Format Analisa Hasil Evaluasi Siswa SD

Posted on

Format Analisa Hasil Evaluasi Siswa SD – Evaluasi dalam proses pembelajaran merupakan suatu proses untuk mengumpulkan, menganalisa dan menginterpretasi informasi untuk mengetahui tingkat pencapaian tujuan pembelajaran. Sebagai bagian yang sangat penting dari sebuah proses pembelajaran, penilaian dalam proses pembelajaran hendaknya dirancang dan dilaksanakan oleh guru.

Hasil belajar siswa pada hakikatnya merupakan perubahan tingkah laku setelah melalui proses belajar mengajar. Tingkah laku sebagai hasil belajar dalam pengertian luas mencakup bidang kognitif, afektif dan psikomotorik. Penilaian dan pengukuran hasil belajar dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar, terutama hasil belajar kognitif berkenaan dengan penguasaan bahan pengajaran sesuai dengan tujuan pendidikan dan pengajaran.

Guru sebagai evaluator hendaknya mengetahui dan memahami hakikat teknik-teknik evaluasi yang dapat digunakan dalam mengukur dan menilai hasil belajar. Karena melalui mengukur, seorang guru akan memperoleh data kuantitatif terhadap hasil belajar siswa. Hasil tersebut dapat diketahui melalui angka-angka yang diperoleh dalam pengukuran masing-masing siswa dengan berpatokan pada suatu ukuran. Selain itu, juga dapat dilakukan melalui sebuah penilaian, yaitu siswa dinilai berdasarkan angka-angka yang diperolehnya; bersifat kualitatif.

Kembali ke topik, bahwa Buku Analisa Hasil Evaluasi ini terdiri dari hasil evaluasi Ulangan Harian (UH), hasil perbaikan bagi siswa yang nilainya di bawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal), dan program pengayaan bagi siswa di atas KKM.

wimaogawa.blogspot.com

Tugas guru adalah menganalisa terlebih dahulu setiap jawaban dari hasil ulangan setiap siswa. Dengan melakukan analisan ini guru akan mengetahui sejauh mana tingkat keberhasilan siswa dalam menjawab seoal-soal ulangan setiap poinnya.

Umumnya Buku Analisis Evaluasi banyak ditulis tangan, namun sejalan dengan perkembangan teknologi tidak ada salahnya menggunakan sistem komputerisasi untuk memperlancar dan menertibkan administrasi kelas. Perlu diketahui bahwa pembuatan Analisa Hasil Evalusi ini dikerjakan setiap semester. Tentu dengan sistem administratif seperti ini nantinya diharapkan dapat memajukan kualitas pendidikan di sekolah Bapak/Ibu.

Selengkapnya download  contoh Buku Analisa Hasil Evaluasi Program Perbaikan Dan Pengayaan untuk tingkat SD melalui link di bawah ini :

Demikian informasi seputar Format Analisa Hasil Evaluasi Siswa SD sebagai penunjang administrasi guru perihal evaluasi program perbaikan dan pengayaan mata pelajaran, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *