Perubahan Pola dan Jadwal SERGUR 2015

Posted on

Perubahan Pola dan Jadwal SERGUR 2015 – Ada 3 pola sertifikasi guru yang sudah berjalan sampai tahun 2014, yaitu PLPG (Pendidikan dan Latihan Profesi Guru), PSPL (Pemberian Sertifikat Profesi Secara Langsung) dan Portofolio. Namun, pada tahun 2015 muncul pola baru, yaitu PPGJ (Pendidikan Profesi Guru dalam Jabatan).

PPG Pra jabatan ini diperuntukan bagi Mahasiswa Kependidikan maupun Non Kependidikan yang belum menjadi guru sampai tahun 2015. Namun dalam kenyataanya PPG Pra jabatan ini sudah dilaksanakan sebelum tahun 2015. Mungkin beberapa dari kalangan Pendidik muncul berbagai pertanyaan apakah pola sertifikasi guru tahun 2015 ini menggunakan pola PPGJ secara keseluruhan atau tidak. Krena, di dalam Buku 1 Pedoman Penetapan Sertifikasi Guru tidak disebutkan pola sertifikasi tahun 2015.


Pola Sertifikasi Guru Tahun 2015 Dibagi Menjadi 3 Kelompok


1. PLGP

PLPG (Pendidikan dan Latihan Profesi Guru) diperuntukan bagi guru yang sudah mengajar (TMT) sebelum tanggal 1 Januari 2006. Jadi, guru dengan TMT sebelum 1 Januari 2006 ini memiliki prioritas lebih besar untuk menjadi peserta sertifikasi guru 2015. Pedoman penetapan peserta akan dicantumkan dalam buku 1A Pedoman Penetapan Peserta Sertifikasi Guru.

2. PPGJ
Pola sertifikasi PPGJ (Pendidikan Profesi Guru dalam Jabatan) diperuntukan bagi guru dengan TMT 1 Januei 2006 sampai sekarang. Hal ini dibuktikan dengan bukti fisik SK Pengangkatan menjadi guru yang syah. Untuk Pedoman penetepan peserta akan dicantumkan dalam Buku 1B yang masih direvisi.

3. Portofolia (PF)

Untuk mendownload Buku 1A dan 1B rencananya dapat diunduh melalui situs resmi sergur.kemdiknas.go.id. Kaitannya dengan jadwal sergur yang telah dimasukan kedalam buku 1 maka nantinya akan terjadi pergeseran jadwal. Demikian informasi terkait Perubahan Pola dan Jadwal SERGUR 2015 semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *