Juknis PPDB Madrasah 2018/2019 MI MTs MA MAK (KEMENAG)

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) memang masih jauh. Namun, sejak jauh-jauh hari sekolah perlu melakukan promosi, baik melalui brosur maupun media lain. Yang perlu dipahami adalah harus sesuai dengan Juknis PPDB Madrasah 2018/2019 yang sudah diterbitkan oleh Kemenag.
Download Juknis PPDB Madrasah 2018/2019 Disini = Download File
Pada penerimaan Siswa baru jenjang MI MTs MA MAK ini yang ditekankan adalah peningkatkan akses dalam pendidikan Islam yang berkualitas/bermutu dan bukan dari segi kuantitasnya.  
Untuk itu sesuai dengan keputusan t Direktur Jenderal Pendidikan Islam KEMENAG NOMOR 481 TAHUN 2018 tentang Juknis PPDB Madrasah 201, dijelaskan mengenai  mekanisme Penerimaan Peserta Didik Baru agar dalam pelaksanaanya sesuai
dengan ketentuan yang sudah ditetapkan, karena berkaitan dengan
kelangsungan pendidikan Madrasah.
Juknis PPDB Madrasah 2018/2019 MI MTs MA MAK (KEMENAG)

 

Beberapa poin penting dalam Juknis PPDB Madrasah 2018/2019 MI MTs MA MAK (KEMENAG)


Tujuan
Petunjuk Teknis PDB T.P 2018/2019 bertujuan untuk menjamin kegiatan di madrasah berjalan secara objektif, transparan, akuntabel, dan tanpa adanya diskriminasi dalam kegiatan MOS/PLS (Pengenalan Lingkungan Sekolah) sehingga bisa mendorong peningkatan akse layanan pendidikan berdasarkan azas berkeadilan. memberikan pedoman atau petunjuk bagi Kepala Madrasah, orang tua/wali siswa, masyarakat, dan para pemangku kepentingan dalam rangka pelaksanaan PPDB di madrasah.

Ruang Lingkup
Ruang lingkup PPDB ini meliputi tata cara penerimaan yang dilakukan pada tingkat:

  • Raudlatul Athfal (RA)
  • Madrasah Ibtidaiyah (MI)
  • Madrasah Tsanawiyah (MTs)
  •  Madrasah Aliyah (MA)
  • Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK)
Tata Cara PPDB RA dan Madrasah
PPDB dilaksanakan secara during/luring pada waktu yang telah ditentukan yaitu bulan Februari samapai dengan bulan Juli setiap tahunnya yang di selenggarakan oleh Negeri maupun swasta.

Pembiayaan PPDB
Pembiayaan untuk kegiatan PPDB dan pendaftaran pada madrasah yang diselenggarakan oleh Pemerintah tidak diperbolehkan membebankan berupa pungutan dari peserta didik tetapi dibebankan/diambil pada anggaran dana BOS sebagaimana yang tercantum pada DIPA untuk tahun anggaran berjalan.

Jumlah Siswa Dalam Satu Rombel
Jumlah peserta didik yang diterima ketika melaksanakan PPDB dalam satu Rombongan Belajar diatur sebagai berikut:

  • MI untuk satu kelas berjumlah paling banyak 28 siswa
  • MTs dalam satu kelas paling banyak berjumlah 32 siswa
  • MA dan MAK dalam satu kelas berjumlah 36 siswa paling banyak
  • MILB dalam satu kelas ditentukan jumlahnya paling banyak 5 siswa
  • MTsLB dan MALB paling banyak 8 siswa dalam satu kelas
 Download Juknis = Juknis PPDB Madrasah pdf

Emis Pendis Kemenag, Registrasi Emis Online di https://emispendis.kemenag.go.id/

Bapak/Ibu dapat melakukan registrasi Emis Online melalui halaman resmi https://emispendis.kemenag.go.id. Di form pendaftaran EMIS, silahkan masukan data-data yang diminta secara lengkap dan benar. Berikut ini kami rangkum panduan cara daftar Emis Pendis Tahun Pelajaran 2017/2018.

Cara Registrasi EMIS Online Terbaru

Sebelum melakukan pendaftaran, siapkan dulu data-data berikut ini :
1. Email aktif Guru yang bersangkutan untuk aktivasi akun EMIS
2. Siapkan scan SK PNS berukuran 200kb
3. NIK (Nomor Induk Keluarga)
4. Nomor HP yang masih aktif
Emis Pendis Kemenag, Registrasi Emis Online di https://emispendis.kemenag.go.id/
Selanjutnya ikuti cara pendaftaran online guru PAI di halaman EMIS Pendis berikut ini :
1. Buka halaman https://emispendis.kemenag.go.id atau
2. Maka akan muncul form e-Pendataan EMIS Kemenag
3. Isikan data lengkap yang diminta
berikut tampilannya :
Registrasi Emis Online
form pendaftaran Emis Pendis
Registrasi Emis Online
form pendaftaran EMIS Pendis
Registrasi Emis Online
Form Pendaftaran EMIS Pendis
Penjelasan Gambar (Registrasi Online Emis Online)
1. Isikan Profil Operator EMIS, yakni :
Email
Password
Ulangi Password
Jabatan
NIP/NOPEG
NIP
Pangkat/Golongan
Nama Lengkap
Tempat Lahir
Tanggal Lahir
No. HP
2. Isikan Tempat Tinggal :
Alamat
Provinsi
Kabupaten
Kecamatan
3. Isikan Tempat Tugas :
Kategori Akses
Hak Akses
Identitas
Kopertais (dipilih, jika PTKI)
Tempat Tugas
Alamat Kantor
Provinsi
Kabupaten
Kecamatan
Telepon
Status Pegawai (PNS/Non PNS)
Unggah SK
Setelah semua data terisi, silahkan simpan.
Untuk keaktifan status pengajuan, silahkan cek email. Demikian panduan bagaimana cara cara mudah daftar emis online guru PAI 2017/2018, semoga bermanfaat.

Juknis TPG Madrasah Tahun 2017 (Revisi) Beserta Penetapan NRG Melalui Simpatika

Melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Nomor 1472A/DJ.I/KP.07.04/04/2017, Kementerian Agama RI menerbitkan surat edaran terkait Juknis TPG Madrasah Tahun 2017 (Revisi) Beserta Penetapan NRG Melalui Simpatika.

Mengenai revisi juknis tersebut, dapat didownload melalui link ini :

–>> Download Revisi Juknis TPG Madrasah

Juknis TPG Madrasah Tahun 2017 (Revisi) Beserta Penetapan NRG Melalui Simpatika
Berikut isi dari Revisi Juknis TPG Madrasah Tahun 2017 Beserta Penetapan NRG Melalui Simpatika

1. Pada Bab III poin A.3 yang awalnya tertulis “Memenuhi Kualifiaksi Akademik S-1 atau D-IV. Khusus Guru PNS yang masih Gol II namun sudah lulus S-1/D-IV sebelum tanggal 31 Desember 2015 dan telah memenuhi persyaratan yang diatur melalui Surat Sekjen Kementerian Agama Nomor : 7362/SJ/Kp.01.1/10/2016” direvisi sehingga berbunyi sebagai berikut : “Memenuhi Kualifiaksi Akademik Minimum S-1/D-IV. Khusus Guru PNS yang saat ini berada dalam golongan II namun sudah lulus S-1/D-IV sebelum tanggal 31 Desember 2015 dan telah memenuhi persyaratan yang diatur melalui Surat Sekjen Kementerian Agama Nomor : 7362/SJ/Kp.01.1/10/2016 sehingga masih dalam proses penyesuaian terhadap golongan ruang dan kepangkatannya sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan”

2. Nomor Registrasi Guru (NRG) yang telah diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ditetapkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Islam secara resmi melalui sistem Informasi dan Manajemen Pendidik dan tenaga Kependidikan Kementerian Agama (SIMPATIKA) secara otomatis;

3. Penetapan NRG sebagaimana dimaksuda pada poin 2 dilakukan secara gigital berupa format S26e dan/atau Piagam NRG. Pencetakan format S26e dapat dilakukan melalui SIMPATIKA dengan menggunakan akun individu yang dimiliki oleh guru dan tenaga kependidikan.

4. Guru dan tenaga kependidikan yang sebelumnya telah memiliki NRG melaui SK Dirjen Pendidikan Islam, kartu NRG, dan Format Lembaran BPSDMPK-PMP Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Namun mengalami perubahan NRG sebagaimana yang tercantum diformat S26e, maka NRG yang digunakan adalah yang tercantum dalam format S26e.

5. Penyaluran Tunjangan Profesi Guru sepenuhnya berpedoman penuh kepada Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 7394 Tahun 2016 tentang Petunjuk Teknis Penyaluran Tunjangan Profesi Guru bagi Guru Madrasah Tahun 2017.

Penjelasan Lengkap Cetak SKBK dan SKMT Melalui SIMPATIKA

Kementerian Agama Republik Indonesia melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Islam menerbitkan surat edaran nomor 3570/05.I/Set.I/PP.00.II/09/2016 perihal Penjelasan Lengkap Cetak SKBK dan SKMT Melalui SIMPATIKA
Surat edaran ini diterbitkan mengingat masih terdapat kesulitan teknis yang dihadapi para guru dan tenaga kependidikan binaan Direktorat Pendidikan Madrasah dan Direktorat Pendidikan Islam pada sekolah dalam proses verifikasi dan validasi data individu melalui program Simpatika.

 

Unduh Penjelasan Lengkap Cetak SKBK dan KMT Melalui SIMPATIKA  di sini :

  • [Unduh] Penjelasan Lengkap Cetak SKBK dan KMT
Dalam surat edaran tersebut terdapat 3 poin yang harus diperhatikan :

1. Guru yang statusnya telah terdaftar aktif mengajar di SIMPATIKA dan telah memenuhi ketentuan penyaluran tunjangan profesi guru akan dinyatakan secara otomatis oleh sistem “Layak” menerima Tunjangan Profesi Guru.

2.   Bagi guru yang telah memenuhi ketentuan porn 1 di atas, namun dinyatakan oleh sistem “Tidak Layak” yang disebabkan hal- hal sebagai berikut:
a. Bertugas di satuan pendidikan daerah tertinggal (3T);
b. Bertugas di satuan pendidikan luar biasa / inklusi;
c. Memiliki keahlian khusus dan langka
d. Bertugas di madrasah/sekolah Indonesia di Luar Negeri;
e. Ditugaskan menjadi guru di negara lain atas dasar kerjasama antar negara;
f.  Dibebaskan dari batasan standar pemenuhan rasio guru dan siswa;
g. Belum menyelesaikan Verval NRG namun sudah memiliki SK Dirjen tentang Penetapan NRG sebelumnya.

Maka guru yang bersangkutan segera melaporkan kepada Kepala Madrasah Negeri (admin Madrasah) dan/atau Kepala Kemenag Kabupaten/Kota (admin Kabupaten/Kota) untuk mengajukan permohonan penyesuaian cetak SKBK dan SKMT dengan cara mencantumkan alasan-alasan tersebut di atas melalul SIMPATIKA supaya status, menjadi “Layak” menerima Tunjangan Profesi guru.

3. Bagi guru dalam binaan Direktorat Pendidikan Agama Islam pada Sekolah, dikarenakan proses, VerVal NRG baru akan dimulai pada tahun pelajaran 2016/2017 maka pencetakan SKBK da SKMT dilakukan secara manual.

Pedoman Lomba Penulisan Best Practice Bagi Pengawas Sekolah/Madrasah Tahun 2016

Pedoman Lomba Penulisan Best Practice Bagi Pengawas Sekolah/Madrasah Tahun 2016 – Istilah best practice mengandung arti “pengalaman terbaik” dari keberhasilan seseorang atau kelompok dalam melaksanakan tugas, termasuk dalam mengatasi berbagai masalah dalam lingkungan tertentu. Dalam pedoman ini yang dimaksud dengan Best Practice Pengawas Sekolah/Madrasah adalah pengalaman terbaik yang dimiliki pengawas sekolah/madrasah dalam melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai pengawas sekolah. Wujud Best Practice pengawas sekolah/madrasah adalah laporan tentang pengalaman terbaik dalam keberhasilan pelaksanaan tugas yang berkaitan dengan kepengawasan di sekolah/ madrasah-binaannya.
Suatu pengalaman dapat dikategorikan sebagai best practice karena memiliki pertanda khas sebagai berikut:
1. mengembangkan cara baru dan inovatif dalam mengatasi suatu masalah dalam pendidikan khususnya pembelajaran;
2. memberikan sebuah perubahan atau perbedaan sehingga sering dikatakan hasilnya luar biasa (outstanding result);
3. mengatasi persoalan tertentu secara berkelanjutan (keberhasilan lestari atau berlangsung lama) atau dampak dan manfaatnya berkelanjutan (tidak sesaat);
4. menjadi model dan memberi inspirasi dalam membuat kebijakan (pejabat) serta inspiratif perorangan, termasuk murid;
5. cara dan metode yang digunakan bersifat ekonomis dan efisien.
Pedoman Lomba Penulisan Best Practice Bagi Pengawas Sekolah/Madrasah Tahun 2016
Karakteristik Laporan Best Practice
1. Orisinalitas; topik dan bahasan merupakan ide yang memuat keaslian maupun kreativitas dengan memadukan sejumlah gagasan maupun ide-ide baru tanpa mengurangi keaslian sumber utamanya.
2. Inovatif; hasil yang dicapai memuat ide kebaruan atau novelty, bukan jiplakan atau peniruan apa adanya, dan berkaitan dengan peningkatan kualitas kinerja pengawas sekolah yang lebih terampil, elegan, dan bermakna.
3. Elaboratif; kepiawaian seseorang dalam menguraikan, merinci, menghubungkan suatu konsep/data satu dengan lainnya sehingga menghasilkan gagasan/karya baru yang lebih kompleks tetapi terurai.
4. Inspiratif; memberikan dorongan dan motivasi maupun spirit dalam melaksanakan tugas pangawas sekolah bagi orang lain.
5. Empirik; menunjukkan bukti nyata kinerja berbasis pengalaman, dalam supervisi managerial maupun akademik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.
6. Aplikatif; hasil best practice dapat direflikasi, dimanfaatkan, dan atau dikembangkan baik di sekolah sendiri maupun di sekolah lain.
Persyaratan Peserta
1. Pengawas sekolah/madrasah pada jenjang pendidikan dasar dan menengah yang masih aktif.
2. Memiliki kualifikasi akademik minimal Diploma IV (D-IV) atau Sarjana (S1).
3. Memiliki sertifikat pendidik.
4. Karya best practice belum pernah di ikutkan dalam lomba ataupun pemilihan berprestasi.
5. Memiliki pengalaman kerja sebagai pengawas sekolah pada jenjang pendidikan dasar dan menengah sekurang-kurangnya 2 (dua) tahun berturut-turut, dibuktikan dengan keputusan pengangkatan sebagai pengawas sekolah/madrasah oleh yang berwenang.
6. Tidak pernah menerima hukuman dengan sanksi sedang atau berat.
7. Tidak sedang dalam proses alih tugas ke jabatan lain, seperti jabatan administratif, struktural atau tugas lainnya.
8. Belum pernah menjadi juara lomba best practice tingkat nasional sejenis.
Kelengkapan Dokumen yang harus dipenuhi :
1. Biodata
2. NUPTK
3. Hasil Scan ijasah Sarjana (S1) atau Diploma Empat (D-IV)
4. Hasil Scan Sertifikat Pendidik
5. Hasil Scan Surat Keterangan Melaksanakan Tugas dari Atasan
6. Hasil Scan Surat keterangan dokter yang menyetakan sehat jasmani dan rohani
7. Hasil Scan Surat Pernyataan belum pernah menjadi juara 1, 2, atau 3 Lomba sejenis dan/atau Pemilihan Pengawas Sekolah Berprestasi Tingkat Nasional
8. Hasil Scan Surat Pernyataan yang menyatakan bahwa:
a. Best Practice dibuat sendiri dan tidak menyalin atau menjiplak karya orang lain.
b. Dilaksanakan pada dua tahun terakhir
c. Belum pernah diikutsertakan dalam lomba sejenis baik tingkat nasional maupun internasional.
9. Hasil Scan Pengesahan dari Kepala Dinas Pendidikan Kab/Kota
10. File Laporan tertulis Best Practice

Unduh dulu :

Unduh Pedoman Lomba Penulisan Best Practice Bagi Pengawas Sekolah/madrasah Tahun 2016 di sini :

Jadwal Rilis Fiture SIMPATIKA Kemenag Semester 1 Tahun Pelajaran 2016/2017

Sesuai dengan jadwal bahwa SIMPATIKA Periode Semester 1 Tahun Pelajaran 2016/2017 akan dibuka mulai 1 Agustus 2016. Sesuai dengan Juknis Tunjangan Profesi Guru periode 2016 bahwa SIMPATIKA menjadi sistem informasi utama untuk tata kelola tunjangan guru di lingkungan Kemenag. Untuk mendukung hal tersebut dilakukan beberapa penyempurnaan pada aplikasi SIMPATIKA, sesuai jadwal rilis berikut: 

Rilis Tanggal 1 Agustus 2016
  • Pembagian peran (roles) hak akses admin sesuai kewenangan wilayah kerja pada unit kerja di lingkungan Kemenag (Madrasah, PAI, dan BIMAS) dari tingkat Kab/Kota, Kanwil Provinsi dan Pusat.
  • Lanjutan Verval NRG dan Verval SK Inpassing.
  • Cetak Kartu Digital status keaktifan PTK pada periode Semester 1 TP. 2016/2017.
  • Isian Jadwal Mengajar Guru Semester 1 TP. 2016/2017.
  • Registrasi Guru Baru mapel Pendidikan Agama yang bertugas di satminkal sekolah Kemdikbud dapat diproses oleh Admin Kankemenag Kab/Kota. 
  • Kepala Madrasah status PNS diijinkan ditempatkan di madrasah swasta.
  • Fitur penerbitan Nomor Peserta Sertifikasi bagi guru bersertifikasi yang belum memiliki nomor peserta (standar 14 digit numerik) di piagam sertifikasinya (khusus pola sertifikasi dalam jabatan). 
Jadwal Rilis Fiture SIMPATIKA Kemenag Semester 1 Tahun Pelajaran 2016/2017


Rilis Tanggal 8 Agustus 2016 
 
  • Ajuan ijin belajar bagi para guru yang belum S1/D4.
  • Konfirmasi kesesuaian nama mapel sertifikasi dengan kode mapel (bagi guru yang telah verval NRG permanen). Dan Verval NRG ulang bagi guru yang terdeteksi nomor peserta tidak valid (14 digit numerik).
  • Verval sertifikasi kedua, ketiga, dst.
  • Penambahan 4 JTM bagi madrasah yang menggunakan KTSP.
  • Isian jadwal mengajar oleh Guru PAI berbasis kelas/rombel. 
  • Cetak S25
  • Cetak SKBK bagi guru satminkal madrasah negeri oleh akun Kepala Madrasah Negeri tempat satminkalnya. Untuk guru satminkal madrasah swasta, cetak SKBK oleh Kepala Kantor Kemenag Kab/Kota setempat.

Rilis akhir Agustus 2016 
 
  • Pengelolaan kelas akselerasi basis K13 pola 4 semester dan 6 semester.

sumber

Pemutakhiran Data EMIS Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2016/2017

Kementerian Agama RI melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Islam telah menerbitkan surat edaran nomor 2211/DJ.I/Set.I/0T.01.2/07/2016 tertanggal 13 Juli 2016 tentang Pengantar Pemutakhiran Data EMIS Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2016/2017. Dalam surat tersebut dijelaskan bahwa sehubungan dengan akan dimulainya kegiatan belajar mengajar pada tahun pelajaran 2016/2017, diinformasikan bahwa Direktorat Jenderal Pendidikan Islam akan melakukan pemutkhiran data pendidikan islam periode semester ganjil TP 2016/2017 melalui sistem pendataan EMIS.
Dalm surat tersebut disebutkan pula bahwa pemutakhiran data EMIS semester gajil TP 2016/2017 diberlakukan bagi seluruh entitas pendataan di bawah binaan Direktorat Jenderal Pendidikan islam, yang meliputi, RA, MI, MTs, MA dan pengawas Madrasah, Pondok Pesantren, Guru PAI dan pengawas PAI, Perguruan tinggi keagamaan Islam Negeri dan swasta
Selanjutnya setiap satuan pendidikan, peserta didik, lulusan, pendidik dan tenaga kependidikan di bawah binaan Ditjen Pendis diwajibkan untuk melakukan pemutakhiran data EMIS Semester ganjil TP 2016/2017 dengan mengisi instrumen pendataan resmi yang dikeluarkan oleh Ditjen Pendis secara lengkap dan akurat sesuai petunjuk pengisian yang tersedia.
Pemutakhiran Data EMIS Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2016/2017
Penting dipahami oleh semua pihak, bahwa bagi satuan pendidikan, guru PAIS, Pengawas PAIS dan pengawas madrasah yang tidak melakukan pemutakhiran data EMIS, maka tidak akan diakui keberadaannya oleh Kementerian Agama RI dan secara otomatis tidak berhak untuk mendapatkan layanan dalam bentuk apapun dari Ditjen Pendis (termasuk peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan yang ada di dalamnya).
Untuk waktu pelaksanaan pemutakhiran data EMIS semester ganjil TP 2016/2017 dimulai terhitung sejak 13 Juli 2016 dan akan berakhir pada tanggal 31 Oktober 2016. Instrumen dan aplikasi dapat diunduh melalui http://emispendis.kemenag.go.id/emis_sdm
Selengkapnya unduh Pengantar Pemutakhiran Data EMIS Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2016/2017 disini :

Form EMIS RA, MI, MTs dan MA Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2016/2017

Meski
tahun pelajaran 2016/2017 belum dimulai, namun Kemenag melalui Ditjen
Pendis telah merilis Form EMIS Semester Ganjil Tahun Pelajaran
2016/2017. Dalam fungsinya EMIS hampir sama dengan aplikasi Dapodik yang
digunakan oleh sekolah yang berada di naungan Kemendikbud, yakni untuk
mendata seluruh elemen sekolah baik dari pendidik, siswa, sarpras dan
lain-lain.
Tidak
jauh berbeda dari tahun sebelumnya, EMIS tahun 2016/2017 mendatang juga masih
menggunakan 3 tahap, yakni pengisian data form excel, dilakukan validasi
menggunakan aplikasi EMIS Desktop dan kemudian diupload ke Sistem EMIS
secara online.
Berdasarkan informasi awal, akan ada penyempurnaan fiture pada sistem EMIS. Penyempurnaan tersebut diantaranya adanya penambahan variable pada form data lembaga, data personal, data siswa, data lulusan, dan data pegawai madrasah. Jika kita lihat, penambahan data tersebut sudah disesuaikan dengan data pada aplikasi Dapodik Kemendikbud.
Baca : Inilah Poin Penting Penyempurnaan EMIS TP 2016/2017

Form EMIS RA, MI, MTs dan MA Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2016/2017

Nah berikut ini Form EMIS RA, MI, MTs dan MA Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2016/2017 yang dapat Anda unduh :

Informasi Penyempurnaan EMIS Semester Ganjil TP 2016/2017

Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2016/2017 mendatang rencananya akan dilakukan penyempurnaan aplikasi EMIS. Perubahan tersebut diantara adanya penambahan variable pada form data lembaga, data personal, data siswa, data lulusan, dan data pegawai madrasah. Jika kita lihat, penambahan data tersebut sudah disesuaikan dengan data pada aplikasi Dapodik Kemendikbud. 
Secara umum, mekanisme updating semester ganjil TP 2016/2017 rencananya masih akan menggunakan mekanisme yang sama dengan periode sebelumnya :
1.    Input/Update Data menggunakan Form Data Excel
2.    Validasi Data menggunakan Aplikasi Desktop EMIS
3.    Upload Data menggunakan Aplikasi EMIS Online
Untuk updating semester genap TP 2016/2017 direncanakan akan ada perubahan mekanisme updating dan aplikasi yang digunakan.
Penambahan Variabel pada Form Data Lembaga 
1. Jenis Bahasa Asing (Jika Memiliki Jurusan Bahasa), Khusus MA : Bahasa Arab, Bahasa Mandarin, Bahasa Jepang, Bahasa Perancis, Bahasa Jerman, dll
2. Kategori Wilayah Khusus :
– Daerah Terpencil/Terbelakang   
– Daerah Masyarakat Adat    
– Daerah Bencana Alam/Sosial
– Daerah Perbatasan
3. Kepemilikan Sertifikat ISO :
– ISO 9001:2000   
– ISO 9001:2008   
– Dalam Proses
– Belum
4. Daya Tampung Asrama Madrasah
5. Gelar Depan & Gelar Belakang Kepala Madrasah
6. Status Menerima BOS : – Bersedia    – Tidak Bersedia
7. Luas Tanah Berstatus Wakaf & Hak Guna Bangunan
8. Jumlah Sarpras/Bangunan dalam Kondisi Rusak Sedang
9. Laboratorium PAI didata
10. Status Kepemilikan Sarpras Pendukung Pembelajaran : -Milik Sendiri    -Bukan Milik Sendiri
11. Besarnya Daya Listrik (Watt)
12. Ketersediaan Air Sanitasi (Kecukupan Air, Sumber Air Sanitasi & Air Minum untuk Siswa)
13. Kualitas Jaringan Internet
14. Jaringan Internet Yang Tersedia
15. Riwayat Bantuan Yang Pernah Diterima Madrasah

Penambahan Variabel pada Form Data Personal/PTK 
1.  Agama PTK
2. Riwayat Pendidikan PTK (Jenjang S1, S2 & S3) 
3. Tambahan Data Guru Tetap Non-PNS (Nomor SK dan Tanggal SK Pengangkatan Guru Tetap Non-PNS)
4. Tambahan Data Inpassing Guru Non-PNS (Nomor SK Inpassing dan Tanggal SK Inpassing)
5. Tambahan Data Terkait Sertifikasi Guru 

Penambahan Variabel pada Form Data Siswa
1. Jenis Beasiswa Yang Diterima Tahun 2016
2. Jangka Waktu Beasiswa Yang Diterima Tahun 2016 (dalam satuan bulan)
3. Jumlah Uang Beasiswa Diterima
4. Agama Siswa
5. Jenis Bahasa Asing Yang Dipilih Siswa  Khusus siswa jurusan Bahasa MA :
6. Nama Wali Kelas Saat Ini
7. NPSN Sekolah pada Jenjang Sebelumnya
8. Nomor Blanko SKHUN pada Jenjang Sebelumnya  Untuk MA & MTs
9. Nomor Seri Ijazah pada Jenjang Sebelumnya  Untuk MA & MTs
10. Total Nilai UN pada Jenjang Sebelumnya  Untuk MA & MTs
11. Tanggal Kelulusan pada Jenjang Sebelumnya
12. Identitas Wali Siswa (Jika Yang Menanggung Biaya Pendidikan bukan Orangtua Kandung Siswa)
13. Jenis Tempat Tinggal Siswa 
Penambahan Variabel pada Form Data Lulusan  
1. Nomor Induk Kependudukan (NIK) Lulusan
2. Agama Lulusan
3. Nomor Peserta Ujian Nasional (UN) Lulusan
4. Nomor Blanko SKHUN Lulusan
5. Nomor Seri Ijazah Lulusan
6. Tanggal Kelulusan
Penambahan Variabel pada Form Data Pengawas Madrasah
1.  Riwayat Pendidikan Pengawas Madrasah (Jenjang S1, S2 & S3)
2. Tambahan Data Terkait Sertifikasi Pengawas Madrasah

Silahkan unduh penjelasan lengkap mengenai Informasi Penyempurnaan EMIS Semester Ganjil TP 2016/2017 disini : 

7 Poin Penting Layanan Simpatika Akhir Tahun Pelajaran 2015/2016

Memasuki akhir tahun pelajaran 2015/2016, Kementerian Agama melalui Dirjen Pendis membuat kebijakan terbaru terkait layanan SIMPATIKA. Berikut ini kami sampaikan informasi terbaru Layanan Simpatika Akhir Tahun Pelajaran 2015/2016 yang dirangkum menjadi 7 poin :
A. Efektifitas Simpatika
1. Berdasarkan SE Dirjen Pendis no.373.A/Dj.I/Dt.I.I/2/HM.01/03/2016 tanggal 11 Maret 2016 disebutkan bahwa efektifitas pencairan melalui SIMPATIKA dengan fitur SKMT/SKBK-nya akan mulai diberlakukan mulai semester Ganjil Tahun Pelajaran 2016/2017 dan bersifat mengikat dan tidak dapat diganggu gugat.
2. Semester Genap TP.2015/2016 adalah “sarana latihan” untuk semester selanjutnya. (proses akhir adalah S25 serta SKMT/SKBK)
3. Batas akhir verval semester Genap Tahun Pelajaran 2015/2016 yaitu 30 Juni 2016.
4. Agenda Verval NPSN, adalah langkah awal dari sinkronisasi antara SIMPATIKA – EMIS
5. Guru PAI tidak akan diterbitkan NPK, karena Satminkalnya di Kemdikbud.
6. Sesuai SE Dirjen Pendis No.2940/SJ/DJ.I/DT.I/HM.00/4/2016, maka SK Tim SIMPATIKA harus dikeluarkan oleh Kepala Kanwil atau Kepala Kemenag Kabupaten. 

7 Poin Penting Layanan Simpatika Akhir Tahun Pelajaran 2015/2016
B. Sertifikasi / NRG
1. Pusat telah memiliki longlist peserta sergur 2016, hanya saja karena belum ada Surat Keputusan mengenai LPTK pelaksana sergur 2016 maka data disimpan dulu, yang nantinya juga akan disinkronkan dengan AP2SG. (tetap pola PLPG dengan prioritas Guru PNS yang belum tersertifikasi, jika masih ada kuota baru Guru Non-PNS)
2. Masalah verval NRG yang bermasalah akan mulai dibereskan mulai Bulan Juni 2016, sehingga pada semester Ganjil TP.2016/2017 masalah linieritas yang berasal dari verval NRG akan terselesaikan.
3. Jika guru adalah lulusan kampus yang melaksanakan PPG pada tahun-tahun sebelumnya, maka sertifikatnya berbeda. Jika bisa dientry pada verval NRG, maka silahkan dientry. 

C. Inpassing
1. Inpassing akan dicairkan bagi pemilik SK Inpassing yang telah diaudit BPKP. Dibayar sesuai golongan, tanpa melihat usia kerja.
2. Tidak akan ada revisi SK Inpassing.
3. Verval Inpassing pada SIMPATIKA agar disesuaikan dengan SK Fisik yang ada.
 

D. Kepala Madrasah
1. Rujukan mengenai Kamad PNS di sekolah swasta : KMA no.492 tahun 2003, KMA no.493 tahun 2003 dan PMA no.29 tahun 2014. Saat ini sedang menanti Aturan baru agar dapat diakui tambahan jam mengajarnya pada aplikasi SIMPATIKA.
2. Guru PNS DPK di sekolah swasta secara administrasi harus terdata di sekolah negeri.
3. PKG guru PNS DPK di sekolah swasta berhak dilakukan oleh Kepala Sekolah Negeri.

E. Kurikulum
1. Masalah linieritas pada SIMPATIKA berpedoman pada Surat Edaran BPSDMPK no. 29277/J/LL/2014. (masih tahap penyempurnaan)
2. Misalnya jika sertifikasinya guru Penjaskes di MI kemudaian mutasi menjadi guru Penjaskes di MTs, maka mapelnya tidak akan linier. (rujukan sesuai jenjang mapel sertifikasinya)
3. SKMT/SKBK yang dikeluarkan oleh SIMPATIKA akan digunakan sebagai syarat pencairan tunjangan, oleh karena itu agar masing-masing kabupaten mengarsipkan berkas tersebut dengan rapih.

F. Lain-Lain
1. Agar sama-sama mengontrol menu STATISTIK pada beranda SIMPATIKA untuk mengontrol keaktifan guru dan PTK di wilayah masing-masing.
2. Perbaiki redaksi SK Guru PNS DPK di sekolah swasta. Harusnya tertera : “….. diangkat sebagai CPNS pada MTs Negeri xxx dan Diperbantukan pada MTs Swasta yyy di Lingkungan ……..”
3. SIMPATIKA melibatkan banyak pihak, diantaranya Kepala Kantor, Pengawas, Seksi PAIS. Oleh karena itu agar saling berkoordinasi dengan seksi penmad.

G. Perihal SKMT/SKBK
1. Berkoordinasi dengan Korwas agar bersama-sama mem-follow up SKMT/SKBK dari para guru dengan cara melakukan kroscek ajuan SKMT/SKBK dari Simpatika yang diserahkan dengan keadaan sesungguhnya di lapangan. Jangan sampai menyetujui guru yang belum memenuhi persyaratan. Form SKMT yang diserahkan guru kepada Pengawas adalah S29a beserta lampirannya. Kemudian setelah disetujui oleh Pengawas, Ajukan SKBK (S29d) kepada admin simpatika Kabupaten untuk memperoleh SKBK (S29e) yang harus ditandatangai oleh Kepala Kantor Kemenag Kabupaten. 
– Perkecualian : Hal tersebut diatas berlaku mulai semester Ganjil 2016/2017, sedangkan untuk semester ini mohon kerjasamanya untuk menyetujui ajuan SKMT/SKBK yang diserahkan karena masih dalam tahap latihan dan pembiasaan untuk semester selanjutnya.
2. Seluruh berkas yang telah beres, diarsipkan di bagian pencairan sertifikasi seksi PENMAD untuk dijadikan persyaratan pencairan. 
3. Perihal keaktifan guru dan PTK
Berkoordinasi dengan Ketua IGRA, MK2MI dan MK2MTs dan koordinator MA untuk menyampaikan informasi hasil sosialisasi dan juga saling mengingatkan mengenai proses-proses yang harus dilaksanakan pada Simpatika. Bersama-sama mengakses menu statistik pada beranda web Simpatika.