PDUN 2018, Login di http://pdun.data.kemdikbud.go.id untuk Download File dz

Posted on
PDUN 2018 yang dapat diakses melalui alamat login http://pdun.data.kemdikbud.go.id merupakan sebuah web yang digunakan untuk pendataan Manajemen UN peserta UN SD, SMP, SMA, SMK yang datanya bersumber dari hasil sinkronisasi Dapodik. Manajemen PDUN ini akan digunakan kembali untuk penjaringan peserta UN tahun pelajaran 2017/2018 mendatang.
Bagi yang belum paham bagaimana cara cek data peserta UN melalui Manajemen PDUN (http://pdun.data.kemdikbud.go.id) , Anda menemukan blog yang tepat sebagai referensi. Simak informasi di bawah ini !

http://pdun.data.kemdikbud.go.id

Cek Data Peserta UN SD SMP SMA SMK Tahun Pelajaran 2017/2018 Melalui http://pdun.data.kemdikbud.go.id

Untuk panduan penggunaan Manajemen PDUN silahkan download disini [Download]

 

Bagi operator yang sudah cukup lama berkecimpung dalam pendataan UN, tentu sudah tidak asing lagi dengan Aplikasi Manajemen PDUN. Pada dasarnya manajemen PDUN digunakan untuk mengambil data CPUN dalam bentuk file .dz yang nantinya akan diserahkan ke panitia UN tingkat kab/kota sebagai dasar pendataan calon peserta UN.
Pertanyaannya adalah..
Data CPUN diambil darimana? yang pasti data ini diambil dari data dapodik secara utuh. Jadi diharapkan data diri calon peserta UN yang berada di tingkat akhir harus benar-benar valid. Jika belum mulai sekarang silahkan cek kembali data peserta didik dan jika terdapat kesalahan silahkan edit melalui Verval Pd.
Masih kurang jelas?
Simak paparan berikut ini !

Cara Cek Data Peserta UN Tahun Pelajaran 2017/2018 Melalui Pendataan UN

 

Pendaftaran Calon Peserta Ujian Nasional (UN) tahun 2017 akan menggunakan data Peserta Didik yang terdaftar di Aplikasi Dapodik. Sekolah yang melaksanakan prosedur pendaftaran calon peserta UN melalui Aplikasi Dapodik adalah sekolah yang berada di bawah naungan KEMENDIKBUD dengan bentuk pendidikan SD, SMP, SMA, dan SMK.
Sekolah diharapkan segera memeriksa kelengkapan dan kemutakhiran data peserta didik calon peserta UN di Aplikasi Dapodik seperti identitas pribadi peserta didik, NISN, dan data orang tua peserta didik. Verifikasi data peserta didik yang menjadi Calon Peserta UN dapat dilakukan di website Manajemen UN.
Data hasil verifikasi calon peserta UN (Daftar Calon Peserta, DCP) di website manajemen diserahkan oleh sekolah kepada Panitia UN di Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota. Panitia UN di Kabupaten/Kota akan memproses DCP yang diberikan sekolah untuk diproses menjadi data Peserta Ujian Nasional oleh Panitia UN Pusat.
Untuk sekolah dengan bentuk pendidikan SDLB, SMPLB, SMLB, dan SLB tidak menggunakan prosedur di atas namun memiliki prosedur tersendiri sesuai arahan panitia UN. Mari bersama kita sukseskan Ujian Nasional Tahun 2017!
 
Alurnya sebagai berikut :

 

 
Peran Sekolah dalam Pendataan PDUN 2018
1. Mengirimkan data ke server Dapodik.
2. Pemrosesan data NISN di vervalpd terutama bagi peserta didik tingkat akhir (kelas 6, 9, dan 12).
3. Melakukan verifikasi kelengkapan data individual peserta didik calon peserta UN.
4. Mengunduh Daftar Calon Peserta (DCP) dan Berita Acara dari website manajemen UN.
5. Penyerahan Daftar Calon Peserta (DCP) kepada Panitia UN di Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota.
6. Penandatanganan berita acara penyerahan Daftar Calon Peserta (DCP)

Cara Login Manajemen PDUN Tahun Pelajaran 2017/2018

1. Kunjungi halaman http://pdun.data.kemdikbud.go.id login dengan username, password dan kode registrasi dapodik.
2. Klik menu calon peserta UN seperti gambar berikut
Pada menu “Calon peserta UN” terdapat 5 menu, yakni Pengaturan Nomor Kursi, Unduh File Calon Peserta UN, Unduh CPUN ke excel, Unduh Berita Acara, Filter PD berdasarkan NISN.
 
a. Pengaturan Nomor Kursi
Jika rombel hanya 1, akan muncul tampilan berikut :
Khusus untuk kelas paralel baik SD, SMP, SMA tampilannya tentu akan muncul lebih dari 1 data. Isikan “Nama Urut Rombel” agar CPUN Excel dapat dibuka.
b. Unduh File Calon Peserta UN
Cara Download Data Peserta UN
File ini yang nantinya akan dikirim ke panitia kab/kota sebagai acuan data peserta UN. Jadi, data dapodik harus benar-benar valid, jika belum silahkan perbaiki data siswa di vervalpd terlebih dahulu.

 

Jika data sudah benar, silahkan klik menu “Unduh File Calon Peserta UN”, maka akan muncul pemberitahuan “

 

 

Maka akan terdownload sebuah file dengan berekstensi .dz.Baca : Aplikasi BIO UN 2018

c. Unduh CPUN ke excel
Menu ini digunakan untuk pengecekan data peserta UN oleh operator
d.  Unduh Berita Acara
Jelas, menu ini digunakan untuk mendownload berita acara dimana berita acara ini berisi Serah Terima Pendaftaran Calon Peserta UN” yang ditandangani oleh Kepala Sekolah yang kemudian diserahkan ke Panitia UN Kab/Kota.
e. Filter PD berdasarkan NISN
Filter ini untuk memastikan apakah peserta didik sudah memiliki NISN atau belum. Jadi, sangatlah penting untuk dipahami oleh rekan-rekan operator sekalian.Untuk panduan format PDF Silahkan download disini :

[DOWNLOAD FILE]

Demikian panduan bagaimana cara Cek data peserta UN Tahun 2017/2018 dan bagaimana pula cara unduh file .dz PDUN, semoga pendataan UN 2018 akan berjalan dengan lancar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.