Penjelasan Lengkap Cetak SKBK dan SKMT Melalui SIMPATIKA

Posted on
Kementerian Agama Republik Indonesia melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Islam menerbitkan surat edaran nomor 3570/05.I/Set.I/PP.00.II/09/2016 perihal Penjelasan Lengkap Cetak SKBK dan SKMT Melalui SIMPATIKA
Surat edaran ini diterbitkan mengingat masih terdapat kesulitan teknis yang dihadapi para guru dan tenaga kependidikan binaan Direktorat Pendidikan Madrasah dan Direktorat Pendidikan Islam pada sekolah dalam proses verifikasi dan validasi data individu melalui program Simpatika.

 

Unduh Penjelasan Lengkap Cetak SKBK dan KMT Melalui SIMPATIKA  di sini :

  • [Unduh] Penjelasan Lengkap Cetak SKBK dan KMT
Dalam surat edaran tersebut terdapat 3 poin yang harus diperhatikan :

1. Guru yang statusnya telah terdaftar aktif mengajar di SIMPATIKA dan telah memenuhi ketentuan penyaluran tunjangan profesi guru akan dinyatakan secara otomatis oleh sistem “Layak” menerima Tunjangan Profesi Guru.

2.   Bagi guru yang telah memenuhi ketentuan porn 1 di atas, namun dinyatakan oleh sistem “Tidak Layak” yang disebabkan hal- hal sebagai berikut:
a. Bertugas di satuan pendidikan daerah tertinggal (3T);
b. Bertugas di satuan pendidikan luar biasa / inklusi;
c. Memiliki keahlian khusus dan langka
d. Bertugas di madrasah/sekolah Indonesia di Luar Negeri;
e. Ditugaskan menjadi guru di negara lain atas dasar kerjasama antar negara;
f.  Dibebaskan dari batasan standar pemenuhan rasio guru dan siswa;
g. Belum menyelesaikan Verval NRG namun sudah memiliki SK Dirjen tentang Penetapan NRG sebelumnya.

Maka guru yang bersangkutan segera melaporkan kepada Kepala Madrasah Negeri (admin Madrasah) dan/atau Kepala Kemenag Kabupaten/Kota (admin Kabupaten/Kota) untuk mengajukan permohonan penyesuaian cetak SKBK dan SKMT dengan cara mencantumkan alasan-alasan tersebut di atas melalul SIMPATIKA supaya status, menjadi “Layak” menerima Tunjangan Profesi guru.

3. Bagi guru dalam binaan Direktorat Pendidikan Agama Islam pada Sekolah, dikarenakan proses, VerVal NRG baru akan dimulai pada tahun pelajaran 2016/2017 maka pencetakan SKBK da SKMT dilakukan secara manual.

One thought on “Penjelasan Lengkap Cetak SKBK dan SKMT Melalui SIMPATIKA

  1. sah-sah saja mengikuti kehendak sistem, kalau sistemnya benar, ini kasus pribadi saya, setelah menyelasai semua apa yang diperintah sistem sudah saya lakukan, ternyata setelah cetak skbk/skmt nilainya nol, alias tidak punya jjm yg 24. apakah sistem ini sudah siap? tolong solusinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *