Jadwal dan Syarat Pendaftaran Peserta PLPG 2017 Lulusan S2 Dari Ditjen GTK

Posted on
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI melalui Ditjen GTK menginformasikan mengenai pendaftaran peserta PLPG tahun 2017 bagi guru yang telah memiliki kualifikasi S2. 

Dalam rangka memberikan apresiasi kepada guru berprestasi, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan telah memberikan penghargaan kepada guru yang memiliki prestasi akademik untuk mengikuti PLPG tahun 2017 melalui jalur prestasi sebagaimana surat Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan nomor 17504/B.B4/GT/2017 tanggal 15 Juni 2017 perihal Pendaftaran Peserta Sertifikasi Guru Jalur Prestasi. Sejalan dengan hal tersebut, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan membuka kesempatan kepada guru yang telah memiliki kualifikasi akademik S2 untuk mengikuti PLPG tahun 2017 melalui jalur kualifikasi akademik S2 dengan kuota sejumlah 1.000 orang. 
Jadwal dan Syarat Pendaftaran Peserta PLPG 2017 Lulusan S2 Dari Ditjen GTK

>> Download Surat Edaran Resmi Disini <<


Ketentuan Pendaftaran Peserta PLPG 2017 Lulusan S2 Dari Ditjen GTK

1. Calon peserta telah dinyatakan lulus S2 dari perguruan tinggi yang memiliki akreditasi program studi Pasca Sarjana minimal B, dibuktikan dengan ijasah S2 yang telah dilegalisasi oleh perguruan tinggi yang mengeluarkan.
2. Memenuhi persyaratan peserta sertifikasi sebagaimana terlampir.
3. Peserta mendaftarkan diri dengan menyerahan berkas sebagaimana terlampir ke LPMP untuk diverifikasi dan validasi kelayakan sebagai peserta.
4. Waktu penyerahan berkas dimulai tanggal 27 Juli 2017 dan paling lambat tanggal 4 Agustus 2017 diterima LPMP masing-masing propinsi.

A. Persyaratan Peserta

1. Memiliki NUPTK yang dinyatakan aktif pada data Dapodik dengan dibuktikan surat keterangan Kepala Sekolah.
2. Belum memiliki sertifikat pendidik.
3. Memiliki kualifikasi Akademik S2 dalam bidang kependidikan atau bidang studi yang linier dengan kualifikasi akademik Sl yang telah dimiliki dibuktikan dengan melampirkan fotokopi Ijazah dan fotokopi transkrip nilai S-1/D-IV dan S-2 yang telah dilegalisasi dari perguruan tinggi yang mengeluarkan ijazah.
4. Memiliki status sebagai guru tetap (GT) dibuktikan dengan surat keputusan sebagai guru PNS/Guru tetap. Bagi GT bukan PNS pada sekolah swasta melampirkan SK Pengangkatan dari yayasan minimum 2 tahun terakhir berturut-turut pada yayasan yang sama dan Akte Notaris pendirian Yayasan dari Kementerian Hukum HAM. Sedangkan GT bukan PNS pada sekolah negeri melampirkan SK pengangkatan sebagai guru honor tetap dengan gaji bersumber pada APBD dari pejabat yang berwenang (Bupati/Walikota/ Gubernur) minimum 2 (dua) tahun terakhir berturut-turut. Bukti telah memenuhi persyaratan ini adalah Fotokopi SK sebagai guru, mulai SK pengangkatan pertama hingga SK terakhir yang dilegalisasi oleh atasan langsung/pejabat terkait.
5. Masih aktif mengajar dibuktikan dengan melampirkan fotokopi SK pembagian tugas mengajar dari kepala sekolah 2 (dua) tahun terakhir. Masa Kerja sebagai guru minimal 2 (dua) tahun per 1 Januari 2017. Bagi guru yang melaksanakan tugas belajar pada 2 (dua) tahun terakhir dapat diperhitungkan sebagai masa kerja (melampirkan bukti tugas belajar dari pejabat yang berwenang).
6. Pada tanggal 1 Januari 2018 belum memasuki usia 60 tahun.
7. Sehat jasmani dan rohani dibuktikan dengan surat keterangan sehat dari dokter pemerintah.

Dokumen persyaratan di atas merupakan berkas yang harus diserahkan ke LPMP di provinsi masing-masing untuk diverifikasi dan divalidasi kelayakannya sebagai peserta.

B. Proses dan Jadwal Pendaftaran Calon Peserta PLPG Jalur Kualifikasi Akademik S-2

1. Guru menyiapkan dokumen persyaratan dan menyerahkan ke LPMP setempat mulai 27 Juli s.d 4 Agustus 2017. Dalam kondisi tertentu dimungkinkan LPMP berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan Propinsi/Kabupaten/Kota setempat terkait pengumpulan berkas calon peserta
2. LPMP melakukan verifikasi, validasi, dan perbaikan data yang diperlukan kemudian menyetujui hasil verifikasi utk ditetapkan sebagai calon peserta sertifikasi. Persetujuan paling lambat tanggal 11 Agustus 2017.
3. LPMP melakukan verifikasi data terkait dengan penetapan bidang studi sertifikasi guru yang diusulkan guru. Bidang studi tersebut linier dengan kualifikasi akademik S-1 yang dimiliki.
4. Dinas Pendidikan Propinsi/Kabupaten/Kota mencetak Format Al dan mendistribusikan kepada peserta paling lam bat tanggal 12 Agustus 2017.
5. LPMP mencetak Al duplikat untuk disertakan dalam berkas peserta.
6. LPMP mengirim berkas peserta yang telah ditetapkan sebagai peserta PLPG tahun 2017 ke LPTK yang ditetapkan paling lam bat 30 Agustus 2017.

Penetapan peserta PLPG dilakukan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui proses perankingan berdasarkan nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) dari kualifikasi akademik S-2 dan usia calon peserta.


Download Ketentuan, Persyaratan, Prosedur dan Jadwal Pendaftaran PLPG.pdf Disini

>> Download

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.