Instrumen Pendataan Standar Pelayanan Minimal (SPM) SD dan SMP Tahun 2015

Posted on

Instrumen Pendataan Standar Pelayanan Minimal (SPM) SD dan SMP Standar Pelayanan Minimal atau yang lebih dikenal dengan SPM merupakan kebijakan pemerintah yang digulirkan bersamaan dengan reformasi penyelenggaraan pemerintahan daerah berdasarkan Undang-undang Nomor 22 Tahun 1999 tentang Pemerintahan Daerah. Standar pelayanan minimal merupakan suatu istilah dalam pelayanan publik (public policy) yang menyangkut kualitas dan kuantitas pelayanan publik yang disediakan oleh pemerintah sebagai salah satu indikator kesejahteraan masyarakat.

Standar pelayanan minimal memiliki nilai yang sangat strategis baik bagi
pemerintah (daerah) maupun bagi masyarakat (konsumen). Adapun nilai
strategis tersebut yaitu:
Pertama, bagi pemerintah daerah: standar pelayanan minimal dapat
dijadikan sebagai tolok ukur (benchmark) dalam penentuan biaya yang
diperlukan untuk membiayai penyediaan pelayanan;
Kedua, bagi masyarakat: standar pelayanan minimal dapat dijadikan
sebagai acuan mengenai kualitas dan kuantitas suatu pelayanan publik
yang disediakan oleh pemerintah (daerah).

wimaogawa.blogspot.com

Sebagai sebuah kebijakan yang baru diperkenalkan, standar pelayanan minimal sudah selayaknya didukung oleh peraturan perundang-undangan yang memadai mulai dari undang-undang, peraturan pemerintah ataupun peraturan menteri terkait. Di sisi lain sebagai sebuah kebijakan baru, standar pelayanan minimal sedang dalam proses pencarian bentuk dan sosialisasi yang membutuhkan waktu tidak sedikit, mengingat perlunya kesamaan pemahaman antara perumus kebijakan dengan pelaksana kebijakan di lapangan, terlebih lagi seringnya terjadi proses penyesuaian kebijakan yang disebabkan oleh dinamika masyarakat yang menjadi obyek kebijakan. Oleh sebab itu pelembagaan suatu kebijakan tidak terlepas dari proses perkembangan dalam rangka beradaptasi dengan lokus kebijakan. Proses adaptasi kebijakan tersebut pada umumnya terwadahi dalam bentuk ketentuan peralihan yaitu suatu periode waktu sebuah kebijakan mempersiapkan lokus kebijakan. Di sisi lain obyek kebijakan diberi kesempatan untuk melakukan adaptasi terhadap pemberlakuan kebijakan

Standar pelayanan minimal sebagai sebuah kebijakan memiliki kedudukan yang kuat dan bersifat spesifik mengingat konsekuensi hukum yang disandangnya karena bersifat mengikat seluruh penyelenggara negara dan masyarakat, baik secara individual maupun kelompok. Sebagai sebuah kebijakan, standar pelayanan minimal selalu didukung oleh peraturan perundang-undangan yang merupakan dasar hukum pemberlakuannya dan memiliki arti yang spesifik sesuai dengan pemaknaan istilah yang digunakan sesuai dasar hukumnya.

Download Instrumen Pendataan Standar Pelayanan Minimal (SPM) SD melalui link di bawah ini :
Download Instrumen Pendataan Standar Pelayanan Minimal (SPM) SD

Download Instrumen Pendataan Standar Pelayanan Minimal (SPM) SMP/MTS melalui link di bawah ini :
Instrumen Pendataan Standar Pelayanan Minimal (SPM) SMP

Demikian informasi terkait Instrumen Pendataan Standar Pelayanan Minimal (SPM) SD dan SMP Tahun 2015 semoga bermanfaat.

One thought on “Instrumen Pendataan Standar Pelayanan Minimal (SPM) SD dan SMP Tahun 2015

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *