Persyaratan Pendaftaran PPPK/P3K 2019 Honorer K2, Akun SSP3K di ssp3k.bkn.go.id

Posted on

Pendaftaran Seleksi PPPK/P3K Tahap 1 yang dikhususkan untuk Honorer K2, tenaga kesehatan dan pertanian sudah dibuka, dan dapat diakses melalui website ssp3k.bkn.go.id. Calon pelamar sudah bisa melakukan registrasi akun dan langsung dapat login di halaman https://ssp3k-daftar.bkn.go.id/akun.

Tampilan sebagai berikut :

halaman registrasi PPPK 2019

Perlu diketahui bahwa halaman https://ssp3k.bkn.go.id adalah halaman/website resmi pendaftaran ASN, yakni profesi bagi PNS dan Pegawai Pemerintah dengan perjanjian Kerja (PPPK) yang bekerja di instansi Pemerintah. Untuk saat ini pendaftaran masih ditutup sesuai dengan surat edaran dari Kementerian PAN-RB ke seluruh Pemerintah daerah, bahwa pendaftaran dibuka mulai tanggal 10-16 Februari 2019.

Alur pendaftarannya adalah, pertama pelamar membuka portal SSCASN yang beralamat di https://sscasn.bkn.go.id/, kemudian meliat informasi penerimaan PPPK. Kemudian pelamat P3K membuat akun dengan memililih menu registrasi. Pada form pendaftara, pelamar mengisi nomor peserta ujian K-2, tanggal lahir, NIK, dan nomor KK. Selanjutnya isikan email aktif, password beserta pertanyaan keamanan. Setelah itu unggah pas photo dengan ukuran 120 kb format JPEG JPG.

Terakhir, silahkan login ke portal ssp3k (https://ssp3k.bkn.go.id/) menggunakan NIK dan password yang sudah didaftarkan. Kemudian pelamat melengkapi data dengan mengunggah swafoto KTP dan kartu informasi akun. Pelamat memilih jabatan dan melengkapi pendidikan, biodata dan mengunggah dokumen yang diperlukan sesuai persyaratan instansi. Selanjutnya cek isian data yang telah dilengkapi pada form resume. Terakhir cetak kartu pendaftaran.

Berikut adalah alur pendaftaran PPPK

alur pendaftaran PPPK

 

Persyaratan Mendaftar PPPK/P3K 2019

Berapa Batas Usia Pelamat PPPK Tahun 2019?

Batas usia pelamar PPPK Tahun 2019 minimal 20 tahun dan maksimal 1 tahun sebelum BUP dalam jabatan yang akan dilamar sesuai dengan ketentuan peraturan perundang undangan.

Apakah diperbolehkan menggunakan surat keterangan lulus untuk pendaftaran?

Tidak Boleh (sesuai Perban no… Tahun 2019).

Apakah PPPK dapat pensiun atau mengundurkan diri atas permintaan sendiri?

Tidak boleh (sesuai Perban no… Tahun 2019).

Apakah PPPK dapat dipindah Instansi sebelum kontrak berakhir?

Tidak boleh (sesuai Perban no… Tahun 2019).

Apakah oleh CPNS, PNS, Prajurit TNI, POLRI dapat mendaftar PPPK?

Tidak Boleh

Apakah anggota atau pengurus partai politik dapat mendaftar PPPK?

Tidak Boleh (sesuai Perban no… Tahun 2019).

Apakah diperbolehkan memilih formasi yang lebih rendah dari ijazah yang saya miliki? (Misal : Saya memiliki ijazah S1 untuk melamar D3)

Gunakan Ijazah untuk melamar sesuai dengan formasi dan kualifikasi pendidikan yang dipersyaratkan.

Apakah ada persyaratan khusus lainnya?

Ada, Masing-masing instansi mempunyai persyaratan khusus.
– Untuk Tenaga Pendidik :
1. Berusia Maksimal 57 tahun per 1 April 2019
2. Pendidikan Minimal S1/DIV dengan jurusan relevan dengan mata pelajaran pada kurikulum
3. Masih aktif mengajar sampai saat mendaftar yang dibuktikan dengan surat penugasan dari Kepala Sekolah/Kepala Dinas yang menyatakan masih aktif yang memuat informasi minimal NUPTK/NIK, nama, tempat dan tanggal lahir, nama sekolah, mata pelajaran yang diampu, Kab/Kota/Provinsi.
4. Menandatangani Surat Pernyataan bersedia ditempatkan di sekolah negeri Kab/Kota/Provinsi sesuai wilayah tempat mengajar dan berdasarkan peta kebutuhan guru saat ini.
-Untuk Tenaga Kesehatan :
1. Memiliki Pendidikan minimal D-III bidang kesehatan sesuai dengan persyaratan jabatan dan mempunyai STR yang masih berlaku (bukan STR internship) kecuali untuk epidemiolog, Entomolog, Administrator kesehatan, dan Pranata Laboratorium Kesehatan dengan Pendidikan D-III/S1- Kimia/Biologi.
2. STR (Surat Tanda Registrasi) di unggah melalui SSCASN
3. Ijazah diunggah melalui SSCASN
4. Surat Keputusan Pengangkatan Terakhir di unggah melalui SSCASN
5. Daftar persyaratan jabatan
-Untuk Tenaga Penyuluh Pertanian : Persyaratan sesuai dengan Permenpan No.2 tahun 2008 dan PP No.49 tahun 2018

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.