Data Info GTK Tidak Valid Padahal Data Sudah Benar, Apa Masalahnya?

Posted on
Data Info GTK Tidak Valid – Sesuai dengan surat Edaran Ditjen GTK tentang penggunaan Dapodik sebagai pencairan tunjangan bahwa mulai saat ini baik SD, SMP, SMA-SMK bahkan PAUD telah dilakukan integrasi antara aplikasi Dapodik dengan aplikasi Sistem Tunjangan (Simtum) Ditjen GTK. Maka dari itu setiap Guru dan Tenaga Kependidikan Wajib mengecek data masing-masing melalui lembar Info GTK. Data yang terdapat dalam lembar info GTK ini merupakan hasil dari pengiriman data (sinkronisasi) Operator Sekolah. Namun nyatanya ada beberapa GTK mendapati Data NUPTK tidak valid. Apa sebabnya?
Kemungkinan beberapa faktor ini menjadi penyebab kenapa data GTK masih dianggap tidak valid opleh sistem :
1. Bisa jadi pengisian data di dapodik belum valid atau masih belum lengkap
2. Belum melakukan ceklist pada penugasan atau belum melakukan sinkronisasi
3. Sudah melakukan sinkronisasi, namun datanya belum ditarik ke server Ditjen GTK. Pengiriman data dari server dapodik ke server GTK dilakukan setiap periode tertentu dan tidak setiap saat.
4. Data tidak terbaca oleh sistem
Data Info GTK Tidak Valid Padahal Data Sudah Benar, Apa Masalahnya?

Jika memang demikian, Operator Sekolah diwajibkan untuk mengecek kembali data yang telah diinput dalam dapodik kemudian melakukan sinkronisasi kembali. Di samping itu sebaiknya melakukan konfirmasi ke Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota setempat yang menangani tunjangan GTK jenjang Dikmen. Bisa juga menghubungi unit layanan terpadu Kemendikbud Gedung C lantai 1 Komplek Kemendikbud Senayan Jakarta 10270 dengan call center 177 atau telfon (021) 5703303, fax (021) 5733125, SMS : 0811976929, dan email pengaduan@kemdikbud.go.id.
Operator juga diwajibkan untuk memantau Cut Off pengiriman Data Dapodik, hal ini sangat penting. Pengiriman data dari server Dapodik SMA-SMK ke server Ditjen GTK dilakukan sesuai dengan penetapan Cut Off yang telah ditentukan. Sehingga ketika Operator melakukan sinkron Dapodik, data tidak langsung tampil di Info GTK, namun akan muncul setelah beberapa hari kemudian. 
Nah, itulah beberapa penyebab kenapa Data Info GTK tidak valid padahal data sudah benar. Sekian, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.