Perbedaan Diklat Formal dan Non Formal Dalam PUPNS

Posted on

Perbedaan Diklat Formal dan Non Formal Dalam PUPNS – Dalam form isian PUPNS online terdapat beberapa data yang cukup membuat kita bingung. Nah pada kesempatan kali ini admin akan membahas mengenai perbedaan diklat formal dan diklat non formal. Berikut penjelasan singkat mengenai Perbedaan Diklat Formal dan Non Formal Dalam PUPNS.

Diklat/Pelatihan Formal adalah diklat/pelatihan yang dilaksanakan secara resmi oleh suatu organisasi/perusahaan. Pelatihan semacam ini umumnya dilakukan secara teratur, terjadwal dengan mengacu pada kurikulum dan silabus yang ada.

Kurikulum dan silabus disusun sesuai dengan kebutuhan pelatihan yang sebelumnya sudah dikaji, sehingga materi dalam pelatihan tersebut benar-benar dapat meningkatkan kemampuan dalam bekerja.

Metode pelatihan formal :
1.Belajar mandiri
2.Metode belajar dikelas/ceramah
3.Pelatihan ditempat kerja ( on the job training)
4.Unjuk kerja
5.Simulasi
6.Sistem magang
7.Pelatihan vestibule
8.Bermain peran
9.Telaah kasus
10.Pelatihan laboratorium

wimaogawa.blogspot.com

Sedangkan diklat/pelatihan non formal adalah diklat/pelatihan yang dilakukan sebagai pelengkap pelatihan/diklat formal. Salah satu jenis pelatihan non format adalah Built In Training (BIT) disebut juga pelatihan melekat yaitu pelatihan yang berkesinambungan dan melekat dengan tugas setiap atasan.

Demikian sedikit gambaran terkait Perbedaan Diklat Formal dan Non Formal Dalam PUPNS, semoga bermanfaat.

4 thoughts on “Perbedaan Diklat Formal dan Non Formal Dalam PUPNS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *