Contoh Materi Pesta Pramuka Siaga Lengkap Format Word

Posted on
Contoh Materi Pesta Pramuka Siaga Lengkap Format Word – Pramuka siaga merupakan sebutan bari mereka anggora pramuka yang berusia antara 7 sampai dengan 10 tahun. Mengapa disebut siaga? disebut demikian karena merupakan kiasan dari masa perjuangan bangsa Indonesia, yakni saat rakyat Indonesia menyiagakan dirinya untuk mencapai kemerdekaan yang ditandai dengan berdirinya Boedi Oetomo pada tahun 1908 sebagai tonggak awal perjuangan bangsa Indonesia.

Satuan Pramuka Siaga
Dalam ruang lingkup pramuka siaga, terdapat satuan terkecil, yakni Barung dimana setiap beberapa Barung ihimpun dalam sebuah satuan besar yang bernama Perindukan. Dari setiap barung diberi sebuah nama, misalnya Barung Merah, Barung Merah, Barung Hijaudan lain sebagainya. 
Contoh Materi Pesta Pramuka Siaga Lengkap Format Word
Pada setiap Barung terdiri dari 6 sampai dengan 10 anggota Pramuka siaga yang dipimpin oleh seorang Pemimpin Barung (Pinrung) yang dipilih dari Barung tersebut. Kemudian dari beberapa ketua barung akan ditunjuk satu pemimpin, yakni Pemimpin Barung Utama yang disebut Sulung. Sebuah Perindukan terdiri dari beberapa Barung yang akan dipimpin oleh Sulung itu tadi.

Contoh Materi Pesta Pramuka Siaga Lengkap Format Word

Nah, dalam setiap tahun Pramuka Siaga mengadakan sebuah event, yang dinamakan pesta siaga. Pesta Siaga adalah pertemuan untuk golongan Pramuka Siaga. Pesta Siaga diselenggarakan dalam dan/atau gabungan dari bentuk: Permainan Bersama, adalah kegiatan keterampilan kepramukaan untuk golongan Pramuka Siaga, seperti menyusun puzzle, mencari jejak, permainan kim dan sejenisnya.
Berikut ini admin bagikan Contoh Materi Pesta Pramuka Siaga Lengkap Format Word yang dapat dijadikan referensi dalam pelatihan Pramuka, khususnya pramuka siaga.
Sekian share Contoh Materi Pesta Pramuka Siaga Lengkap Format Word, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *