NPK , Nomor Pendidik Kemenag Sejenis NUPTK

Posted on

NPK , Nomor Pendidik Kemenag Sejenis NUPTK – Sebagai upaya pengembangan mutu pendidik  yang berada di bawah naungan Kementerian Agama (Kemenag), pada tahun 2016 ini akan diterbitkan Nomor Pendidik semacam NUPTK yang dikhususkan bagi PTK Kemenag. Penomoran ini dikenal dengan istilah NPK (Nomor Pendidik Kemenag). Fungsinya adalah untuk mengendalikan serta untuk melakukan monitoring dinamisasi data pendidik yang berada di bawah naungan Kemenag.

Nomor Pendidik Kemenag (NPK) terdiri dari 13 digit yang menyerupai NUPTK. Bagaimana prosedur /Ketentuan agar bisa mendapatkan NPK?

Mari kita simak info berikut ini :

1. Semua guru yang berstatus PNS Kemenag secara otomatis akan mendapatkan NTPK.
2. Semua guru Kemenag yang telah memiliki NUPTK akan diterbitkan NPK secara otomatis.
3. Untuk guru dengan TMT 2015 keatas harus memenuhi persyaratan berikut agar bisa mendapatkan NPK :
– Pendidikan minimal S1 atau D4
– Setidaknya telah tercatat minimal 2 tahun dalam satminkal Kemenag
– Telah mengajar  selama 2 tahun terakhir ( 4 semester berturut-turut)

NPK (Nomor Pendidik Kemenag)

Kedepan NPK akan dijadikan sebagai syarat bagi guru penerima sertifikasi Kemenag mulai tahun 2016. Oleh karena itu pengelolaan sertifikasi Kemenag menggunakan aplikasi SIMPATIKA sebagai basis NPK yang terintegrasi dengan aplikasi Kemendikbud.

Himbauan dari Kemanag, agar setiap PTK yang terdaftar dalam SIMPATIKA harus berstatus aktif dan berbintang 4. Pastikan juga setiap semester melaporkan keaktifan pada layanan SIMPATIKA Kemenag. Selain itu data-data individu juga dihimbau agar benar-benar valid agar tidak ada permasalahan di kemudian hari.

Demikian informasi apa itu NPK Kemenag, Apa tujuannya dan bagaimana prosedur mendapatkan NPK. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Bapak/Ibu sekalian. Jangan lupa untuk selalu berkunjung ke blog Info Operator Sekolah untuk mendapatkan informasi baru dari dunia Pendidikan.

2 thoughts on “NPK , Nomor Pendidik Kemenag Sejenis NUPTK

  1. Asslamualaikum…sudilah kiranya bapak menjawab pertanyaan saya, saya telah mengajar di salah satu mts r ciamis selama hampir 5 tahun, selama itu pula saya terus mencoba mengajukan NUPTK namun selalu gagal! Sampai skrg sy blm punya NUPTK,padahala telah mengajar 27 jam selama 5 thn, menurut bapak apa yg salah dengan smw ini? sementara guru2 di tempat lain bahkan yg hanya 1thn pun sudah dapat! Kenapa sistem di kemenag ini begitu tega kepada saya? Salah saya apa?

  2. Asslamualaikum…sudilah kiranya bapak menjawab pertanyaan saya, saya telah mengajar di salah satu mts r ciamis selama hampir 5 tahun, selama itu pula saya terus mencoba mengajukan NUPTK namun selalu gagal! Sampai skrg sy blm punya NUPTK,padahala telah mengajar 27 jam selama 5 thn, menurut bapak apa yg salah dengan smw ini? sementara guru2 di tempat lain bahkan yg hanya 1thn pun sudah dapat! Kenapa sistem di kemenag ini begitu tega kepada saya? Salah saya apa?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.