Download Juknis BOS SD SMP Tahun 2016

Posted on
Beberapa minggu yang lalu admin telah mempostingan Juknis BOS SD SMP Tahun 2016, namun saat itu juknis yang kami bagikan masih dalam bentuk draft. Nah pada postingan kali ini admin akan membagikan Juknis BOS SD dan SMP Tahun 2016 versi final. Sama seperti pada Juknis BOS SMA dan SMK, Juknis BOS SD SMP ini juga didasarkan pada Permendikbud Nomor 80 Tahun 2015. 
Sama seperti pada Juknis BOS SMA dan SMK, Juknis BOS SD SMP ini juga didasarkan pada Permendikbud Nomor 80 Tahun 2015. Program BOS SD dan SMP ini bertujuan untuk meringankan beban masyarakat terhadap pembiayaan pendidikan dalam rangka wajib belajar 9 tahun yang bermutu, serta berpera dalam mempercepat pencapaian Standar Pelayanan Minimal (SPM) pada satuan pendidikan-satuan pendidikan yang belum memenuhi SPM, dan pencapaian Standar Nasional Pendidikan (SNP) pada satuan pendidikan-satuan pendidikan yang sudah memenuhi SPM. Di samping itu juga berguna untuk mewujudkan layanan pendidikan menengah yang terjangkau dan bermutu bagi semua lapisan masyarakat.
Download Juknis BOS SD SMP Tahun 2016
 Juknis BOS SD SMP Tahun 2016
Namun, secara khusus program BOS SD dan SMP bertujuan untuk:

a. membebaskan pungutan bagi seluruh peserta didik SD/SDLB negeri dan SMP/SMPLB/SD-SMP Satap/SMPT negeri terhadap biaya operasi satuan pendidikan;

b. membebaskan pungutan seluruh peserta didik miskin dari seluruh pungutan dalam bentuk apapun, baik di satuan pendidikan negeri maupun swasta; dan

c. meringankan beban biaya operasi satuan pendidikan bagi peserta didik di satuan pendidikan swasta.

Sasaran program BOS adalah semua satuan pendidikan SD/SDLB, SMP/SMPLB/SMPT, dan SD-SMP Satu Atap (Satap), baik negeri maupun swasta di seluruh provinsi di Indonesia yang sudah terdata dalam sistem Data Pokok Pendidikan Dasar dan Menengah (Dapodikdasmen). Khusus bagi satuan pendidikan swasta, juga harus memiliki izin operasional.
Besar dana BOS yang diterima oleh satuan pendidikan dihitung berdasarkan jumlah peserta didik dengan besar satuan biaya sebagai berikut:
1. SD/SDLB : Rp 800.000,-/peserta didik/tahun
2. SMP/SMPLB/Satap/SMPT : Rp 1.000.000,-/peserta didik/tahun
Akan tetapi dengan pertimbangan bahwa beberapa komponen biaya tetap (fix cost) dari biaya operasi satuan pendidikan tidak tergantung pada jumlah peserta didik, maka pemerintah menerapkan kebijakan khusus untuk satuan pendidikan dengan jumlah peserta didik kurang dari 60 orang. Kebijakan khusus tersebut adalah dengan memberikan besar alokasi dana BOS minimal sebanyak 60 peserta didik, baik untuk satuan pendidikan tingkat SD maupun tingkat SMP. Mekanisme penetapan alokasi untuk satuan pendidikan yang menerima kebijakan alokasi minimal selengkapnya diuraikan pada bab selanjutnya.
Silahkan Download Juknis BOS SD dan SMP Tahun 2016 melalui link berikut :

Download Petunjuk Teknis BOS SD SMP 2016

Demikian share mengenai Petunjuk Teknis (Juknis) BOS SD SMP Tahun 2016, semoga bermanfaat.
Baca juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.