Kumpulan Soal UKG TK, SD, PAI dan Penjas Tahun 2015

Posted on

Kumpulan Soal UKG TK, SD, PAI dan Penjas Tahun 2015 – Sesuai dengan Pedoman UKG 2015 bahwa Uji Kompetensi Guru (UKG) secara online akan dilaksanakan antara tanggal 9 sampai dengan 27 November 2015 di Tempat Uji Kompetensi Guru (TUG) di masing-masing daerah. Sedangkan untuk offline pelaksanaannnya akan ditentukan kemudian diantara tanggal pelaksanaan UKG online atau setelah UKG online selesai.
Baca : Pedoman UKG 2015

UKG tahun ini diikuti oleh seluruh guru termasuk Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah Indonesia baik yang berstatus PNS maupun Non PNS. Tentunya yang akan mengikuti UKG tersebut harus sudah memiliki NUPTK dan juga terdaftar dalam Dapodik.

Hasil UKG tahun 2015 ini akan diintegrasikan dengan program Penilaian Kinerja Guru dan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan sebagaimana diamanatkan dalam Permenpan dan RB Nomor 16 Tahun 2009 sebagai persyaratan kenaikan pangkat dan jabatan fungsional guru. Pengembangan keprofesian berkelanjutan dikoordinasikan oleh PPPPTK berdasarkan identifikasi peta kompetensi guru yang diketahui dari hasil UKG .

Hasil UKG ini selain digunakan sebagai dasar dalam pengembangan keprofesian berkelanjutan dan penilaian kinerja guru, digunakan juga sebagai informasi awal untuk menganalisis lembaga pendidikan guru. Untuk itu, sistem dan mekanisme pelaksanaan UKG akan disempurnakan dan dikembangkan secara terus menerus guna memberikan kontribusi dalam pengembangan kualitas sumber daya manusia melalui pembangunan pendidikan.
Baca : Hasil UKG Dijadikan Syarat Kenaikan Pangkat Guru

wimaogawa.blogspot.com

Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa UKG dapat dijadikan sebagai pengambil kebijakan dalam kaitannya dengan kenaikan pangkat, promosi jabatan, diklat, dll

Jika dipisahkan, hasil UKG ini akan dibagi menjadi beberapa level, misalnya level 1 untuk nilai 1 sampai dengan 10, level 2 untuk nilai 21 sampai dengan 30, level 3 untuk level 31 sampai dengan level 40, dst.

Sedangkan bagi guru Sekolah Dasar, soal UKG dibedakan menjadi 2 yaitu Soal bagi guru kelas bawah (kelas I-III) dan soal kelas atas (kelas IV-VI). Untuk guru mapel seperti SMP, SMA/SMK disesuaikan dengan mapel yang diampunya.

Perlu Bapak/Ibu ketahui bahwa sebagai syarat untuk mendapatkan tunjangan profesi di tahun mendatang minimal hasil UKG adalah 6,0. Dan diwajibkan terdaftar dalam Dapodik sekolah. Seandainya tidak terdaftar dalam dapodik maka dampaknya akan berimbas ke Tunjangan Profesi.

Berikut ini adalah Kumpulan Soal Latihan UKG untuk guru TK, SD,  guru PAI, dan penjas yang dikutip blog Pak Deni melalui Pak Marthob dengan masing-masing soal yang terdiri dari 100 butir.

Download Kumpulan Soal UKG TK, SD, PAI dan Penjas Tahun 2015 melalui link di bawah ini :
Download Kumpulan Soal Latihan UKG TK, SD, Guru PAI dan Penjas Tahun 2015

Demikian informasi seputar Kumpulan Soal UKG TK, SD, PAI dan Penjas Tahun 2015, semoga menambah wawasan bagi Bapak/Ibu sekalian. Terima kasih.
Baca juga : Kisi-Kisi Materi UKG Tahun 2015 Terlengkap Berisi Semua Mapel

Salam Operator Sekolah !!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.