Jenis-Jenis Layanan PAUD

Posted on

Jenis-Jenis Layanan PAUD – PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) adalah pendidikan pertama sebelum masuk pendidikan dasar yang merupakan upaya pembinaan yang ditukan bagi anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut, yang diselenggarakan pada jalur formal, nonformal, dan informal.

Pendidikan anak usia dini merupakan salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan yang menitikberatkan pada peletakan dasar ke arah pertumbuhan dan 5 perkembangan, yaitu : perkembangan moral dan agama, perkembangan fisik (koordinasi motorik halus dan kasar), kecerdasan/kognitif (daya pikir, daya cipta), sosio emosional (sikap dan emosi) bahasa dan komunikasi, sesuai dengan keunikan dan tahap-tahap perkembangan sesuai kelompok usia yang dilalui oleh anak usia dini seperti yang tercantum dalam Permendiknas no 58 tahun 2009.

Menurut Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, PAUD adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.

wimaogawa.blogspot.com

PAUD diselenggarakan sebelum jenjang pendidikan dasar, dan melalui jalur pendidikan formal, nonformal, dan/atau informal.

1. PAUD pada jalur pendidikan formal berbentuk Taman Kanak-kanak(TK), Raudatul Athfal (RA), atau bentuk lain yang sederajat.
2. PAUD pada jalur pendidikan nonformal berbentuk Kelompok Bermain (KB), Taman Penitipan Anak (TPA), atau bentuk lain yang sederajat.
3. PAUD pada jalur pendidikan informal berbentuk pendidikan keluarga atau pendidikan yang diselenggarakan oleh lingkungan.

Satuan Penyelenggaran Pendidikan dibagi menjadi beberapa kelompok, yaitu :

1. Taman Kanak-kanak (TK)
2. Raudatul Athfal (RA)
3. Bustanul Athfal (BA)
4. Kelompok bermain (KB)
5. Taman Pendidikan Alquran (TPA)
6. Taman Penitipan Anak (TPA)
7. Satuan PAUD Sejenis (SPS)
8. Sekolah Dasar Kelas Awal (kelas 1,2,3)
9. Bina Keluarga Balita
10. Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu)
11. Keluarga
12. Lingkungan

Bentuk-bentuk layanan Paud yang terdapat pada UU No. 20 Tahun 2003 ini sangat jelas menunjukan kepada kita semua bahwa Pendidikan Anak Usia Dini adalah sangat penting bagi anak pada masa usia emasnya, apakah melalui jalur pendidikan formal, non formal atau informal itu tidak menjadi penting.
Dari sekian bentuk layanan PAUD tersebut mempunya tujuan yang sama yaitu bermanfaat bagi pendidikan dan tumbuh kembang anak usia dini sebagai generasi cemerlang anak bangsa. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *