Informasi Awal Dapodik Versi 4.1.0 (SD/SMP/SLB) dan Dapodik Versi 8.3.0 (SMA/SMK) Tahun 2016

Posted on
Berdasarkan Surat Edaran Direktorat jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) nomor 314/D/TI/2016 perihal pemutakhiran data Dapodik ada beberapa hal yang harus diperhatikan kaitannya dengan data Dapodik :

1. Bahwa pemutakhiran data Dapodik sekolah untuk tahun pelajaran 2015/2016 semester II menggunakan Aplikasi Dapodik versi 4.1.0 untuk jenjang SD, SMP dan SLB, sedangkan untuk jenjang SMA/SMK menggunakan dapodik versi 8.3.0. Untuk mendapatkan aplikasi tersebut bisa mengunjungki web berikut :
– Untuk jenjang SD/SMP = dapo.dikdas.kemdikbud.go.id
– Untuk jenjang SMA/SMK = dapo.dikmen.kemdikbud.go.id

2. Untuk Dinas Pendidikan Kab/kota dihimbau agar segera melakukan sosialisasi dan Bimbingan Teknis (Bimtek) kepada seluruh operator sekolah di wilayah kab/kota masing-masing
Informasi Awal Dapodik Versi 4.1.0 (SD/SMP/SLB) dan Dapodik Versi 8.3.0 (SMA/SMK) Tahun 2016

3. Selanjutnya untuk web pendataan yang semula beralamat di dap.dikdas.kemdikbud.go.id dan dapo.dikmen.kemdikbud.go.id akan segera diintegrasikan ke dalam dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id. Maka dengan demikian seluruh aktivitas dan manajemen pendataan dimigrasi ke alamat baru tersebut yang akan diluncurkan paling lambat akhir Januari 2016. 

4. Pengelolaan data jenjang Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah disatukan dalam Kelompok Kerja Data Pendidikan (KK Datadik) dengan menerbitkan surat keputusan pembentukan KK Datadik provinsi/kabupaten/kota terbaru dengan melibatkan operator pendataan dapodikdas dan dapodikmen sebelumnya.

5. Untuk menjamin validitas faktual dan dapodik yang dikirimkan oleh sekolah melalui online, maka kepala sekolah wajib mengunduh, mengesahkan sekaligus menyerahkan dokumen pakta integritas yang dapat diakses di dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id ke KK Datadik kabupaten/kota.

Download Aplikasi Dapodikdas Versi 4.1.0 Disini

Kemudian sekolah diharapkan dapat melakukan pemutakhiran data semester II dan mengirimkan data ke pusat selambat-lambatnya tangga 29 Februari 2016.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *