Pedoman Pelaksanaan KKG SD dan MGMP SMP/SMA/SMK

Posted on

Pedoman Pelaksanaan KKG SD dan MGMP SMP/SMA/SMK – Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan (Ditjen PMPTK) Depdiknas, melalui Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) berupaya untuk meningkatkan mutu pendidikan nasional. Salah satu diantaranya adalah memberdayakan Kelompok Kerja Guru (KKG) Sekolah Dasar dan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) SMP, SMA dan SMK

Pemberdayaan KKG dan  MGMP,  diharapkan dapat mendukung secara optimum peningkatan kemampuan profesional guru dalam pembelajaran di sekolah-sekolah terkait. Upaya pemberdayaan tersebut dilakukan karena intensitas  dan kebermaknaan kegiatan forum-forum dimaksud masih kurang optimal.

Yang dimaksud dengan KKG atau Kelompok Kerja Guru adalah wadah (forum) kegiatan bagi guru-guru Sekolah Dasar. Dalam rangka program penyaluran dana blockgrant pemberdayaan KKG tahun 2010, calon penerima blockgrant adalah KKG yang telah menerima blockgrant tahun 2009. Pemberdayaan KKG yang dimaksud, ditangani oleh pengurus dengan anggota/peserta yang berasal dari guru-guru Sekolah Dasar dari kecamatan setempat.

Pedoman Pelaksanaan KKG SD dan MGMP SMP/SMA/SMK

Sedangkan yang disebut MGMP adalah wadah (forum) kegiatan guru-guru mata pelajaran sejenis yang bertugas di SMP, SMA dan SMK    

Masalah utama yang dihadapi, antara lain adalah:
1.    Manajemen KKG  dan MGMP, kurang berfungsi secara optimal.
2.    Program-program KKG dan  MGMP, perlu ditajamkan lagi sehingga sesuai dengan kebutuhan guru.
3.    Dana pendukung operasional KKG dan  MGMP, kurang memadai
4.    Kurang fokusnya perhatian dan kontribusi pemerintah kabupaten/kota melalui dinas pendidikan terkait terhadap program dan kegiatan KKG dan  MGMP.
5.    Belum adanya dukungan asosiasi profesi terhadap KKG dan  MGMP.
6.    Eksistensi KKG dan MGMP belum diberdayakan secara maksimum oleh para stakeholder, dalam peningkatan mutu pembelajaran yang akan berdampak positif terhadap peningkatan mutu pendidikan nasional secara luas.

Dalam konteks itu, guru perlu didorong secara terus menerus untuk senantiasa meningkatkan keprofesionalannya. Oleh karena itu, pemberdayaan KKG dan  MGMP dipandang sangat strategis  untuk meningkatkan mutu guru.

Jika dilihat dari segi tujuan, tujuan KKG SD dan MGMP SMP dan SMA/SM ini dibagi menjadi 2, yaitu tujuan umum dan tujuan khusus. Tujuan umumnya adalah untuk mengembangkan kegiatan di KKG dan MGMP untuk meningkatkan mutu pembelajaran sesuai dengan standar pelayanan pendidikan dalam kerangka penjaminan mutu pendidikan nasional.

Sedangkan tujuan khususnya antara lain :
a.    Meningkatkan aktivitas guru di KKG dan MGMP
b.    Memberdayakan Guru Pemandu di KKG dan MGMP
c.    Memetakan masalah pembelajaran yang dihadapi oleh guru sehari-hari
d.    Memecahkan masalah pembelajaran yang dihadapi melalui saling berbagi pengalaman dan belajar dari contoh-contoh praktik yang baik (best practices)
e.    Meningkatkan kompetensi guru dalam rangka sertifikasi profesi guru

Dengan adanya program semacam ini diantaranya dapat meningkatkan mutu pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna bagi siswa dalam kerangka pencapaian standar nasional pendidikan dan pengembangan potensi diri peserta didik agar memiliki keunggulan global. Serta termotivasinya sekolah untuk membangun komunitas profesional dan mengembangkan budaya belajar yang keberlanjutan serta berdampak positif terhadap peningkatan kinerja sekolah.

Selengkapnya download Pedoman Pelaksanaan KKG SD dan MGMP SMP/SMA/SMK melalui link berikut :
pedoman Pelaksanaan KKG SD dan MGMP SMP/SMA/SMK

Demikian informasi terkait Pedoman Pelaksanaan KKG SD dan MGMP SMP/SMA/SMK, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.