Materi Bahan Pengayaan dan Remediasi PPG 2019 Bahasa Inggris

Posted on

A. RASIONAL

Pengembangan Materi Bahan Pengayaan dan Remedi PPG 2019 Mata Pelajaran Bahasa Inggris ini didasari dari hasil evaluasi penyelenggaraan PPG PGDK 2018 dalam rangka sertifikasi guru melalui PPG, hasil evaluasi menunjukkan angka tingkat kelulusan peserta khususnya di UP PPG-PGDK relatif masih rendah (dibawah 35%). Untuk itu perlu adanya suatu usaha dalam membekali peserta PPG-PGDK dan meningkatkan tingkat kelulusan sesuai dengan harapan yang telah ditargetkan pada program tersebut. Usaha yang dimaksud perlu adanya bahan ajar remediasi dan pengayaan sebagai sumber belajar yang memudahkan guru (peserta) dalam mengikuti PPG-PGDK selanjutnya.

>> Download Materi Bahan Pengayaan dan Remediasi PPG 2019 Bahasa Inggris

Bahan pengayaan dan remediasi mata pelajaran Bahasa Inggris yang dikembangkan ini mengacu pada kisi-kisi Uji Pengetahuan (UP) yang telah dikembangkan oleh tim penyusun soal UP pusat. Selain itu, bahan pengayaan dan remediasi yang dikembangkan ini mencakup soal-soal yang berasal dari soal UP tahun-tahun yang lalu, kunci dan pembahasannya. Untuk mata pelajaran Bahasa Inggris soal materi kompetensi pedagogi juga dalam bahasa Inggris.

Dengan dikembangkan bahan ajar ini, peserta PPG PGDK akan mampu merefleksikan kemampuannya baik itu di kompetensi pedagogi maupun profesionalnya. Bahan ajar ini juga dikembangkan dengan berfokus pada bagaimana cara peserta menjawab soal-soal UPPPG dengan memperhatikan pada pembahasannya. Namun, bahan atau sumber lain juga diharapkan dapat dipelajari oleh peserta PGDK untuk mendukung pemahaman pembahasan dalam bahan ajar ini.

Kesimpulannya, bahan ajar pengayaan dan remediasi mata pelajaran bahasa Inggris ini diharapkan mampu memudahkan guru (peserta) mata pelajaran bahasa Inggris yang mengikuti PPG PGDK untuk menghadapi atau menjawab soal-soal UP PPG.

B. TUJUAN PENULISAN

Penulisan bahan materi pengayaan dan remediasi mata pelajaran bahasa Inggris ini bertujuan untuk membantu penyiapan peserta PPG-PGDK dalam mempersiapkan diri menghadapi Uji Pengetahuan (UP) PPG. Bahan ajar ini dikembangkan sebagai media yang dapat digunakan secara mandiri maupun terbimbing.

C. CARA PENGGUNAAN DAN PEMANFAATAN BAHAN PENGAYAAN DAN REMIDIAL

  1. Membaca secara menyeluruh dan cermat maksud dan tujuan pembuatan yang termuat di BAB 1.
  2. Perhatikan secara cermat indikator/ kisi-kisi yang terjelaskan di BAB II. Perhatikan setiap soal yang menjadi contoh dari setiap indikator. Coba kerjakan, serta cocokkan hasilnya dengan kunci jawaban yang tersedia. Pelajari pembahasan yang tertera dari setiap soal/ indikator.
  3. Tulislah hal yang dianggap penting dalam buku catatan dan didiskusikan dengan sejawat, baik isi, penjelasan dan peluang pengembangannya.
  4. Coba kerjakan soal latihan yang ada di BAB III tanpa melihat kunci jawaban.
  5. Cocokan hasil kerjaan dengan kunci jawaban. Jika masih ada kesalahan, cek kembali pemahaman anda dengan pembahasan yang ada di BAB II
  6. Perluas pengetahuan anda dengan mencari soal maupun sumber materi yang lain.

Selengkapnya download di bawah ini

>> Download Materi Bahan Pengayaan dan Remediasi PPG 2019 Bahasa Inggris

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.