Cek Progress Pengiriman Sinkron Dapodik Paud-Dikmas Terbaru Tahun 2017/2018

Cek Progress Pengiriman Sinkron Dapodik Paud-Dikmas Terbaru Tahun 2017/2018 kini dapat diakses melalui halaman https://manajemen.paud-dikmas.kemdikbud.go.id/index.php/clogin. Setelah sampai halaman tersebut, silahkan login dengan menggunakan username dan password masing-masing sekolah. Dengan cara tersebut, Anda dapat melakukan cek hasil sinkronisasi dapodik paud 2017/2018.
Rekan-rekan sekalian, dulu Pendataan Aplikasi Paud-Dikmas masih menjadi problema di kalangan operator sekolah. Berbagai permasalahan masih ditemukan dalam pengelolaan data pendidikan tingkat PAUD/TK. Menurut pandangan saya permasalahan ini bisa dibagi menjadi 2 faktor, yaitu faktor human dan faktor sistem.
Faktor human bisa dikarenakan operator masih tergolong baru mengingat aplikasi pendataan untuk jenjang paud baru diluncurkan tahun 2015 ini. Namun, faktor ini juga ditengarai oleh faktor sistem yang menghambat terkirimnya hasil sinkronisasi dapaodik PAUD-Dikmas.
Walaupun telah diberikan berbagai solusi melalui grup pendataan Dapodik maupun secara langsung melalui penataran-penataran, namun masih ada saja hasil sinkron yang gagal terkirim dengan notifikasi berhenti di 20% ataupun 90%.
Nah, kaitannya dengan hasil sincron dapodik, operator sekolah dapat mengecek hasil sinkron Dapodik melalui situs Manajeman PAUD. Bagaimana caranya? Berikut adalah cara Cek Hasil Sinkron Dapodik Paud-Dikmas Tahun Pelajaran 2017/2018
Cek Progress Pengiriman Sinkron Dapodik Paud-Dikmas Terbaru Tahun 2017/2018
2. Pilih Nama Provinsi > Nama Kabupaten > Nama Kecamatan > Nama Sekolah, maka akan terlihat hasil sinkron dari dapodik PAUD-DIKMAS.
Cek Progress Pengiriman Sinkron Dapodik Paud-Dikmas Terbaru Tahun 2017/2018
3. Untuk melihat daftar pengiriman Kunjungi https://manajemen.paud-dikmas.kemdikbud.go.id/index.php/clogin atau Klik Disini
Pilih Nama Provinsi > Kabupaten > Kecamatan > status
Cek Progress Pengiriman Sinkron Dapodik Paud-Dikmas Terbaru Tahun 2017/2018
Demikian cara cek hasil sinkronisasi/progress pengiriman Aplikasi Dapodik PAUD-DIKMAS Tahun Pelajaran 2017/2018, semoga bermanfaat.

Buku Panduan Penggunan Aplikasi Dapodik PAUD-DIKMAS Versi 3.0.0

Buku Panduan Penggunan Aplikasi Dapodik PAUD-DIKMAS Versi 3.0.0 ini penting kiranya dimiliki oleh Operator karena di dalamnya sudah dijelaskan secara detail bagaimana cara melakukan penginstalan, pengisian, dan cara melakukan sinkronisasi.
Perlu diketahui juga bahwa pendataan Dapodik merupakan tanggung jawab semua pihak. Beberapa peran terkait Aplikasi Dapodik PAUD Dikmas seperti berikut:
a) Peran Kepala Lembaga adalah sebagai pembagi guru mengajar disetiap rombel (roaster), mengawasi operator lembaga dalam pengisian aplikasi.
b) Peran PTK adalah selain sebagai pengajar dan pelaksana, juga bertugas untuk mengisi formulir individual PTK dan mengecek kebenaran dan kelengkapan data individu yang dientri olehoperator.
c) Peran Peserta Didik adalah mengisi formulir Peserta Didik dimana formulir diserahkan kepada orang tua untuk diisi secaralengkap.
Peran Operator Lembaga adalah:
a) Menyebarkan formulir pendataan kepada Lembaga, PTK, dan Peserta Didik dalam rangka mendapatkan data untuk dientri kedalamaplikasi.
b) Mengentri data sesuai dengan data yang terisi di formulirpendataan.
c) Mengirim data ke server melaluiaplikasi

Buku Petunjuk Penggunan Aplikasi Dapodik PAUD-DIKMAS Versi 3.0.0
Kembali ke topik, Pada buku petunjuk ini di dalamnya sudah terdapat informasi detail mengenai detail aplikasi, hardware yang support dengan aplikasi, petunjuk penginstalan, penjelasan tiap tab, dll.

Buku Panduan Penggunan Aplikasi Dapodik PAUD-DIKMAS Versi 3.0.0

Lebih lanjut silahkan unduh Buku Panduan Penggunan Aplikasi Dapodik PAUD-DIKMAS Versi 3.0.0 di sini :
  • [DOWNLOAD] Buku Panduan Penggunan Aplikasi Dapodik PAUD-DIKMAS Versi 3.0.0

 Untuk aplikasi unduh di sini :

Download Installer Aplikasi Dapodik Paud-Dikmas Versi 3.0.0 Tahun Pelajaran 2016/2017

Bagi Bapak/Ibu yang belum mendownload Aplikasi Dapodik Paud-Dikmas Versi 3.0.0, silahkan download aplikasi dapodik terbaru ini di akhir artikel. Sekedar informasi saja bahwa Aplikasi Dapodik PAUD adalah aplikasi yang digunakan untuk melakukan penjaringan Data Pokok Pendidikan Usia Dini, Non Informal dan Informal – Pendidikan Masyarakat (. PAUD-DIKMAS) yang terintegrasi sehingga dapat digunakan oleh entitas lembaga pemerintahan dibawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam aplikasi dapodik paud-dikmas versi 3.0.0 dalam memasuki tahun ajaran baru 2016/2017 :
a) Registrasi kembali ke aplikasi dengan kode registrasi lama
b) Luluskan/Keluarkan siswa tahun ajaran sebelumnya ke PD Keluar
c) Entri siswa baru ke aplikasi
d) Entri PTK jika ada perpindahan dari/masuk ke sekolah
e) Buat rombel baru
f) Pindahkan siswa pada anggota rombel sesuai rombelnya
g) Entrikan data JJM PTK pada pembelajaran
h) Jangan lupa untuk sinkron setelah melakukan perubahan
Download Installer Aplikasi Dapodik Paud-Dikmas Versi 3.0.0 Tahun Pelajaran 2016/2017
Untuk dapat menjalankan Aplikasi Dapodik PAUD Dikmas, spesifikasi perangkat keras yang diperlukan adalah:
a) Processor minimal PentiumIV
b) Memoryminimal512MegaByte
c) Storage tersisa minimal 100MegaByte
d) CD/DVD drive jika instalasi melalui mediaCD/DVD
Sedangkan Untuk menjalankan Aplikasi Dapodik PAUD Dikmas, spesifikasi perangkat lunak yang diperlukan adalah:
Operating Sistem
a) Windows XP SP3
b) WindowsVista
c) Windows 7 32 & 64Bit
d) Windows 8 32 & 64Bit
e) Windows 8.1 32 & 64Bit

Silahkan unduh Download Installer Aplikasi Dapodik Paud-Dikmas Versi 3.0.0 Tahun Pelajaran 2016/2017 di sini :

  • [DOWNLOAD] Installer Aplikasi Dapodik Paud-Dikmas Versi 3.0.0
  • [DOWNLOAD] Buku Panduan Penggunan Aplikasi Dapodik PAUD-DIKMAS Versi 3.0.0

Formulir Dapodik SD, SMP, SMA, SMK untuk Pengisian Sekolah, Peserta Didik, PTK, Sarpras dan Rombel

Formulir Dapodik SD, SMP, SMA, SMK ini bisa Anda print out kemudian dibagikan kepada yang bersangkutan untuk diisi secara lengkap. Selanjutnya operator sekolah menginputkan data yang tertera di Formulir ke dalam aplikasi Dapodik. Perlu diperhatikan bahwa dalam pengisian data harus benar agar data yang terkirim benar-benar valid, sehingga segala jenis tunjangan guru, BOS, maupun bantuan untuk siswa yang kurang mampu (Pemegang KIP) dapat diterima tanpa adanya permasalahan.
Khususnya untuk kelas 1 baru, Formulir peserta didik dapat diberikan kepada wali kelas atau bahkan wali murid untuk kemudian diisi secara rinci. Sedangkan untuk kelas lainnya Operator hanya perlu melakukan pengecekan bilamana masih terdapat kekeliruan dalam entry data.
Dalam Formulir Dapodik 2016 terdapat beberapa isian :
1. Formulir Sekolah
2. Formulir Peserta Didik
3. Formulir Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK)
4. Formulir Sarpras
5. Formulir Rombel
Formulir Dapodik SD, SMP, SMA, SMK untuk Pengisian Sekolah, Peserta Didik, PTK, Sarpras dan Rombel

Silahkan unduh  Formulir Dapodik SD, SMP, SMA, SMK untuk Pengisian Sekolah, Peserta Didik, PTK, Sarpras dan Rombel di sini :

Unduh juga :

Contoh Surat Permohonan Tambah PTK Baru di Aplikasi Dapodik 2016

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, untuk menambahkan PTK baru pada aplikasi Dapodik 2016 perlu mendapatkan persetujuan dari Dinas. Ini merupakan salah satu fitur baru dari Dapodik terbaru untuk tahun pelajaran 2016/2017. Salah satu fitur lain yang muncul di Dapodik baru adalah adanya isian Sekolah Aman, dimana  SK nya wajib diinputkan dalam aplikasi Dapodik.
Terkait dengan penambahan PTK yang harus mendapat persetujuan dari Dinas, berikut ini ada beberapa persyaratan yang harus dilampirkan dalam pengusulan :
1. Formulir Isian Data PTK Dapodik
2. Fotokopi SK Pengangkatan dari Kepsek/Ketua Yayasan (Bagi PTK Honorer)
3. Fotokopi SK Pembagian Tugas
4. Fotokopi Ijazah/Akta Terakhir
5. Fotokopi KTP
6. Fotokopi Kartu NUPTK (bagi yang sudah memiliki)
7. Surat Permohonan dari Instansi

Contoh Surat Permohonan Tambah PTK Baru di Aplikasi Dapodik 2016

 

Contoh Surat Permohonan Tambah PTK Baru di Aplikasi Dapodik 2016 unduh disini :


Selanjutnya berikut ini adalah cara menambajkan dan memutasikan PTK baru di Dapodik 2016
1. PTK baru mengisi formulit F-PTK secara lengkap sesuai dengan data sebenarnya
2. Membawa berkas-berkas yang diperlukan (SK Mutasi) kemudian datang ke kantor dinas menemui admin dinas dan menyampaikan permintaan
3. Admin Dapodik Dinas login ke aplikasi di website http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id
4. Setelah berhasil login, adin dapodik dinas menggunakan fitur tambah PTK baru atau mutasi PTK di web Dapodikdasmen
5. PTK menyampaikan ke Operator Sekolah, selanjutnya agar data masuk/ditarik ke aplikasi Dapodik, OP harus melakukan sinkronisai
6. PTK menyerahkan formulir F-PTK kepada operator sekolah untuk kemudian dientry datanya
7. Terakhir Operator melakukan sinkronisasi jika data sudah benar-benar valid

Baca juga : Petunjuk Pengisian JJM Dapodik 2016

Update Dapodik PAUD-DIKMAS ke Versi 2.0.3

Update Dapodik PAUD-DIKMAS ke Versi 2.0.3 – Aplikasi Dapodik PAUD-DIKMAS kini bisa Anda update ke versi 2.0.3. Caranya cukup mudah, Anda tinggal klik menu cek Pembaruan yang ada di Dasbord Aplikasi Dapodik. Namun, Apa sebenarnya tujuan pembaruan aplikasi dapodik ini?
Pembaruan aplikasi diperlukan guna memperbaiki sistem yang masih belum sempurna. Hal ini dapat menimbulkan permasalahan yang seris. Mari kita telisik lebih dalam beberapa versi Dapodik PAUD yang telah dirilis oleh pihak pengembang. Sebelumnya Dapodik dirilis dalam versi 1.1.3, kemudian diupdate ke Versi 1.1.4. Karena muncul beberapa bug kemudian diupdate lagi ke versi 2.0.0, 2.0.1, 2.0.2 dan yang terakhir adalah versi 2.0.3.

Pada Dapodik PAUD versi 2.0.3 ini pihak pengembang melakukan perbaikan/penyempurnaan pada pemilihan server sync. Selanjutnya bagaimana cara Update Dapodik PAUD-DIKMAS ke Versi 2.0.3?

Cara Update Dapodik PAUD-DIKMAS ke Versi 2.0.3

1. Buka aplikasi Dapodik PAUD-DIKMAS, klik menu cek pembaruan

Update Dapodik PAUD-DIKMAS ke Versi 2.0.3

2. Klik lanjutkan

3. Tunggu proses update selesai

Demikian informasi bagaimana cara Update Dapodik PAUD-DIKMAS ke Versi 2.0.3, semoga bermanfaat.

Kebijakan PAUD-DIKMAS Tahun 2016, Apa Saja?

Kebijakan PAUD-DIKMAS Tahun 2016 – Pendidikan anak usia dini (PAUD) merupakan jenjang pendidikan awal sebelum masuk ke jenjang pendidikan dasar. Hal ini merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan bagi anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut, yang diselenggarakan pada jalur formal, nonformal, dan informal. (wikipedia). Memasuki tahun 2016 ini apa saja Kebijakan PAUD-DIKMAS? 
Sebelum membahas tentang kebijakan PAUD-DIKMAS di tahun 2016, kita simak dulu Visi dan Misi Kemendikbud Tahun 2016, yaitu :
“Terbentuknya insan serta ekosistem Pendidikan dan Kebudayaan yang berkarakter dengan berlandaskan gotong-royong.”

Perubahan metafor – perubahan paradigma

Kebijakan PAUD-DIKMAS Tahun 2016

Sejalan diterapkannya MEA (Masyarakat Ekonomi Asean) di Indonesia, maka seluruh elemen masyarakat dituntut agar lebih produktif. Apa saja tantangan MEA?

Tantangan MEA:
1. Kompetensi birokrat
2. Sikap Pemda
3. Iklim investasi, biaya logistik, demonstrasi buruh
4. Kepastian hukum
5. Daya saing pengusaha nasional
6. Perjanjian hukum internasional
7. Kompetensi tenaga kerja Indonesia

Di samping tantangan tersebut, ada tantangan lain yang dipaparkan pada kebijakan PAUD-DIKMAS 2016 :

1. Tantangan Demografi
2. Tingkat Pendidikan Tenaga Kerja Indonesia
3. Buta Aksara
– Terdapat 6 Provinsi  dan 25 Kabupaten Terpadat Buta Aksara Tahun 2014,
– Terdapat 4 Provinsi dengan  Angka Putus SD Tertinggi pada
– Tahun 2013/2014 Jawa Barat, Jawa Tengah,  Jawa Timur, dan Sumatera Utara Jumlah Keluarga Peserta Didik

Kebijakan Strategik
1. Penguatan Pelaku Pendidikan
2. Perluasan Akses dan Mutu Pendidikan
3. Tata Kelola dan Pelibatan Publik

Di samping itu ada beberapa Capaian PAUD, antara lain :
1. Capaian Pendidikan Keluarga
2. Capaian Pendidikan Keaksaraan dan Kesetaraan
3. Capaian Pendidikan Kursus dan Pelatihan 

Lebih lengkapnya download Kebijakan PAUD-DIKMAS tahun 2016 melalui link berikut :

Kebijakan PAUD-DIKMAS 2016

Demikian informasi mengenai Kebijakan PAUD-DIKMAS Tahun 2016, semoga bermanfaat.
Baca juga : Standar Nasional PAUD

Download Patch dan Installer Dapodik PAUD Versi 2.0.2

Download Patch dan Installer Dapodik PAUD Versi 2.0.2 – Beberapa hari belakangan ini kita digegerkan dengan kemunculan dapodik paud versi 2.0.2 yang katanya ilegal, karena memang bocor terlebih dahulu sebelum dipublikasikan secara resmi melalui website Dapodik PAUD. Pada hari ini secara resmi Dapodik Paud-Dikmas Versi 2.0.2 dirilis oleh tim pengembang. Seperti biasa ada 2 versi yang disediakan, yaitu versi installer dan versi pacth.
Versi installer digunakan bilamana suatu sekolah ingin melakukan proses instalasi dari nol. Namun, bagi yang sudah menggunakan versi 2.0.1 sebaiknya gunakan patch saja karena tidak perlu melakukan instal ulang aplikasi.
Pada versi terbaru ini, ada beberapa perbaikan serta penambahan fiture, yaitu :
1. Perbaikan sinkronisasi berhenti di 40%
2. Penambahan pilihan sinkronisasi dengan server (IP) 1 dan 2
3. Perbaikan deteksi registrasi
4. Perbaikan validasi kecamatan
Patch dan Installer Dapodik PAUD Versi 2.0.2
Patch dan Installer Dapodik PAUD Versi 2.0.2

Dapodik PAUD-DIKMAS Versi 2.0.2??


Silahkan sinkronisasi dengan server 1 atau 2 keduanya sama saja, datanya sama-sama diterima. Jalur alternatif sinkronisasi diberikan untuk alternatif jika gagal sinkronisasi karena jalur pengiriman ke server penuh.

Bagi yang sudah menginstall aplikasi versi 2.0.0 atau 2.0.1 Untuk kelancaran entry data silahkan unduh patch lalu jalankan patchnya untuk update aplikasi, tidak usah uninstall aplikasi sebelumnya (data masih utuh, tidak akan hilang)

Bagi yang belum menginstall aplikasi silahkan download langsung installer versi 2.0.2 dan jalankan installer.

Installer download disini :
Patch Download disini :

Demikian share Patch dan Installer Dapodik PAUD Versi 2.0.2, semoga bermanfaat.

Dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id Alamat Baru Dapodikdasmen

Dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id Alamat Baru Dapodikdasmen – Dalam surat edaran Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor 314/D/TI/2016 tentang pemutakhiran data dapodik bahwa situs dapodik yang sebelumnya berlamat di http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id (untuk SD dan SMP) dan http://dapo.dikmen.kemdikbud.go.id (SMA/SMK) akan diintegrasikan dengan laman baru dapodikdasmen, yaitu http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id

Awal Februari 2016 lalu alamat baru tersebut secara resmi telah dilaunching. Dengan diintegrasikannya aplikasi dapodik untuk SD, SMP dan SMA/SMK maka Bapak/Ibu guru/Operator dapat mendownload aplikasi dapodik serta dapat mengecek hasil sinkronisasi Dapodik melalui halaman http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id

Dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id Alamat Baru Situs Resmi Dapodikdasmen
Dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id Alamat Baru Situs Resmi Dapodikdasmen
Dalam website terbaru ini juga terdapat tambahan fitur pencarian. Fitur ini menggambarkan akutabilitas publik, sehingga dengan adanya fitur ini etiap orang dapat mengetahui jumlah siswa setiap sekolah dengan hanya menulis nama sekolah. Di samping itu dengan adanya fitur ini kita dapat melakukan pengecekan apakah sekolah sudah melakukan sinkron atau belum.
Selain fitur pencarian, dalam situs terbaru ini juga terdapat link menuju manajemen dapodik, info BOS, cek info GTK, DAK (Dana Alokasi Khusus), PIP dikdasmen dan juga PDSP
Demikian informasi Dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id Alamat Baru Dapodikdasmen, semoga bermanfaat.

Aplikasi Dapodik PAUD-DIKMAS Versi 2.0.1 (Installer dan Patch)

Aplikasi Dapodik PAUD-DIKMAS Versi 2.0.1 – Belum genap 1 minggu sejak peluncuran aplikasi dapodik PAUD-DIKMAS versi 2.0.0, kini pengembang aplikasi merilis kembali dapodik Paud versi terbaru, yaitu versi 2.0.1. Versi ini merupakan pembaruan dari versi sebelumnya karena terdapat beberapa bug pada aplikasi dapodik paud 2.0.0.
Perbaikan dan Pembaruan pada versi 2.0.1 antara lain:
– Validasi luas tanah ditiadakan
– Perbaikan peserta didik tidak dapat menyimpan
– Action menu rombel lanjut semester [baru]
– Action menu peserta didik, salin data periodik [baru]
– Action menu PTK, salin penugasan lanjut semester [baru]
– Action menu sarpras, salin data periodik [baru]
– Tombol cek pembaruan, update aplikasi langsung dengan klik 1 tombol tanpa mengunduh patch/installer
Aplikasi Dapodik PAUD-DIKMAS Versi 2.0.1
Aplikasi Dapodik PAUD-DIKMAS Versi 2.0.1
Hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum menginstal aplikasi Dapodik PAUD-DIKMAS Versi 2.0.1
1. Bagi yang sudah menginstall aplikasi versi 2.0.0 Untuk kelancaran entry data silahkan unduh patch lalu jalankan patchnya untuk update aplikasi, tidak usah uninstall aplikasi 2.0.0 (data masih utuh, tidak akan hilang)
2. Bagi yang belum menginstall aplikasi versi 2.0.0 silahkan download langsung installer versi 2.0.1 dan jalankan installer.
3. Lembaga yang sudah mengentry data lengkap pada semester ganjil silahkan mengentry data semester genap, dengan cara login ke semester genap.
4. Lembaga yang sudah mengentry datanya di semester ganjil tetapi belum lengkap, dipersilahkan untuk melengkapi datanya dengan login ke semester ganjil terlebih dulu, setelah itu baru melanjutkan ke semester genap.
5. Lembaga yang belum mengentry pada semester ganjil sama sekali, dipersilahkan untuk mengisi dan melengkapi datanya dengan login ke semester ganjil, setelah lengkap datanya baru melanjutkan ke semester genap.
6. Untuk kepentingan data GTK dan aneka tunjangan pastikan data Guru/PTK diisi lengkap, telah dipilih sekolah induknya dan telah memiliki/mengampu rombel dengan jumlah peserta didik sesuai dengan kondisi lapangan.

Download Aplikasi Dapodik PAUD-DIKMAS Versi 2.0.1 disini

Bagi yang sudah terinstal aplikasi dapodik PAUD versi 2.0.0 tinggal download patch nya saja
Cara instal Dapodik PAUD-DIKMAS = Cara Instal Aplikasi Dapodik PAUD Versi 2.0.1
Demikian informasi seputar Aplikasi Dapodik PAUD-DIKMAS Versi 2.0.1 (Installer dan Patch), semoga bermanfaat.