Program Tahunan (Prota) Mapel PAI SD Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6 Semester 2 Kurikulum KTSP

Posted on
Program Tahunan (Prota) Mapel PAI SD Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6 Semester 2 Kurikulum KTSP – Program tahunan merupakan rencana penetapan alokasi waktu satu tahun untuk mencapai tujuan (SK dan KD) yang telah ditetapkan.Penetapan alokasi waktu diperlukan agar seluruh kompetensi dasar yang ada dalam kurikulum seluruhnya dapat dicapai oleh siswa. Penentuan alokasi waktu ditentukan pada jumlah jam pelajaran sesuai dengan struktur kurikulum yang berlaku serta keluasan materi yang harus dikuasai oleh siswa.
Pada kesempatan ini admin akan membagikan contoh Program Tahunan (Prota) Mapel PAI SD Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6 Semester 2 Kurikulum KTSP yang dapat digunakan sebagai referensi dalam pembuatan Program Tahunan Bapak/Ibu sekalian.
Program Tahunan (Prota) Mapel PAI SD Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6 Semester 2 Kurikulum KTSP
Perlu Bapak/Ibu ketahui juga bahwa Program Tahunan merupakan program umum setiap mata pelajaran untuk setiap kelas, berisi tentang garis-garis besar yang hendak dicapai dalam satu tahun dan dikembangkan oleh guru mata pelajaran yang bersangkutan program ini perlu dipersiapkan dan dikembangkan oleh guru sebelum tahun pelajaran dimulai , karena merupakan pedoman bagi pengembangan program-progran berikutnya, yakni program semester, mingguan dan harian serta pembuatan silabus dan sistem penilaian komponen-komponen program tahunan meliputi identifikasi(satuan pendidikan,mata pelajaran, tahun pelajaran) standart kompetensi , kompetensi dasar , alokasi waktu dan keterangan.

Program Tahunan (Prota) Mapel PAI SD Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6 Semester 2 Kurikulum KTSP

Prosedur Penyusunan Prota :
a)      Menelaah kalender pendidikan, dan ciri khas sekolah/madrasah berdasarkan kebutuhan tingkat satuan pendidikan.
b)      Menandai hari-hari libur, permulaan tahun pelajaran, minggu efektif,belajar, waktu pembelajaran efektif (per minggu). Hari-hari libur meliputi       
1.      Jeda tengah semester          
2.      Jeda antar semester
3.      Libur akhir tahun pelajaran
4.       Hari libur keagaman
5.       Hari libur umum termasuk hari-hari besar nasional
6.      Hari libur khusus
c)      Menghitung jumlah minggu efektif setiap bulan dan semester dalam satu tahun dan memasukkan dalam format matrik yang tersedia.
d)     Medistribusikan alokasi waktu yang disediakan untuk suatu mata pelajaran, pada setiap KD dan topik bahasannya pada minggu efektif, sesuai ruang lingkup cakupan maeri, tingkat kesulitan dan pentingnya materi tersebut, serta mempertimbangkan waktu untuk ulangan serta review materi.

Selengkapnya silahkan unduh Program Tahunan (Prota) Mapel PAI SD Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6 Semester 2 Kurikulum KTSP melalui tautan berikut :

Download File

 

Administrasi PAI lainnya :

Sekian share Program Tahunan (Prota) Mapel PAI SD Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6 Semester 2 Kurikulum KTSP, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *