Mengatasi NISN Siswa Baru Belum Masuk Dapodik

Posted on

Mengatasi NISN Siswa Baru Belum Masuk Dapodik – Siswa baru tidak perlu mendaftarkan NISN secara manual karena NISN sudah bisa didapatkan otomatis melalui aplikasi Dapodik. Tahapannya adalah Operator Sekolah menginput data kelas 1 baru kemudian melakukan sincronisasi agar data siswa tersebut masuk kedalam database verval pd. 

Setelah nama-nama siswa baru sudah masuk dalam verval pd (pada menu residu) langkah selanjutnya adalah mengeluarkan siswa baru tersebut agar masuk kedalam menu konfirmasi. Dalam menu konfirmasi ini nama-nama siswa baru tersebut dilakukan konfirmasi satu persatu agar masuk ke dalam menu referensi.
Selengkapnya baca : Cara Mengajukan NISN Bagi Siswa Baru Melalui Verval PD

Seandainya setelah melakukan sincronisasi dan sudah menunggu 2×24 jam ternyata dalam verval pd belum muncul siswa baru, silahkan masuk dalam forum grup Info Pendataan Dikdas untuk sharing seputar permasalahan tersebut.

wimaogawa.blogspot.com

Selanjutnya bagaimana cara agar NISN siswa masuk secara otomatis kedalam aplikasi Dapodik?

Setelah proses dalam verval PD selesai (sudah melakukan konfirmasi data) Operator Sekolah perlu melakukan sincronisasi lagi pada aplikasi dapodik. Hal ini bertujuan untuk menurunkan NISN dari server ke local host. Namun, NISN siswa baru akan muncul dalam aplikasi Dapodik setelah pegelola server verval PD PDSP melakukan push data NISN ke local host.

Penjelasan singkat setelah berhasil melakukan sincronisasi dapodik adalah sebagai berikut :
Server Dapodik > Server PDSP Kemdikbud > Push NISN ke server Dapodik > sincronisasi lagi untuk menampilkan NISN kedalam aplikasi Dapodik.

Berikut ini hasil sincronisasi Pertama dan Kedua
1. Masuk ke web dapodikdas, pilih tab siswa  http://data.dikdasmen.kemdikbud.go.id/usr/in/ops
Gambar berikut adalah hasil sincronisasi pertama + sudah melakukan konfirmasi data melalui verval pd

wimaogawa.blogspot.com

Pada gambar diatas NISN siswa kelas I belum masuk karena belum melakukan sincronisasi ulang.

2. Setelah melakukan sincronisasi ulang dan menunggu beberapa hari NISN siswa baru sudah muncul dalam situs dapo.dikdas.kemdikbud.go.id.

wimaogawa.blogspot.com

Apabila dalam aplikasi Dapodik NISN siswa baru tetap belum masuk, silahkan lakukan sincronisasi lagi. Berikut adalah hasilnya :

wimaogawa.blogspot.com

Demikian sedikit informasi tentang Mengatasi NISN Siswa Baru Belum Masuk Dapodik, semoga bermanfaat bagi Bapak/Ibu sekalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.