagi stakeholder terkait meliputi Direktorat Jendral Pendidikan Islam, Inspektorat Jendral Kementrian Agama, Kantor Wilayah Kementrian Agama Provinsi/Kabupaten/Kota, Pengawas dan Guru.

Tujuan dari pemberian TPG bagi guru dilingkungan madrasah adalah untuk meningkatkan:
  • Kualitas kegiatan belajar mengajar dan prestasi belajar peserta dalam pendidikan madrasah.
  • Kinerja dan kompetensi Guru dalam melaksanakan tugasnya.
  • Kesejahteraan untuk Guru madrasah.
  • Profesional, tanggung jawab, amanah dan berintregritas.
Sasaran
Sasaran guru penerima tunjangan adalah Guru yang berstatus PNS dan bukan PNS yang bertugas pada madrasah Negeri dan/atau madrasah yang diselenggarakan oleh yayasan atau masyarakat, memiliki sertifikat pendidik NRG, memenuhi beban kerja dalam pendidikan dan menjalankan tugas serta fungsi pokoknya sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Besaran TPG

Guru madrasah yang berhak menerima tunjangan profesi adalah sudah ditetapkan oleh KPA pada satuan kerja kantor Kementrian Agama. Untuk besaran TPG tahun anggaran 2018 yaitu:
  • Guru PNS sebesar gaji pokok perbulan.
  • Guru non PNS yang sudah memiliki SK inpassing sebesar satu kali gaji pokok dan disesuaikan dengan pangkat dan golongan.yang ada pada guru PNS untuk pemberiannya dalam waktu per bulan.
  • Bagi Guru bukan PNS dan belum inpassing sebesar satu juta lima ratus (Rp. 1.500.000,00) per bulan.

Prosedur Pembayaran
  • Pembayaran untuk tunjangan profesi dilaksanakan oleh pada masing-masing SATKER (Satuan Kerja) yang terkait.
  • Verifikasi terhadap kelengkapan usulan berkas sertifikasi guru yang dilakukan oleh kepala kantor Kementrian Agama dan kepala madrasah negeri dengan acuan pada kreteria dan persyaratan yang terdapat dalam Juknis.
  • Apabila terdapat kekurangan atau tunggakan pembayaran pada tahun sebelumnya maka pembayan akan diberikan sepanjang pagu DIPA tanpa adanya revisi DIPA untuk tahun berjalan.
Demikian, semoga Juknis Pembayaran TPG Madrasah 2018 KEMENAG dapat digunakan dengan sbaik-baiknya.

Soal PPG 2017 dan Kunci Jawaban Lengkap

Kami update kembali Soal PPG 2017 dan Kunci Jawaban Lengkap sebagai materi persiapan sebelum dilaksanakannya PPG mendatang. Sengaja kami share lebih awal agar kawan-kawan dapat terbantu dengan adanya latihan soal PPG 2017 sesuai kisi-kisi ini.
Mempelajari Kisi-Kisi PPG 2017 juga penting, karena sebagai gambaran mengenai soal yang akan muncul di Ujian Tulis Nasional (UTN) mendatang.
Sedikit bercerita tentang asal mula ide posting artikel ini ya Bapak/Ibu sekalian. Kebetulan sebelum admin ingin share tentang soal UTN PLPG ini, admin diminta oleh salah satu rekan guru untuk mencari contoh Soal UTN PLPG 2017 Kompetensi Pedagodik lengkap dengan pembahasannya. 
Nah, sambil nyelam minum air, itung-itung buat share ke teman-teman juga hasil pencarian tersebut admin share di blog ini. Semoga bermanfaat..hehe

Soal PPG 2017 dan Kunci Jawaban Lengkap

Download Soal PPG 2017 Beserta Kunci Jawaban

  • Download Contoh Soal Pretest PPGJ dan Kunci Jawaban 1 [Download File]
  • Download Contoh Soal Pretest PPGJ 2 dan Kunci Jawaban 2 [Download File]
  • Download Contoh Soal Pretest PPGJ  Kunci Jawaban 3 [Download File]
  • Download Contoh Suplemen soal PLPG Plus Kunci Jawaban [Download File]

Untuk versi lengkapnya dapat mengunjungi halaman ini : Soal Pretest PPGJ 2018 Plus Kunci Jawaban

 

Soal UTN PLPG 2017 Kompetensi Pedagogik dan Pembahasannya

Bapak Ibu sekalian, pada dasarnya Ujian Tulis Nasional (UTN) PLPG 2017 perlu dipersiapkan dengan baik agar hasil yang diperoleh maksimal. Adapun soal-soal UTN PLPG 2017 ini bisa dijadikan bahan belajar bagi guru untuk mata pelajaran apa saja, baik tingkat TK, SD, SMP, SMA maupun SMK. 
Kenapa demikian? Karena pada dasarnya kompetensi pedagogik memiliki peran yang sama pada setiap materi semua jenjang sekolah.
Untuk Soal UTN PLPG 2017 format Word dapat didownload disini (125 soal) –> [Download File]
Berikut ini adalah pembagian jenis soal yang dapat rekan-rekan pelajari untuk persiapan UTN PLPG 2017 :
1.      Soal
UTN 2017 Perkembangan Kognitif dan Moral Peserta Didik DI SINI 

2.      Pembahasan
Soal Perkembangan Moral Peserta Didik  DISINI

3.      Pembahasan
Soal Perkembangan Kognitif Peserta Didik DI SINI

4.      Soal
UTN 2017 Kesulitan Belajar Siswa DI SINI

5.      Pembahasan
Soal Kesulitan Belajar Siswa DI SINI

6.      Pembahasan
Soal Karakteristik Peserta Didik DI SINI

7.      Soal
UTN  2017 Teori Belajar Paket 1 DI SINI

8.      Soal
UTN 2017 Teori Belajar Paket 2 DI SINI

9.      Pembahasan
Soal Teori Belajar (2) DI SINI

10.  Soal
Kompetensi Pedagogik Prinsip-Prinsip Pembelajaran DI SINI

11.  Pembahasan
Soal Prinsip-Prinsip Belajar DI SINI

12.  Soal
UTN 2017 Prinsip Pengembangan Kurikulum DI SINI

13.  Pembahasan
Soal Landasan dan Prinsip Pengembangan Kurikulum DI SINI

14.  Soal
UTN 2017 Mengembangkan Kurikulum yang Terkait dengan Mata Pelajaran yang Diampu
DI SINI
      Pembahasan Soal Pengertian, Fungsi, dan Peranan Kurikulum DI SINI

15.  Soal
UTN 2017 Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran DI SINI

16.  Pembahasan
Soal  Pendekatan, Strategi, Metode, dan
Teknik Pembelajaran DI SINI

17.  Soal
UTN 2017 Media dan TIK dalam Pembelajaran DI SINI

18.  Pembahasan
Soal Media Pembelajaran DI SINI

19.  Soal
UTN 2017 Model Pembelajaran Paket 1 DI SINI

20.  Soal
UTN 2017 Model Pembelajaran Paket 2 DI SINI

21.  Soal
UTN 2017 Berkomunikasi Secara Efektif DI SINI

22.  Soal
UTN 2017 Tujuan, Fungsi, dan Prinsip Penilaian DI SINI

23.  Pembahasan
Soal Tujuan, Fungsi, dan Prinsip Penilaian DI SINI

24.  Soal
UTN 2017 Pengertian Evaluasi, Pengukuran, Tes, dan Penilaian DI SINI

25.  Pembahasan
Soal Pengertian Evaluasi, Pengukuran, Tes, dan Penilaian DI SINI

26.  Soal
UTN 2017 KKM DI SINI

27.  Pembahasan
Soal Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) DI SINI

28.  Soal
UTN 2017  Penilaian DI SINI

29.  Pembahasan
Soal Teknik Penilaian DI SINI

30.  Soal
UTN 2017 Program Remedial dan Pengayaan (3/4/2017) DI SINI

31.  Pembahasan
Soal Pembelajaran Pengayaan DI SINI

32.  Pembahasan
Soal Program Remedial DI SINI

33.  Soal
UTN 2017 PTK Paket 1 DI SINI

34.  Soal
UTN 2017 Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Paket 2 DI SINI

35.  Pembahasan
Soal Desain Penelitian Tindakan Kelas DI SINI

36.  Pembahasan
Soal Tahap Pelaksanaan PTK DI SINI

37.  Pembahasan
Soal Proposal PTK DI SINI

38.  Pembahasan
Soal Laporan PTK DI SINI

39.  Soal
UTN 2017 Refleksi Pembelajaran DI SINI

40.  Pembahasan
Soal Refleksi Pembelajaran DI SINI

41. Model Pembelajaran Penemuan ( Discovery Learning) DI SINI

42. Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) DI SINI

43. Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) DI SINI

44. Pembelajaran dengan Pendekatan Saintifik (5M) DI SINI

45. SOAL PENDEKATAN PENILAIAN BACA DI SINI

46.  SOAL PENILAIAN SIKAP, PENGETAHUAN, DAN KETERAMPILAN BACA DI SINI

SOAL KOMPETENSI PROFESIONAL BAHASA INDONESIA BACA DI SINI

Demikianlah share mengenai Soal PPG 2017 dan Kunci Jawaban Lengkap, semoga bermanfaat.

sumber : http://zuhriindonesia.blogspot.co.id/2017/04/soal-utn-2017-dan-pembahasan-kompetensi.html

Login SIP JABFUNG Penyetaraan GBPNS di http://223.27.144.205:9091/

Login SIP JABFUNG Penyetaraan GBPNS – Sistem Informasi Penyetaraan Jabatan Fungsional Guru Bukan PNS (SIP JABFUNG GBPNS) merupakan sebuah aplikasi berbasis web yang digunakan sebagai percepatan pemberitan informasi proses penyeteraan kepada Guru Bukan PNS yang sebelumnya dikenal dengan istilah Inpassing.
Halaman SIP JABFUNG GBPNS dapat Anda diakses melalui halaman http://223.27.144.205:9091/ dengan NUPTK dan tanggal lahir sebagai username dan pssword login.

Login SIP JABFUNG Penyetaraan GBPNS di http://223.27.144.205:9091/
Halaman Login SIP JABFUNG Penyetaraan GBPNS

Apa saja informasi yang diberikan pada halaman SIP JABFUNG GBPNS 2017?

Antara lain Anda dapat melihat informasi dan status berkas penyetaraan GBPNS, Identitas Guru, Status
PAK, konfirmasi PAK dan SK Jabfung dari guru yang telah memenuhi
persyaratan, serta alasan penolakan bagi guru yang belum memenuhi
persyaratan. Disamping itu, aplikasi ini berfungsi juga untuk melakukan evaluasi
kinerja dari guru yang bersangkutan berupa menu pengisian kuesioner. 
Bagi dinas, aplikasi ini berguna untuk memberikan informasi rekap penyetaraan guru-guru bukan PNS sesuai dengan wilayah masing-masing.
Jadi, pada dasarnya penyeteraan GBPNS ini ditujukan bagi guru Non PNS yang telah memiliki NUPTK dan NRG.

Login SIP JABFUNG Penyetaraan GBPNS

Untuk login ke halaman SIP JABFUN GBPNS 2017, Anda dapat mengunjungi halaman http://223.27.144.205:9091/.

Sebelumnya, mari kita simak informasi penting terkait dengan Mekanisme Penyetaraan Guru Bukan PNS (GBPNS) Tahun 2017


1. Pemberkasan Ulang
Pada halaman informasi disebutkan bahwa bagi para guru bukan PNS yang usulan berkasnya terdapat kekurangan maka
harus mengirimkan kembali 1 set usulan berkas lengkap dan melampirkan
“LEMBAR KENDALI USULAN PEMBERIAN KESETARAAN GBPNS”. Lembar kendali
tersebut dapat dicetak dengan cara klik menu download kelengakapan
berkas.
>> Download Lampiran Pemberkasan Ulang

2. Mekanisme dan Prosedur Pemberian Kesetaraan GBPNS yang Baru
Untuk mekanisme pemberian kesetaraan yang terdiri dari persyaratan yang diperlukan dalam proses pengajuan kesetaraan dan juga prosedur pelaksanaan kesetaraan bagi guru bukan Pegawai Negeri Sipil dapat didownload disini.
>> Download Lampiran Mekanisme dan Prosedur GBPNS Terbaru

3. Permendikbud No.12 Tahun 2016
Perubahan atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 28 Tahun 2014 tentang Pemberian Kesetaraan Jabatan dan Pangkat bagi Guru Bukan Pegawai Negeri Sipil.
>> Download Permendikbud No.12 Tahun 2016
>> Download Lampiran Permendikbud N0. 12 Tahun 2016

4. Surat Edaran SIP Jabatan Fungsional GBPNS
Dalam rangka Peningkatan Pelayanan Proses Penyetaraan Jabatan Fungsional Guru Bukan PNS Guru Pendidikan Menengah, dengan hormat Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Menengah, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan melalui Subdit Penilaian Kinerja dan Pengembangan Karir telah menyiapkan Sistem Informasi Penyetaraan Jabatan Fungsional Guru Bukan PNS (SIP Jabfung GBPNS) Pendidikan Menengah.
>> Download surat edaran disini

Mekanisme Penyetaraan Guru Bukan PNS

Bapak/Ibu sekalian, pada halaman website SIP JABFUNG, disebutkan mengenai mekanisme penyeteraan Guru Bukan PNS 2017. Berikut ini adalah mekanisme penyeteraan tersebut :

1. Melampirkan surat pengantar Kepala Sekolah pada setiap berkasusulan per individu guru;


2. Melampirkan biodata (format 5);

3. Khusus bagi GBPNS SD/SDLB/SMP/SMPLB/SLB, melampirkan hasilcetak lembar transkrip data (LTD)/info PTK berdasarkanDapodikdas semester terakhir pada saat mengusulkan;

4.  Fotokopi Surat Keputusan (SK) pengangkatan sebagai guru tetapyang ditandatangani oleh:
a.  Gubernur/bupati/walikota sebagai pejabat pembina
b.  Ketua yayasan bagi GBPNS yang bertugas pada satuan
c.  Gubernur/bupati/walikota sebagai pejabat pembina
d. Kepala Perwakilan Republik Indonesia di luar negeri/pejabat kepegawaian lain yang ditunjuk/diberi kewenangan oleh gubernur/bupati/walikota bagi guru yang bertugas di satuan pendidikan yang diselenggarakan oleh pemerintah atau pemerintah daerah dan dilegalisasi dengan stempel basah oleh dinas pendidikan kabupaten/kota/provinsi, pendidikan atau penyelenggara pendidikan yang diselenggarakan oleh masyarakat dan dilegalisasi dengan stempel basah oleh yayasan dan dinas pendidikan kabupaten/kota/provinsi,yang membidangi pendidikan pada Perwakilan Republik Indonesia di luar negeri, bagi GBPNS yang bertugas pada satuan pendidikan yang diselenggarakan Perwakilan Republik Indonesia di luar negeri dan dilegalisasi dengan stempel basah oleh pejabat yang berwenang di Perwakilan setempat.

5. Fotokopi Surat Keputusan dari kepala sekolah mengenai Pembagian Tugas Mengajar selama menjadi guru tetap 4 semester terakhir (dilengkapi rincian jadwal mengajar bagi guru kelas atau mata pelajaran, atau jadwal bimbingan bagi guru BK dan guru TIK/KKPI), baik yang diperoleh dari satminkal ataupundari luar satminkalnya untuk semua guru tetap dan dilegalisasi dengan stempel basah oleh dinas pendidikan provinsi/kabupaten/kota;

6. Fotokopi Surat Keputusan Pengangkatan dalam Tugas Tambahan yang ditandatangani oleh kepala sekolah bagi GBPNS yang mendapatkan tugas tambahan sebagai wakil kepala sekolah/kepala perpustakaan/kepala laboratorium/kepala bengkel/kepala program keahlian/kepala unit produksi padasatuan pendidikan yang diselenggarakan oleh masyarakat; dan oleh ketua yayasan bagi kepala sekolah; dan dilegalisasi dengan stempel basah oleh pihak yang menerbitkan Surat Keputusan.

7. Fotokopi ijazah yang dilegalisasi dengan stempel basah oleh pejabat yang berwenang dari perguruan tinggi penerbit ijazah;

8. Fotokopi sertifikat pendidik yang dilegalisasi dengan stempel basah oleh pejabat yang berwenang dari LPTK penerbit sertifikat;

9. Melampirkan surat keterangan dari kepala sekolah yang menyatakan bahwa guru memiliki kinerja minimal baik selama 2 (dua) tahun berturut-turut di saat pengajuan usulan pemberian kesetaraan pada satminkal terakhir. Berkas usul pemberian kesetaraan jabatan dan pangkat GBPNS yang akan dikirim disusun sesuai dengan urutan abjad di atas. Setiap berkas GBPNS dilengkapi dengan daftar kelengkapan berkas, dengan menggunakan Format-1.

Bagaimana Cara Login SIP JABFUNG Penyetaraan GBPNS ?

Caranya cukup mudah, Anda tinggal kunjungi halaman http://223.27.144.205:9091/ , dan masukan NUPTK beserta tanggal lahir dengan format DDMMYYYY. Klik pada tombol I’m No Robot kemudian klik menu Login.

Cara Login SIP JABFUNG Penyetaraan GBPNS

Setelah berhasil login, maka akan muncul informasi lengkap mengenai proses penyetaraan Jabatan Fungsional Guru bukan PNS.

Demikian informasi mengenai Login SIP JABFUNG Penyetaraan GBPNS di http://223.27.144.205:9091/, semoga bermanfaat.