Jadwal Pelaksanaan Uji Kompetensi Guru (UKG) Tahun 2015

Posted on

Jadwal Pelaksanaan Uji Kompetensi Guru (UKG) Tahun 2015 – Berdasarkan surat edaran Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Nomor 2825/B/PR/2015 yang ditujukan kepada Kepala Dinas Pendidikan Provinsi dan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, bahwa dalam rangka pemetaan kompetensi pedagogik dan profesional guru sesuai bidang atau mata pelajaran yang diampu oleh 3.015.315 guru, maka akan dilaksanakan Uji Kompetensi Guru (UKG) pada pertengahan bulan November tahun 2015 ini.
Baca juga  : Kisi-Kisi UKG 2015

Hal ini dilaksanakan dalam rangka pemenuhan target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan yaitu rata-rata Kompetensi Guru pada tahun 2019 mencapai angka 8 (Delapan).

Uji kompetensi guru ini akan dilaksanakan dengan 2 cara. Cara yang pertama adalah secara online yang dilaksanakan di sekolah yang telah memiliki fasilitas. Yang kedua adalah secara offline bagi kabupaten yang belum siap.
Baca : Pedoman/Juknis PKG 2015

Sebelumnya pada tahun 2012 Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) telah melaksanakan UKG online dan offline bagi guru dan Kepala Sekolah. Hasil UKG tersebut menunjukan nilai rata-rata sebesar 4,7 sehingga diharapkan pada tahun 2015 ini Kepala Dinas Pendidikan Provinsi dan Kabupaten/kota dapat memberikan motivasi terhadap guru dan kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensinya.

wimaogawa.blogspot.com

Untuk menunjang kelancaran pelaksanaan UKG diperlukan peran aktif dari Dinas Pendidikan Provinsi dan Kabupaten/Kota seluruh Indonesia dalam membantu persiapan dan pelaksanaannya, antara lain :

1. Melakukan sosialisasi Pelaksanaan UKG Tahun 2015 kepada Guru dan Kepala Sekolah.
2. Melakukan persiapan infrastruktur Tempat Uji Kompetensi (UKG)
3. Melakukan persiapan pelaksanaan UKG secara nasional yang akan dikoordinasikan oleh Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemdikbud sekitar bulan September 2015.

Selengkapnya download surat edaran Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan tentang Jadwal Pelaksanaan Uji Kompetensi Guru (UKG) Tahun 2015 melalui link di bawah ini :
Download Jadwal Pelaksanaan Uji Kompetensi Guru (UKG) Tahun 2015

Demikian informasi terbaru terkait dengan Jadwal Pelaksanaan Uji Kompetensi Guru (UKG) Tahun 2015 yang akan dilaksanakan pada bulan November, semoga informasi ini berguna bagi Bapak/Ibu Guru sekalian.
Baca juga : Aplikasi Soal Latihan Uji Kompetensi Guru (UKG) dan UKKS

One thought on “Jadwal Pelaksanaan Uji Kompetensi Guru (UKG) Tahun 2015

  1. Seorang guru skitar 5 th tidak terdaftar peserta UKG (baik blm verifikasi maupun sudah verifikasi) sedangkang yang PTT br beberapa bln terdaftar peserta yang blm verifikasi..
    Apa memangnya kriteria atau data mana yang digunakan?
    Saat ditanyakan kepada UPT nasib guru tersebut mereka tidak bisa berbuat banyak..
    Apa yang harus dilakukan guru yang tidak terdaftar tersebut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *