Panduan Pengelolaan Data GTK dan NUPTK Oleh PDSPK

Posted on
Panduan Pengelolaan data GTK dan NUPTK secara resmi telah dirilis oleh Pusat Data dan Statistik Pendidikan Dan Kebudayaan (PDSPK). Dalam panduan tersebut berisi  informasi dan petunjuk penggunaan sistem verifikasi dan validasi Data Master GTK yang dapat diakses pada laman: http://gtk.data.kemdikbud.go.id. 

Berikut ini beberapa panduan yang dirilis oleh PDSPK 


1. Panduan mekanisme penerbitan dan penonaktifan NUPTK GTK yang berada di bawah naungan Kemendikbud dan mekanisme penerbitan dan penonaktifan NUPTK GTK Kemenag. 

2. Selanjutnya adalah Panduan Verval GTK/PTK. Dalam praktiknya verval GTK INI melibatkan beberapa pihak yang berhubungan dengan data master GTK, oleh karena itu system ini memiliki pembagian level akses sebagai Operator Dapodik Sekolah, Operator Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, Operator Ditjen GTK, dan Operator PDSPK, dimana masing-masing level dapat menjalankan proses sesuai dengan kewenangannya. Dalam Panduan Pengelolaan Data GTK dan NUPTK ini menjelaskan tatacara Operator Dapodik Sekolah untuk melakukan perbaikan data Master GTK, upload foto, proses pengajuan calon penerima NUPTK dan juga proses penonaktifan NUPTK. Juga memberikan panduan bagi Operator Dinas Pendidikan Kabupaten/kota dalam melakukan proses approval pengajuan perubahan data GTK, proses merger PTK duplikat, menetapkan sekolah induk, dan proses approval pengajuan calon penerima NUPTK GTK Kemendikbud.
Download panduan cara verval GTK :  Cara Verval GTK Tahun 2016

Panduan Pengelolaan data GTK dan NUPTK Oleh PDSPK
Panduan Pengelolaan data GTK dan NUPTK Oleh PDSPK

3. Selanjutnya Dalam pelaksanaan VervalGTK/VervalPTK ini pihak sekolah hendaknya melakukan koordinasi dengan Penanggungjawab Pengelola Verval Data GTK dan NUPTK di Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota masing-masing. Penanggungjawab Pengelola Verval Data GTK dan NUPTK di Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota adalah petugas yang ditunjuk berdasarkan surat dari Sekretariat Jenderal Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor: 029/A/LL/2016 Tanggal 7 Januari 2016 Perihal: Penunjukkan Penanggungjawab Pengelola Verval Data GTK dan NUPTK. Surat tersebut merupakan tindak tindak lanjut dari Surat Direktorat Jenderal Guru Dan Tenaga kependidikan Nomor: 14652/B.B2/PR/2015 Tanggal 28 Desember 2015 Perihal: Penerbitan NUPTK bagi Guru dan Tenaga Kependidikan pada satuan pendidikan formal dan non formal di Tahun 2016.
Download surat edaranya disini : surat edaran penanggungjawab verval data GTK dan NUPTK

Demikian Panduan Pengelolaan data GTK dan NUPTK Oleh PDSPK, semoga informasi ini bermanfaat bagi Bapak/Ibu sekalian.

referensi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *