Ingat ! Sekolah Dilarang Lakukan Tes Baca Tulis untuk Masuk SD

Posted on
Tahun Pelajaran 2017/2018 dua minggu lagi akan dilaksanakan secara serentak di Indonesia. Di minggu ini pula pendaftaran sekolah-sekolah sudah mulai dilaksanakan. Memasuki tahun ajaran baru yang akan datang Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) melarang sekolah untuk melakukan tes baca untuk masuk Sekolah Dasar (SD).”Untuk masuk SD tidak boleh ada seleksi seperti baca tulis,” ujar Direktur Pembinaan Sekolah Dasar Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah Kemdikbud, Wowon Hidayat, di Jakarta, Selasa (4/7/2017) melalui okezone.com.

Ingat ! Sekolah Dilarang Lakukan Tes Baca Tulis untuk Masuk SD
ilustrasi

Adapun syarat untuk masuk SD tidaklah dipersulit, cukup umur dan lokasi sekolah dekat dengan rumah. Selain itu, untuk masuk SD tidak mensyaratkan ijazah TK. Usia untuk masuk SD yakni minimal tujuh tahun.

“Sekolah wajib menerima anak yang masuk SD, asalkan syarat cukup umur dan dekat dari rumah terpenuhi,” tambah dia.

Wowon sudah mengirimkan surat edaran kepada sekolah agar tidak melakukan seleksi untuk masuk SD. Selain itu, dia juga meminta agar dinas pendidikan juga memberikan teguran kepada sekolah yang menerapkan seleksi untuk masuk SD.

Penerimaan siswa baru, lanjut dia, sudah diatur dalam Permendikbud 17/2017.

>> DOWNLOAD PERMENDIKBUD NO 17 TAHUN 2017 TENTANG PPDB DISINI”Dengan adanya Permendikbud ini, keluhan orang tua yang anaknya tidak diterima SD seharusnya tidak ada lagi. Jangan kumpul di satu tempat, supaya nanti semua sekolah kualitasnya sama bagusnya,” ujarnya.

Dia juga meminta orang tua tidak memaksakan anaknya masuk ke sekolah favorit yang jaraknya jauh dari rumah, melainkan sekolahkan di sekolah yang terdekat saja, meskipun sarana dan prasarananya masih kurang.

Menurut Wowon, perlahan-lahan sekolah yang dekat dari rumah anak akan memperbaiki sarana prasarananya.

“Orang tua tidak perlu menyekolahkan anaknya jauh-jauh,” katanya.

Adm/Aplikasi Pendukung PPDB 2017/2018 :
sumber : news.okezone.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.