Download Pedoman OPSI (Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia) 2016

Posted on
Download Pedoman OPSI (Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia) 2016 – Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) merupakan salah satu agenda penting Direktorat Pembinaan SMA dalam rangka membangun manusia Indonesia yang unggul. Sejak tahun 2008, kegiatan ini diselenggarakan sebagai wadah bagi para peserta didik SMA untuk mengembangkan bakat, minat, dan kemampuan dalam meneliti dan berinovasi, serta menumbuhkembangkan budaya meneliti di kalangan peserta didik SMA. Disamping itu kegiatan ini sebagai ajang seleksi karya penelitian unggul untuk diikutsertakan dalam berbagai ajang lomba penelitian tingkat dunia. Nah dalam postingan ini admin akan share Pedoman OPSI (Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia) 2016.

Baca juga : Mekanisme Pelaksanaan OPSI Tahun 2016

Agar penyelenggaraan OPSI tahun 2016 ini berjalan dengan efektif, perlu sebuah pedoman bagi peserta didik, guru, sekolah, dinas pendidikan, dan semua pihak yang terkait untuk mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya. Diharapkan melalui pedoman ini, OPSI tahun 2016 dapat menghasilkan karya penelitian yang lebih baik dan beragam daripada karya penelitian yang diperoleh pada tahun-tahun sebelumya.

Download Pedoman OPSI (Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia) 2016
Download Pedoman OPSI (Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia) 2016

Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) bertujuan untuk :
1. Memotivasi siswa SMA/MA untuk berkreasi dalam berbagai bidang ilmu sesuai dengan minat dan bakatnya.
2. Menumbuhkembangkan budaya meneliti di kalangan siswa SMA/MA.
3. Mendorong siswa SMA/MA untuk gemar melakukan penelitian.
4. Menjaring siswa SMA/MA yang memiliki bakat dan kemampuan dalam bidang penelitian serta memperoleh hasil penelitian yang orisinal, berkualitas, dan kompetitif.
5. Memfasilitasi komunitas peneliti tingkat siswa SMA/MAdari berbagai daerah untuk melakukan temu karya penelitian.
6. Memilih calon peserta untuk diikutsertakan dalam kegiatan penelitian di tingkat internasional dan pembinaan kewirausahaan
7. Mensosialisasikan kegiatan penelitian siswa kepada masyarakat dan dunia usaha/industri.

Bidang lomba pada Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia tahun 2016 dikelompokkan sebagai berikut:


1. SAINS DAN TEKNOLOGI

Penelitian terkait dengan eksplorasi alam semesta, modifikasi, inovasi, atau aplikasi dari ilmu pengetahuan alam untuk memenuhi kebutuhan/keinginan manusia (ilmu pengetahuan terapan), meliputi diantaranya botani, fisika, kimia, biologi, kebumian, geografi, astronomi, kelautan, lingkungan, teknologi pangan, teknologi pertanian, teknologi perikanan, teknologi kelautan, teknologi perkapalan, biomedis, bioteknologi, teknik informatika, teknik mesin, teknik kimia, teknik fisika, teknik lingkungan, dan bidang lain yang relevan

2. MATEMATIKA DAN REKAYASA
Penelitian terkait dengan bilangan, hubungan antar bilangan, prosedur operasional yang digunakan untuk menyelesaikan permasalahan meliputi aljabar, kalkulus, algoritma, geometri, topologi, trigonometri, serta penelitian terkait dengan disain, rancangan, dan/atau rekayasa produk untuk menyelesaikan permasalahan, meliputi diantaranya robotik, mekatronik, rekayasa genetika, rekayasa pertanian, rekayasa transportasi, rekayasa informatika (aplikasi piranti lunak), rekayasa grafis, rekayasa permesinan, dan bidang lain yang relevan.

3. ILMU SOSIAL DAN HUMANIORA
Penelitian terkait kajian fundamental dan atau terapan terkait ilmu-ilmu sosial dan humaniora yang meliputi diantaranya ekonomi, sosiologi/antropologi, psikologi/ pendidikan, budaya, bahasa, sejarah dan administrasi dan bidang lain yang relevan.

Persyaratan Peserta dan Pembimbing OPSI


Peserta
Peserta OPSI adalah siswa yang melakukan penelitian dan mengikuti proses seleksi OPSI sesuai dengan aturan OPSI yang berlaku.

Persyaratan peserta OPSI adalah :
1. Warga negara Indonesia.
2. Siswa SMA/MA/Sederajat Negeri maupun Swasta kelas X atau XI pada saat penelitian dilakukan.
3. Peserta dapat perorangan maupun berkelompok (maksimum dua orang) yang terdiri atas 1 ketua dan 1 anggota
4. Peserta OPSI pada penelitian yang dilakukan berkelompok harus dari sekolah yang sama.
5. Setiap peserta hanya boleh terlibat dalam 1 (satu) judul penelitian.
6. Setiap kelompok / judul penelitian harus mempunyai guru pembimbing yang sesuai dengan bidang yang diteliti.
7. Peserta memberikan pernyataan bahwa penelitian yang dilakukan belum pernah dilombakan atau pernah dilombakan tapi belum mendapat juara/penghargaan di tingkat nasional.

Pembimbing
Pembimbing adalah guru yang membantu siswa dalam melaksanakan penelitian.


 Persyaratan pembimbing OPSI adalah :
1. Warga negara Indonesia.
2. Mengajar di sekolah yang sama dengan peserta yang dibimbingnya.
3. Membimbing siswa selama masa penelitian pada topik yang sesuai dengan bidang yang diampunya.

Download Pedoman OPSI (Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia) 2016

 

Demikian share Pedoman OPSI (Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia) 2016, semoga bermanfaat.

4 thoughts on “Download Pedoman OPSI (Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia) 2016

    1. Maaf, saya mendahului admin untuk menjawab pertanyaan saudari Meta. untuk OPSI Nasional, seluruh biaya akomodasi ditanggung oleh panitia, termasuk biaya akomodasi pembimbing. Namun untuk biaya penelitian, maka semuanya ditanggung oleh sekolah (berdasarkan kebijakan sekolah masing-masing)

    2. Maaf, saya mendahului admin untuk menjawab pertanyaan saudari Meta. untuk OPSI Nasional, seluruh biaya akomodasi ditanggung oleh panitia, termasuk biaya akomodasi pembimbing. Namun untuk biaya penelitian, maka semuanya ditanggung oleh sekolah (berdasarkan kebijakan sekolah masing-masing)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *