Contoh Materi MOS yang Mendidik untuk Siswa SMP SMA

Posted on
MOS (Masa Orientasi Siswa) atau sekarang yang lebih dikenal dengan nama pengenalan lingkungan sekolah bagi siswa baru telah diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nomor 18 Tahun 2016. Dalam Permendikbud tersebut tersebut secara jelas disebutkan bahwa kegiatan dan atribut yang tidak relevan dengan aktivitas pembelajaran siswa dan dilarang digunakan dalam pelaksanaan pengenalan lingkungan.
Agar kegiatan pengenalan sekolah bagi siswa baru dapat berjalan sesuai dengan permendikbud tersebut, maka pihak sekolah mau tidak mau harus memberikan materi yang bersifat mendidik dan tidak mengandung unsur perpeloncoan. Materi yang diberikan bisa berisi pendidikan karakter, tata krama, wawasan wiyatamandala atau sekedar memperkenalkan lingkungan baru.  Dengan pemberian materi yang demikian diharapkan dapat memberikan sumbangsih yang positif pada kegiatan sekolah.

Jika kita lihat pada Permendikbud 18 tahun 2016 tersebut ada beberapa tujuan dari pengenalan lingkungan sekolah, antara lain :
1. Mengenali potensi diri siswa baru;
2. Membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya, antara lain terhadap aspek keamanan, fasilitas umum, dan sarana prasarana sekolah;
3. Menumbuhkan motivasi, semangat, dan cara belajar efektif sebagai siswa baru;
4. Mengembangkan interaksi positif antarsiswa dan warga sekolah lainnya;
5. Menumbuhkan perilaku positif antara lain kejujuran, kemandirian, sikap saling menghargai, menghormati keanekaragaman dan persatuan, kedisplinan, hidup bersih dan sehat untuk mewujudkan siswa yang memiliki nilai integritas, etos kerja, dan semangat gotong royong.

Bagi Anda Bapak/Ibu yang sedang mencari materi MOS untuk SMP dan SMA silahkan unduh disini :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *