Pada PP Nomor 19 Tahun 2017, Kepala Sekolah “Tidak Perlu Mengajar” dan Beban Kerja Guru Max 40 Jam

Posted on
Melalui Peraturan Pemerintah (PP) nomor 19 tahun 2017 sebagai perubahan atas PP nomor 74 tahun 2008 dijelaskan terkait perubahan fundamental aturan guru, kepala sekolah dan pengawas sekolah. Dengan diberlakukannya aturan baru ini ada beberapa perubahan yang mendasar terkait kebijkan-kebijakan yang ada dalam PP sebelum dilakukan perubahan.
Apa saja perubahan yang mendasar pada PP nomor 19 tahun 2017 atas PP nomor 74 tahun 2008?
1. Terkait Beban Kerja Guru PNS minimal 24 jam maksimal 40 Jam
2. Terkait Tugas pokok dan Fungsi Kepala Sekolah tidak Perlu mengajar
3. Dalam hal Guru diangkat sebagai pengawas satuan pendidikan, akan diberikan tunjangan profesi pengawas satuan pendidikan dan tidak diberikan Tunjangan Profesi. Pemindahan Guru yang diangkat oleh Pemerintah Pusat atau Pemerintah Daerah
Pada PP Nomor 19 Tahun 2017, Kepala Sekolah "Tidak Perlu Mengajar" dan Beban Kerja Guru Max 40 Jam

Poin Penting pada PP nomor 19 Tahun 2017

Sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilakukansetelah Guru yang bersangkutan bertugas padasatuan pendidikan paling singkat selama 4(empat) tahun, kecuali Guru yang bertugas di Daerah Khusus.

Pasal 66
  • (l) Bagi Guru Dalam Jabatan yang diangkatsampai dengan akhir tahun 2015 dan sudahmemiliki kualilikasi akademik S-l/D-IV tetapibelum memperoleh Sertilikat Pendidik dapatmemperoleh Sertifrkat Pendidik melaluipendidikan profesi Guru.
  • (2) Pendidikan profesi Guru sebagaimanadimaksud pada ayat (1) dibiayai oleh Pemerintah Pusat,  Pemerintah Daerah,dan/atau satuan pendidikan yangdiselenggarakan oleh Masyarakat.
  • (3) Ketentuan mengenai tata cara memperolehSertifikat Pendidik sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dan ayat (2) diatur dengan PeraturanMenteri.

Baca :  Mulai Juli, Bagi Guru yang Dapat Tunjangan, Wajib 40 Jam Setiap Minggunya

    Lebih lanjut silahkan download PP Nomo 19 Tahun 2017 di sini :

    PP nomor 19 Tahun 2017.pdf

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *