Kumpulan Cerita Rakyat Nusantara Dalam Media Pembelajaran Interaktif

Posted on
Setiap daerah di Indonesia tentu memiliki cerita rakyat ang berbeda-beda. Dalam perkembangannya cerita rakyat sedikit berkurang seiring dengan perkembangan zaman. Bisa jadi karena perkembangan teknologi sekarang ini merubah pola pikir setiap anak. Nah, pada postingan ini admin akan membagikan Kumpulan Cerita Rakyat Nusantara yang tersaji dalam media pembelajaran interaktif yang dipadukan dalam format Power Point. 
Sebenernya apa itu cerita rakyat? Cerita Rakyat adalah cerita yang berasal dari suatu masyarakat yang terjadi masa lampau dan terus berkembang secara turun temurun dan menjadi ciri khas setiap bangsa yang memiliki kultur budaya yang beraneka ragam dan memiliki sejarah bagi masing-masing bangsa.
Kumpulan cerita rakyat nusantara ini dikemas dalam pembelajaran interaktif. Apa itu media pembelajaran interaktif. Media pembelajaran interaktif merupakan sebuah metode pembelajaran dimana guru memiliki peran penting, yakni menciptakan situasi interaktif yang edukatif atau dengan kata lain interaksi antara guru dengan siswa, siswa dengan siswa dan dengan sumber pembelajaran dalam menunjang tercapainya tujuan belajar. 
Kumpulan cerita rakyat ini ada yang pendek dan ada juga yang panjang. Namun, umumnya jika digunakan untuk pembelajaran digunakan cerita rakyat yang pendek, karena siswa tidak akan jenuh. 
Ada beberapa cerita rakyat yang populer antara lain :
1. Cerita Rakyat Danau Toba
2. Cerita Rakyat Malin Kundang
3. Cerita Rakyat Bawang Merah-Bawang Putih
4. Cerita Rakyat Sangkuriang
dll
Cerita Rakyat Jawa Tengah misalnya joko kendik, rawa pening, Aji Saka, dll. Untuk cerita rakyat jawa barat misalnya sangkuriang, Lutung Kasarung, Putri Kandita, dll. 

Lebih lanjut silahkan unduh Kumpulan Cerita Rakyat Nusantara Dalam Media Pembelajaran Interaktif di sini :

  • [Unduh] Kumpulan Cerita Rakyat Nusantara Dalam Media Pembelajaran Interaktif

Sekian share dari kami, semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *