Evaluasi K-13 Sudah Tuntas, Road Map Sudah Siap dan Akan Segera Dipublikasikan

Posted on

Evaluasi K-13 Sudah Tuntas, Road Map Sudah Siap dan Akan Segera Dipublikasikan – Selama setahun terakhir ini kemenidkbud telah melakukan evaluasi Kurikulum 2013 atau yang dikenal dengan istilah K-13. Hal ini diungkapkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan. Pada akhir tahun 2015 ini evaluasi Kurikulum 2013 telah selesai dilaksanakan dan dengan segera akan dipublikasikan kepada masyarakat.

“Evaluasi kurikulum alhamdulillah sudah tuntas. Road map atau peta jalan (Kurikulum 2013) juga sudah siap. Akan segera kami publikasikan,” ujar Mendikbud saat konferensi pers akhir tahun 2015 di Graha Utama Kemendikbud, Jakarta, (30/12/2015).

Selanjutnya Ia mengatakan bahwa setidaknya ada 2 aspek penting yang perlu dievaluasi dalam Kurikulum 2013 ini, yaitu desain Kurikulum 2013 serta dokumennya. Saat ini implementasi K13 masih dilakukan secara bertahap sambil menunggu hasil evaluasi K13.

evaluasi Kurikulum 2013
Evaluasi Kurikulum 2013

Beredarnya kabar dari media sosial yang menyebutkan bahwa Kurikulum 2013 berubah menjadi Kurikulum Nasional juga dibantah oleh Mendikbud. Kurikulum nasional, katanya, bukanlah nama baru dari Kurikulum 2013, melainkan bermakna bahwa kurikulum tersebut berlaku secara nasional. “Tidak ada Permendikbud yang menyebut tentang Kurikulum Nasional,” tegasnya.

Menteri Anies menambahkan, implementasi Kurikulum 2013 akan tetap dilanjutkan sesuai dengan hasil evaluasi yang telah dirampungkan Kemendikbud. “Kita ingin proses perbaikan kurikulum tidak dipandang sebagai satu-satunya cara meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia. Ini hanya salah satu caranya,” ujarnya.

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.