Mekanisme Pengajuan Cetak Sertifikat NPSN Madrasah

Posted on
Mekanisme Pengajuan Cetak Sertifikat NPSN Madrasah – NPSN wajib dimiliki oleh Madrasah agar diakui oleh Kemendikbud. Oleh karena itu bagi madrasah yang belum memiliki NPSN diharapkan agar segera mengajukan ke dinas terkait. Nah, bagi Madrasah yang sebelumnya telah mengajukan NPSN dan telah diterbitkan NPSN nya pertanyaan yang muncul adalah apakah sudah diberikan sertifikat? Dalam postingan ini admin akan membahas bagaimana Mekanisme Pengajuan Cetak Sertifikat NPSN Madrasah.

Perlu diketahui bahwa mekanisme pengajuan cetak sertifikat NPSN Madrasah telah diterbitkan kurang lebih 1 bulan yang lalu. Penerbitannya dilakukan oleh PDSP selaku pengelola data statistik dan data poko pendidikan.

Selain itu, setiap Satuan Pendidikan yang berada di bawah naungan Ditjen Pendidikan Islam (RA/Madrasah) berhak untuk mendapatkan NPSN dan Sertifikat Bukti Kepemilikan NPSN tersebut. Pemberian  NPSN  RA/Madrasah  dikelola  oleh  PDSPK  Kemendikbud melalui Mekanisme Sistem EMIS Pendis. Penerbitan  Sertifikat  NPSN  untuk  RA/Madrasah  dapat  dilakukan  oleh Kanwil Kemenag Propinsi Jawa Timur.

Berikut ini adalah Mekanisme Pengajuan Cetak Sertifikat NPSN Madrasah :

  • Operator   Lembaga   harus  terdaftar   pada   Jaringan  Pengelola   Data Pendidikan  (http://sdm.data.kemdikbud.go.id) dengan  melampirkan Surat Penugasan dari pimpinan masing-masing. Baca : Contoh Surat Tugas Operator Lembaga
  • Setelah Akun lembaga diaktifkan oleh PDSP Pusat, selanjutnya setiap RA/Madrasah harus mengupload scanning SK Ijin Operasional Pendirian Madrasah dengan format PDF berukuran kurang dari 1 mb melalui halaman http://vervalsp.data.kemdikbud.go.id .
  • Kemudian Operator harus melaporkan  basil upload kepada  operator EMIS  Kab/Kota agar direkap dan dibuatkan permohonan pencetakan Sertifikat NPSN.
  • Selanjutnya admin Kanwil akan mencetak Sertifikat NPSN berdasarkan daftar nama  dan  identitas RA/Madrasah  pada  Lampiran  Surat Permohonan Pencetakan Sertifikat NPSN Kab/Kota.
Demikian Mekanisme Pengajuan Cetak Sertifikat NPSN Madrasah, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.