E-Klim Taspen (http://e-klim.taspen.com), Aplikasi Untuk Cek Tunjangan Pensiun

Posted on
E-Klim Taspen (http://e-klim.taspen.com) merupakan sebuah website dari PT. Taspen Persero yang digunakan untuk mengecek/menghitung besarnya estimasi Dana Uang Pensiun dan Tunjangan Hari Tua (THT) secara online sesuai dengan TMT nya.
Bagaimana caranya?
Akan kita jelaskan pada paparan berikut ini !
E-klim taspen dapat digunakan untuk mengecek dana Hak Pensiun mulai dari golongan I/a sampai dengan IVd hanya dengan menggunakan NIP.
Estimasi ini dihitung berdasarkan pangkat dan gaji pokok pada saat pengecekan, sehingga nilai estimasi dapat berubah besarannya tergantung dari gaji poko terakhir saat pengajuan klim (pensiun/meninggal/keluar)Ketentuan dari perhitungan gaji Pensiun dan THT yakni nilai estimasi dan hak THT dihitung dengan masa kerja maksimal hingga usia pensiun dan dihitung untuk kejadikan pensiun normal di luar kejadikan pensiun disini (hak akan lebih kecil dari estimasinya)

E-Klim Taspen http://e-klim.taspen.com

Cara Cek Besarnya Tunjangan Pensiun (E-Klim Taspen) – Taspen meluncurkan salah satu alternatif pembayaran pensiun dalam bentuk e – Klim, artinya pengajuan klim dapat dilakukan dimana saja, setiap Kantor Cabang PT. Taspen (Persero) satu sama lain bisa melakukan koordinasi.
E-Klim Taspen merupakan aplikasi yang digunakan untuk mengetahui besarnya dana pensiun yang akan diterima oleh PNS yang dikeluarkan oleh PT. TASPEN. Sehingga dengan aplikasi ini transparasi besarnya dana pensiun dapat dilihat oleh setiap pengguna Taspen.


Maksud dan tujuan e- Klim adalah sebagai berikut : 
1. Meningkatkan Pelayanan
2. Optimalisasi pengunaan sarana internet dan handphone
3. Optimalisasi reformasi formulir yang lebih sederhana
4. Optimalisasi penggunaan data sentralisasi
5. Klim tidak langsung yang dapat diproses lebih cepat.

 

Syarat menggunakan E-Klim :

1. Peserta dapat menggunakan aplikasi dengan Browser Komputer (rekomendasi)
2. Peserta harus mempunyai Email Account / Address dan Handphone (HP) untuk digunakan pada saat konfirmasi klim yang diajukan
3. Peserta harus dapat melampirkan Dokumen format image ( jpg, gip atau bmp dan berukuran maximal 2 mb ) sebagai lampiran pengajukan e- Klim [ Pash photo, SKPP, SK Pensiun, KTP, KPE dan dokumen pendukung lainnya (Surat kematian, Surat keterangan masih kuliah/sekolah, surat nikah dan lain2)
4. Cara pembuatan Dokumen image ( gambar ) dapat dibuat dengan menggunakan :
a. Mesin Scanner yang mudah ditemui melalui jasa pencetakan foto maging / warnet, atau
b. Camera photo / Camera HP.

Cara Pengajuan E-Klim

1. Proses registrasi peserta (Key NIP+HUB KEL+tgl lahir) , untuk registrasi kunjungi halaman http://e-klim.taspen.com/i-taspen/daftar/cariNipH.php atau Klik Disini
2. Peserta setelah registrasi akan dikonfirmasi by system via email dan dapat login dan dengan username dan password
3. Peserta mengisi Permohonan Klim dan melampirkan Dokumen Image(SK, KTP, SPP yag ditanda tangani)
4. Kabid/Kasi dari Kantor Cabang login pada aplikasi e- Klim dan men download lampiran kemudian melakukan approval untuk dikirim ke Database ACB
5. Aplikasi ACB kemudian memproses SPP Klim seperti biasa. Agar memudahkan konsfirmasi dan pemberitahuan kepada peserta PT. Taspen (Persero) mengfungsikan SMS Gateway bay system dari Database meliputi :
a. Untuk konfirmasi bahwa Registrasi sukses dan dapat untuk mengaktifkan account
b. Pemberitahuan permohonan memenuhi syarat ( ms/ tms )
c. Pemberitahuan bahwa pembayaran klim sudah dapat diambil tunai atau transfer sesuai permohonan tentang No rekening, kantor bayar dan jumlah uang.

Cara menggunakan E-Klim Taspen

1. Kunjungi http://e-klim.taspen.com/eklim/estimasi/pns_pensiun1/index.php atau Klik Disini masukan NIP kemudian klik login.
E-Klim Taspen (http://e-klim.taspen.com), Aplikasi Untuk Cek Tunjangan Pensiun
2. Hasilnya sebagai berikut :
Maka akan muncul data Peserta Taspen beserta data rinci gaji & besarnya dana pensiun.
Demikian informasi terkait E-KliM Taspen, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.