Juknis/Panduan Umum Olimpiade Sains Nasional (OSN) Tahun 2015

Posted on

Juknis/Panduan Umum Olimpiade Sains Nasional (OSN) Tahun 2015 – OLIMPIADE SAINS NASIONAL (OSN) merupakan sebuah perhelatan besar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang diselenggarakan setiap tahun sejak 2002. OSN memiliki arti penting sebagai ajang prestasi pencapaian mutu pendidikan nasional, dan menjadi referensi bagi upaya-upaya penjaminan mutu pendidikan secara berkelanjutan.

Bagi para siswa dan guru, OSN menjadi wadah yang menarik dan menantang untuk mencapai prestasi terbaik di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, serta meraih kesempatan untuk mengikuti olimpiade serupa di tingkat internasional. Kesempatan untuk mengikuti OSN terbuka bagi semua anak negeri dan guru pada jenjang pendidikan dasar dan menengah di berbagai pelosok tanah air, tanpa ada batasan asal sekolah maupun jalur pendidikan.

Kegiatan OSN tahun 2015 akan diselenggarakan pada tanggal 18 s.d. 24 Mei 2015 yang dipusatkan di Daerah Istimewa Yogyakarta dengan diikuti oleh peserta didik jenjang pendidikan dasar (SD/MI, SDLB/SD Inklusif, dan SMPLB/SMP Inklusif) dan pendidikan menengah (SMA/MA, SMK,SMALB/SMKLB, dan SMA Inklusif /SMK Inklusif ).

wimaogawa.blogspot.com

Untuk kegiatan Lomba OSN bagi peserta didik Jenjang SMP/MTs akan dilaksanakan pada tanggal 17 – 23 Mei 2015 di Kota Palu, Sulawesi Tengah. Sedangkan Olimpiade Sains Guru (OSG) tingkat Nasional akan dilaksanakan pada bulan September 2015. Upacara Pembukaan OSN tahun 2015 dilaksanakan di Jogja Expo Center pada tanggal 19 Mei 2015 oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI.

 Hasil yang Diharapkan dalam kegiatan OSN Tahun 2015 di antaranya adalah :

1.   Lahirnya juara-juara OSN 2015 di berbagai bidang sains yang dapat menjadi teladan, sumber inspirasi, dan sumber motivasi bagi peserta didik lainnya di seluruh tanah air;
2.   Diterimanya penghargaan oleh peserta didik yang berprestasi di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi;
3.   Dicapainya mutu pendidikan yang makin baik khususnya di bidang Sains;
4.  Terjaringnya peserta didik yang unggul dan berprestasi di bidang sains untuk dipersiapkan mewakili Indonesia dalam kompetisi serupa bertaraf internasional;
5.   Berkembangnya karakter peserta didik yang makin baik sebagai perwujudan upaya-upaya pendidikan dan kebudayaan;
6.   Meningkatnya kepercayaan diri anak berkebutuhan khusus untuk berprestasi di bidang sains;
7.   Meningkatnya keingintahuan dan minat peserta didik terhadap sains untuk meningkatkan semangat belajar dan berprestasi;
8.   Berlangsungnya kompetisi yang produktif, sportif, kreatif, inovatif, selama penyelenggaraan OSN 2015;
9.   Terwujudnya motivasi guru untuk terus menerus melakukan pengembangan kompetensi dan keprofesian mengingat peran dan fungsi guru adalah penentu dalam memajukan dunia pendidikan di Indonesia;
10. Terjadinya pertukaran informasi dan berbagi pengalaman di antara para peserta;
11.  Terwujudnya semangat persaudaraan dan persatuan di antara peserta didik.

Tema OSN 2015

“OSN MEMBANGUN MANUSIA TANGGUH, MANDIRI DAN BERINTEGRITAS”
Dengan tema tersebut, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ingin membangun paradigma baru
dalam pembangunan manusia Indonesia yang sesuai dengan kodratnya. Dunia pendidikan harus
memandang manusia sebagai makhluk yang bermartabat, bukan sebagai sumberdaya yang dieksploitasi untuk kepentingan ekonomi. Oleh karenanya istilah “manusia” digunakan untuk mengganti istilah Sumber Daya Manusia (SDM).

Kata “tangguh” dalam tema OSN 2015 memiliki makna sebagai sebuah kekuatan untuk menghadapi segala tantangan dan hambatan. Sedangkan “mandiri” diartikan sebagai sebuah kebebasan untuk menentukan nasibnya sendiri dan berdaulat sebagai bangsa Indonesia. Kata “integritas” bermakna memiliki komitmen moral serta kapasitas sebagai manusia yang jujur, percaya diri dan teguh dalam pendirian.

Selengkapnya download Juknis/Panduan Umum Olimpiade Sains Nasional (OSN) Tahun 2015 melalui link di bawah ini :
Juknis/Panduan Umum Olimpiade Sains Nasional (OSN) Tahun 2015

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan terkait Juknis/Panduan Umum Olimpiade Sains Nasional (OSN) Tahun 2015 , terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *