Aplikasi Terbaru PMP Versi 2018.04, Cek Pembaruannya Disini !

Di tahun 2018 ini aplikasi terbaru PMP untuk kuesioner PTK telah dirilis dengan versi 2018.04 tepatnya tanggal 21 April kemarin. Pembaruan aplikasi dapat Anda lihat melalui situs PMP Dikdasmen (http://pmp.dikdasmen.kemdikbud.go.id) yang mana terdapat 13 penambahan fitur, diantaranya adalah Cetak kuesioner yang telah terisi.

Perubahan lain adalah Fitur tukar pengguna dari menu manajemen pengguna yang memudahkan untuk login ptk dan juga pada menu verifikasi. Bisa dikatakan aplikasi pembaruan ini mengatasi permasalahan-permasalahan pada versi sebelumnya.

Perlu diingat, aplikasi ini terintegrasi dengan aplikasi dapodik, sehingga pada laptop yang digunakan untuk mengerjakan kuesioner PMP harus sudah terinstal dapodik tentunya. Nah, apa saja pembaruan yang ada pada aplikasi PMP 2018 ini?

Aplikasi Terbaru PMP Versi 2018.04
Link Unduhan PMP

Daftar Pembaruan Versi 2018.04

[Pembaruan] Kolom validasi jawaban sekolah di form kuesioner khusus pengawas
[Pembaruan] Validasi isian persentase hanya bisa diisi oleh angka
[Pembaruan] Validasi isian persentase batas maksimal persentase 100 persen dan batas minimal 0 persen
[Pembaruan] Prosedur pengawas boleh mengisi kuesioner setelah jumlah responden minimal yang mengerjakan kuesioner di sekolah telah terpenuhi
[Pembaruan] Rekaman login pengguna
[Pembaruan] Rekaman durasi pengerjaan kuesioner pengguna
[Pembaruan] Cetak kuesioner yang telah terisi
[Pembaruan] Muat ulang halaman kuesioner
[Pembaruan] Pembaruan tampilan aplikasi
[Pembaruan] Fitur hapus data pengguna lebih dari satu secara bersamaan
[Pembaruan] Fitur tukar pengguna dari menu manajemen pengguna
[Pembaruan] Fitur tukar pengguna dari menu verifikasi
[Pembaruan] Unduhan instrumen PMP 2018

>> Download Aplikasi Disini

Sebelum Anda menginstal PMP, perhatikan pula cara mengerjakannya. Beberapa tips ini bisa Anda baca untuk meminimalisir terjadinya kesalahan dalam penginstalan. Tenang saja, info ini bersumber dari web resmi PMP lho,

1. Nonaktifkan dahulu semua antivirus yang ada di komputer.
2. Uninstal terlebih dahulu semua Aplikasi Pemetaan PMP versi sebelumnya bila masih terdapat di komputer.
3. Bersihkan browser dari cache.

Baca :

 

Progres PMP

Setelah Anda selesai mengisi kuesioner, jangan lupa untuk mengirim ke server pusat. Tentu setiap PTK harus divalidasi terlebih dahulu agar mencapai angka 100%. Setelah terkirim ke server, silahkan cek progres pengiriman pmp melalui http://pmp.dikdasmen.kemdikbud.go.id/pengiriman/progres.

progres pmp
Tampilan progres pmp

Kesimpulan

Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi Dapodik pada laptop yang sama sebelum menginstal aplikasi PMP versi 2018. Hal-hal terkait troubleshooting dapat Anda lihat di web resmi PMP Dapodikdasmen dan juga forum-forum di Facebook yang dapat membantu permasalahan Anda. Terima kasih (https://www.sekolah-id.com)

Pengisian Aplikasi PMP TA 2017/2018 Mulai 15 Juli 2017 S/D 30 September 2017 Sesuai Surat Edaran

Mengenai pengisian aplikasi Pemetaan Mutu Pendidikan (PMP) Tahun Pelajaran 2017/2018, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah telah menerbitkan surat edaran nomor 09/D/PD/2017.

>> Download Surat Edaran Pengisian Aplikasi PMP TP 2017/2018 Disini <<

Dijelaskan bahwa dalam rangka memantau  Dalam rangka memantau penjaminan mutu pendidikan (PMP) dari sekolad dasar dan menengah, dengan hormatkami mohon bantuan saudara atas hal-hal sebagai berikut:

1. Sekolah wajib melengkapi data instrumen pemetaan mutu sesuai kondisi sekolah yng sebenarnya melalui aplikasi Pemetaan Mutu Pendidikan versi 2.00 dan aplikasi Dapodik versi 2017 atau yang terbaru dalam rangka memetakan mutu pendidikan.

2. Kepala sekolah, guru, siswa dan komite sekolah merupakan pihak-pihak yang mewakili sekolah untuk mengisi data PMP. Pengawas pembina sekolah mengisi data melalui aplikasi pada masing-masing sekolah binaannya sebagai bentuk verifikasi atas isian sekolah.

3. Aplikasi, instrumen dan panduan dapat Saudara unduh di laman pmp.dikdasmen.kemdikbud.go.id dan dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id

4. Pengiriman data PMP tahun ajaran 2017/2018 dilaksanakan mulai tanggal 15 Juli 2017 sampai  30 September 2017.

5. Hasil pemetaan mutu sekolah thn ajaran 2016/2017 dapat diakses melalui-laman pmp.dikdasmen.kemdikbud.go.id menggunakan akun Dapodik yang dimiliki oleh dinas pendidikan dan sekolah. Untuk informasi lebih lanjut mengenai hasil pemetaan tersebut dapat menghubungi LPMP di wilayah masing-masing.

Download Aplikasi PMP Versi 2.00 Tahun 2017 Disini

Download Panduan Aplikasi PMP.Pdf
Download Instrumen PMP SD.Pdf
Download Instrumen PMP SMP.Pdf
Download Instrumen PMP SMA.pdf
Download Instrumen PMP SMK.pdf

Download Patch Aplikasi PMP Versi 1.5 Rilis 17 November 2016

Download Patch Aplikasi PMP Versi 1.5 Rilis 17 November 2016 – Bapak/Ibu sekalian, Aplikasi PMP atau Penjaminan Mutu Pendidikan sejak dirilis tanggal 17 Agustus 2016 silam mengalami beberapa perubahan (upgrading). Pembaruan aplikasi ini merupakan hal yang wajar, karena dengan adanya trial and error maka aplikasi akan menjadi sempurna.

Seperti yang telah kita ketahui bersama, bahwa aplikasi PMP yang terakhir dirilis adalah versi 1.4. Nah, pada tanggal 17 November 2016 aplikasi PMP kembali merilis versi terbaru, yakni PMP Versi 1.5. Pada versi ini terdapat pembaruan-pembaruan atau perbaikan-perbaikan pada aplikasi sebelumnya. Apa saja pembaruannya?

Download Patch Aplikasi PMP Versi 1.5 Rilis 17 November 2016

1. Perbaikan
    – Jumlah pertanyaan pada daftar validasi komite dan pengawas sekolah
    – Optimasi proses pada verifikasi kuesioner PTK dan Peserta Didik
    – Bug pada saat backup data
    – Bug pertanyaan tidak tampil pada pertanyaan bagian C13 – C19
    – Bug pada fitur restore data
    – Perbaikan proses kirim data ke server
    – Perbaikan proses backup file

2. Pembaruan
    – Tabel verifikasi kuesioner pengawas sekolah
    – Tabel verifikasi kuesioner komite sekolah
    – Menu Daftar Pembaruan
    – Keterangan username dan password hasil salin pengguna PTK dan Peserta Didik
    – Indikator koneksi ke aplikasi dapodik pada saat login
    – Isian untuk pertanyaan dan pilihan lainnya
    – Modul submit untuk setiap responden kuesioner
    – Modul pengecekan jumlah pertanyaan terjawab dan sisanya di modul submit
    – Verifikasi kirim data mengacu pada submit setiap responden yang telah mengerjakan
    – progress bar di setiap bagian kuesioner

Selengkapnya silahkan Download Patch Aplikasi PMP Versi 1.5 Rilis 17 November 2016 melalui tautan berikut :

Download File

Sekian share Patch Aplikasi PMP Versi 1.5 Rilis 17 November 2016, semoga bermanfaat.

Panduan Pengisian Kuesioner Aplikasi PMP Versi 1.2 Tahun 2016 Pdf

Panduan Pengisian Kuisioner Aplikasi PMP Versi 1.2 Tahun 2016 Pdf penting kiranya digunakan sebagai acuan Operator sekolah dalam melakukan pengisian aplikasi PMP yang terkoneksi dengan dapodik 2016.
Pengisian kuesioner dilakukan untuk mengumpulkan data mutu pendidikan sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan (SNP) di seluruh sekolah di Indonesia yang belum tercakup dalam aplikasi Data Pokok Pendidikan (Dapodik) Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Pengumpulan data dilakukan untuk mengetahui kondisi sekolah terkait dengan pemenuhan Standar Nasional Pendidikan sehingga diharapkan hasilnya dapat menjadi masukan untuk peningkatan mutu sekolah.
Kuesioner disusun dengan mengacu pada turunan Standar Nasional Pendidikan dalam bentuk indikator-indikator sesuai dengan yang ditetapkan dalam peraturan dan perundangan terkait SNP. Indikator yang telah tercakup dalam Dapodik tidak dicantumkan kembali dalam kuesioner.
Panduan Pengisian Kuesioner Aplikasi PMP Versi 1.2 Tahun 2016 Pdf
Responden mewakili pemangku kepentingan sekolah antara lain:
1. Kepala Sekolah
Kepala Sekolah mengisi kuesioner untuk Kepala Sekolah dengan kode kuesioner KS. Hanya ada 1 (satu) responden Kepala Sekolah pada setiap sekolah.
2. Guru
Guru mengisi kuesioner untuk Guru dengan kode kuesioner GS. Responden guru pada jenjang Sekolah Dasar (SD) merupakan guru kelas, tiap tingkat kelas minimal diwakili oleh 1 (satu) responden guru. Responden guru pada jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan guru mata pelajaran, tiap tingkat kelas minimal diwakili oleh 1 (satu) responden guru per mata pelajaran.
3. Siswa
Siswa mengisi kuesioner untuk Siswa dengan kode kuesioner SS. Responden siswa pada jenjang Sekolah Dasar (SD) merupakan siswa kelas 4, 5 dan 6, tiap tingkat kelas minimal diwakili oleh 10 (sepuluh) responden siswa. Responden siswa pada jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan siswa seluruh tingkat kelas, tiap tingkat kelas minimal diwakili oleh 10 (sepuluh) responden siswa.
4. Komite Sekolah
Komite Sekolah mengisi kuesioner untuk Komite Sekolah dengan kode kuesioner MT. Responden komite sekolah merupakan perwakilan orangtua siswa, tiap tingkat kelas minimal diwakili oleh 1 (satu) responden perwakilan orangtua siswa kelas tersebut.
5. Pengawas Pembina
Pengawas Pembina mengisi kuesioner untuk Pengawas Sekolah dengan kode kuesioner PS. Responden pengawas merupakan pengawas sekolah yang membina sekolah tersebut. Hanya ada 1 (satu) responden Pengawas Sekolah pada setiap sekolah.
Seluruh responden mengisi kuesioner dipandu dan didampingi oleh petugas pengumpul data yang merupakan pengawas pembina sekolah tersebut.

Selanjutnya silahkan unduh Panduan Pengisian Kuisioner Aplikasi PMP Versi 1.2 Tahun 2016 Pdf di sini :

  • [UNDUH] Panduan Pengisian Kuisioner Aplikasi PMP Versi 1.2 Tahun 2016 Pdf

Instrumen Pemetaan Mutu Pendidikan (PMP) Tahun 2016 Format PDF

Instrumen Pemetaan Mutu Pendidikan merupakan alat yang digunakan utnuk mengumpulkan data dalam pemetaan mutu pendidikan. Instrumen terdiri dari ratusan komponen pertanyaan yang diisi oleh Kepala Sekolah, guru Siswa, pengawas, dan Komite Pendidikan. Instrumen ini mewakili aspek-aspek yang ada pada standar nasional pendidikan, yaitu :
1. Kompetensi Lulusan
2. Isi
3. Proses
4. Penilaian
5. Pendidik dan Tenaga Kependidikan
6. Pengelolaan
7. Pembiayaan
8. Sarana dan Prasarana

Instrumen Pemetaan Mutu Pendidikan (PMP) Tahun 2016 Format PDF

Responden dari kuesioner pemetaan mutu mewakili pemangku kepentingan sekolah antara lain:1.  Kepala Sekolah, mengisi kuisinoner dengna kode KS dan hanya ada 1 responden kepala sekolah pada setiap sekolah.

2.  Guru,  mengisi kuisinoner dengan kode kuisioner GS. Responden guru pada jenjang Sekolah Dasar  (SD) merupakan guru  kelas,
tiap  tingkat  kelas minimal  diwakili oleh 1  (satu)  responden  guru.
Responden guru pada jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah
Menengah Atas (SMA) dan Sekolah  Menengah  Kejuruan  (SMK)  merupakan
guru  mata  pelajaran,  tiap  tingkat  kelas  minimal diwakili oleh 1
(satu) responden guru per mata pelajaran.

Instrumen Pemetaan Mutu Pendidikan (PMP) Tahun 2016 Format PDF
3.  Siswa, mengisi kuisioner dengan kode SS. Responden  siswa  pada  jenjang Sekolah  Dasar  (SD)  merupakan  siswa
kelas  4,  5  dan  6,  tiap  tingkat  kelas  minimal  diwakili  oleh  10
(sepuluh)  responden  siswa.  Responden  siswa pada  jenjang  Sekolah
Menengah  Pertama  (SMP), Sekolah  Menengah  Atas  (SMA)  dan  Sekolah
Menengah  Kejuruan  (SMK)  merupakan siswa  seluruh tingkat kelas, tiap
tingkat kelas minimal diwakili oleh 10 (sepuluh) responden siswa.4.  Komite Sekolah, mengisi kuisioner dengan kode MT. Responden komite sekolah merupakan perwakilan orangtua siswa, tiap
tingkat kelas minimal diwakili oleh 1 (satu) responden perwakilan
orangtua siswa kelas tersebut.

5.  Pengawas Pembina, mengisi kuisioner dengan kode PS.

Pengawas  Pembina  mengisi  kuesioner  untuk  Pengawas  Sekolah  dengan  kode  kuesioner  PS. Responden  pengawas merupakan  pengawas  sekolah yang membina  sekolah  tersebut.  Hanya  ada 1 (satu) responden Pengawas Sekolah pada setiap sekolah.

Selengkapnya silahkan download Instrumen Pemetaan Mutu Pendidikan (PMP) Tahun 2016 Format PDF di sini :
  • Instrumen Pemetaan Mutu Pendidikan (PMP) Tahun 2016