Jabatan Fungsional Guru Terbaru Menurut Permendiknas Nomor 38 Tahun 2010

Posted on

Jabatan Fungsional Guru Terbaru Menurut Permendiknas Nomor 38 Tahun 2010 – Dalam penginputan data riwayat jabatan PUPNS terdapat perbedaan pendapat terkait dengan nama jabatan fungsional yang diinput, karena ada beberapa Permendiknas serta peraturan bersama yang menjadi acuan dalam penginputan data ini.

Tak pelak masalah ini membuat kebingungan diantara ribuan PNS/Operator Sekolah termasuk saya. Namun, setelah berkonsultasi dengan Bapak Dadang JSN, saya sedikit lega karena jabatan fungsional guru terbaru telah dijelaskan dalam Permendiknas Nomor 38 Tahun 2010 yang ditetapkan oleh Mendikbud pada saat itu, Bapak Mohammad Nuh.

Jadi, logikanya dalam penginputan nama jabatan fungsional guru pada PUPNS disesuaikan dengan jabatan fungsional yang tertera dalam SK. Untuk SK Inpassing terakhir/terbaru tambahkan saja ke riwayat jabatan walaupun dengan pangkat yang sama. Ingat bukan diedit, tapi ditambahkan.

Penyesuaian jabatan fungsional guru adalah penyesuaian jabatan fungsional bagi guru yang memiliki jabatan fungsional guru berdasarkan Keputusan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 84 Tahun 1993 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya ke dalam jabatan fungsional guru yang diatur dalam Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.

Penyesuaian jabatan fungsional guru sebagaimana dimaksud dalam pernyataan diatas ditetapkan berdasarkan pangkat dan golongan ruang terakhir yang dimiliki dengan angka kredit yang telah ditetapkan oleh pejabat yang berwenang.
Baca juga : Permenpan-RB Nomor 16 Tahun 2009 Tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kredit

Persyaratan guru untuk memperoleh penyesuaian jabatan fungsional guru terdiri atas.
1. memiliki pangkat dan golongan ruang terakhir paling rendah Penata Muda, golongan ruang III/a, dan jabatan Guru Madya;
2. memiliki penetapan angka kredit terakhir; dan
3. masih aktif melaksanakan tugas sebagai guru kelas, guru mata pelajaran, atau guru pembimbing.

wimaogawa.blogspot.com

Selengkapnya download Permendiknas Nomor 38 Tahun 2010 tentang Penyesuaian Jabatan Fungsional Guru melalui link berikut :
Download Permendiknas Nomor 38 Tahun 2010 Tentang Penyesuaian Jabatan Fungsional Guru

Demikian informasi seputar Penyesuaian Jabatan Fungsional kaitannya dengna PUPNS, semoga bermanfaat.
Baca juga : Cara Mengisi Riwayat Jabatan dalam PUPNS

2 thoughts on “Jabatan Fungsional Guru Terbaru Menurut Permendiknas Nomor 38 Tahun 2010

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *