Juknis Festival dan Lomba Robotik Madrasah Tingkat Nasional Tahun 2015

Posted on

Juknis Festival dan Lomba Robotik Madrasah Tingkat Nasional Tahun 2015 – Tahun 2015 merupakan tahun pertama bagi Madrasah dalam ajang kompetisi robotik. Lomba ini merupakan bentuk kegiatan kesiswaan sebagai bentuk tujuan Pendidikan Madrasah, yaitu membangung landasan bagi berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manuasia beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME, berakhlak mulia, menguasai IPTEK, kreatif, inovatif, mandiri, percaya diri dan menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab.

Festival dan lomba Robotik Tingkat Madrasah ini merupakan program baru yang akan menjadi salah satu program unggulan Direktorat Pendidikan Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementrian Agama. Dengan adanya lomba ini diharapkan dapat memberikan pengaruh signifikan bagi terwujudnya semangat belajar siswa madrasah, khususnya di bidang teknologi, robotika dan otomasi. Dengan tercapainya hal tersebut, dapat memacu siswa dalam meraih prestasi belajar, kreatif, inovatif, dan menghasilkan penemuan teknologi baru yang membanggakan.

Rencananya kegiatan semacam ini akan dilakukan setiap tahun agar dapat memunculkan bibit baru dalam dunia robotika. Harapannya festival dam lomba robotik tingkat Madrasah ini dapat diselenggarakan di tingkat Provinsi serta Kabupaten, sehingga peserta yang meningkuti festival dan lomba robotik Madrasah tingkat nasional telah melalui seleksi prestasi dan benar-benar merupakan siswa terbaik tingkat provinsi.

wimaogawa.blogspot.com

Dalam buku pedoman Festival dan Lomba Robotik Madrasah telah dijelaskan bahwa festival ini merupakan ajang kompetisi robotika dan otomasi tingkat Madrasah Se-Indonesia, mulai dari merakit, mengoperasikan hingga menemukan teknologi baru di bidang robotika dan otomasi.

Tema yang diambil dalam ajang ini adalah Robotik Madrasah : Menuju Keemasan Madrasah.
Perlu diketahui bahwa biaya yang digunakan dalam festival ini adalah dari APBN Kementrian Agama Pusat.

Festival dan Lomba Robotik Madrasah tingkat Nasional merupakan kegiatan yang diikuti oleh peserta dari madrasah-madrasah di Indonesia, mulai dari tingkat MI, MTs sampai MA. Jumlah peserta sendiri hanya dibatasi 105 orang (peserta dan pembimbing). Untuk model dan jenis robot yang dipertandingkan dapat dilihat melalui juknis yang akan admin share.

Untuk syarat dan Ketentuan Lomba yang lebih detail dapat mendownloadnya melalui link berikut :
Download Juknis Festival dan Lomba Robotik Madrasah Tingkat Nasional

Demikian informasi Petunjuk Teknis/Pedoman Festival dan Lomba Robotik Madrasah Tingkat Nasional Tahun 2015, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *