Membanggakan, Siswa Indonesia Torehkan Prestasi di Malaysia

Posted on
Kita patut bangga dengan anak-anak Indonesia, pasalnya mereka dapat menunjukan prestasinya di kancah internasional dalam acara Jambore Nusantara Antarabangsa Tawau 2016. Kegiatan ini berlangsung selama 4 hari, yakni tanggal 12-16 Maret 2016 dan diikuti oleh 2.400 peserta. Acara 2 tahunan ini merupakan sebuah acara Jambore yang diselenggarakan oleh Persatuan Pengakap Malaysia Cawangan Sabah, Malaysia.

Saat membuka kegiatan, Tuan Khairy Jamaluddin, Menteri Sukan dan Belia, berpesan agar kegiatan kepanduan khususnya pengakap dan pramuka menjadi wadah pendidikan bagi generasi muda harapan bangsa.

Ada berbagai aktivitas dalam ajang ini, di antaranya belajar menggunakan radio komunikasi, mendayung, kerajinan tangan, tali temali, baris berbaris Malaysia, halangan dan rintangan, ilmu pengakap, pameran, dan kegiatan-kegiatan yang diisi oleh Tentara Diraja Malaysia dan Balai Penyelamat Malaysia.

Selain itu ada juga kegiatan yang dilombakan antarkontingen. Cabang yang dilombakan yaitu pembuatan gapura, standard camp, memasak, menari, menyanyi, sepak takraw, futsal, dan bola voli.

Dalam ajang ini, Indonesia diwakili oleh kontingen kwartir cabang (Kwarcab) gerakan pramuka Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, sebanyak 126 peserta dan kontingen anak-anak pramuka dari Community Learning Center (CLC) yang berada di Sabah sebanyak 60 peserta.  Ketua Kwarcab Nunukan Sutrisno Hadi turut hadir meninjau acara.

Membanggakan, Siswa Indonesia Torehkan Prestasi di Malaysia

Sebagai tamu, kontingen Indonesia menunjukkan prestasi menggembirakan, yaitu menjadi juara di tiap cabang lomba. Bahkan kontingen pramuka CLC berhasil menjadi kontingen terbaik. Dato’ Taufiq, Ketua Pengakap Negeri Sabah, memberikan apresiasi yang tinggi atas prestasi kontingen pramuka CLC.

Gaguk Dwi Saputro, pembina kontingen pramuka CLC, merasa bersyukur atas prestasi anak-anak asuhnya. “Mereka bisa menunjukkan kedisiplinan, kekompakan, dan potensinya padahal hanya mendapatkan pelatihan selama 4 hari dari tanggal 8 sampai 11 Maret,” ujarya.

Dalam ajang yang diikuti siswa-siswi Indonesia dan Malaysia ini, Kontingen Kwarcab Nunukan (Garuda 1) menoreh prestasi di empat cabang lomba yaitu juara 1 lomba bola voli, juara 1 lomba futsal, juara 3 lomba memasak, dan juara 2 lomba sepak takraw.

Sedangkan kontingen pramuka CLC Sabah (Garuda 2) mengukir prestasi di empat cabang lomba yakni juara 1 lomba menyanyi, juara 1 lomba menari, juara 1 lomba membuat gapura, dan juara 2 lomba memasak. Prestasi membanggakan ini membuat mereka dinobatkan sebagai kontingen terbaik

One thought on “Membanggakan, Siswa Indonesia Torehkan Prestasi di Malaysia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *