Juknis Pembangunan Perpustakaan Madrasah Untuk MI/MTs/MA Tahun 2016

Posted on
Banyaknya madrasah yang belum memiliki sarana dan prasarana yang memadai. Salah satunya perpustakaan yang memenuhi standard kualifikasi minimal. Keadaan ini tentu memberi kontribusi belum optimalnya mutu pendidikan madrasah di Indonesia. Diantaranya semangat baca yang rendah dikalangan siswa, ketersediaan koleksi buku/referensi yang terbatas sampai pada rendahnya minat guru dan siswa untuk melakukan penelitian (riset). Oleh karenanya perpustakaan madrasah harus dikelola dengan baik sehingga dapat memberikan layanan yang berkualitas.

Hasil kajian mengenai perpustakaan madrasah disimpulkan bahwa: (1) Masih banyak madrasah yang belum memiliki perpustakaan; (2) Perpustakaan madrasah belum memberikan layanan yang baik, kurang membantu proses belajar mengajar, dan sering berfungsi sebagai tempat penyimpanan buku belaka; (3) Keberadaan perpustakaan madrasah belum terintegrasi dengan kegiatan belajar mengajar; (4) Keberadaan dan kegiatan perpustakaan madrasah sangat bergantung pada sikap kepala madrasah sebagai pemegang kebijakan dalam segala hal; (5) Belum memiliki pustakawan (tenaga pengelola tetap); (6) Koleksi perpustakaan madrasah umumnya kurang bermutu dan belum terarah sesuai dengan tujuannya; (7) Dana yang dialokasikan untuk pembinaan dan pengembangan perpustakaan sangat terbatas.
Juknis Pembangunan Perpustakaan Madrasah Untuk MI/MTs/MA Tahun 2016

Fungsi perpustakaan madrasah adalah untuk membantu siswa memperoleh prestasi yang unggul. Diantaranya mempermudah akses siswa mendapatkan ilmu pengetahuan dan teknologi, informasi peradaban kemanusiaan dan kebudayaan dan bahan kajian serta riset yang sangat dibutuhkan. Oleh karenanya harus dikelola secara efektif dan efisien dan harus di dukung oleh seluruh civitas akademika madrasah. Pengadaan perpustakaan dengan segala macam sarana dan prasarananya tidak hanya menjadi tanggung jawab madrasah, perlu kebijakan dan program pemerintah yang mendorong agar semua madrasah di Indonesia memiliki perpustakaan yang layak dan berkualitas.
Keadaan ini tentu menjadi perhatian Kementerian Agama melalui Direktorat Pendidikan Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, sebagai institusi pembina pendidikan madrasah. Salah satu ikhtiar membantu madrasah dalam penyediaan perpustakaan dan sarana prasarananya adalah melalui program Bantuan Pembangunan Perpustakaan Madrasah.

Pelaksanaan Bantuan Pembangunan Perpustakaan Madrasah menggunakan mekanisme Bantuan Pemerintah pada Kementerian Negara/Lembaga, sebagaimana termaktub dalam Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 168/PMK.05/2015 adalah bantuan yang tidak memenuhi kriteria bantuan sosial yang diberikan oleh pemerintah kepada perseorangan, kelompok masyarakat atau lembaga pemerintah/non pemerintah.

Baca juga : Juknis Program Rehabilitasi Ruang Kelas untuk Madrasah Tahun 2016

Baca juga : Juknis Bantuan Pengembangan Sarpras RA Tahun 2016

Unduh Juknis Pembangunan Perpustakaan Madrasah Untuk MI/MTs/MA Tahun 2016 di sini :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *