Contoh Karya Ilmiah Inovasi Pembelajaran dari Guru Berprestasi

Posted on
Ingin membuat sebuah Karya Ilmiah yang kemudian akan diikutsertakan dalam sebuah perlombaan? Kami sarankan Anda harus memiliki banyak referensi agar mampu bersaing dengan kompetitor. 
Ada banyak jenis perlombaan karya ilmiah yang sering diperlombakan untuk guru, antara lain adalah lomba inovasi pembelajaran (Inobel), Simposium Guru, Lomba Guru Berprestrasi dan juga Lomba Penelitian Tindakan Kelas.  Dari sekian banyak jenis perlombaan , sangat disarankan kepada rekan-rekan untuk mempelajari karya ilmiah yang sudah ada atau yang sudah pernah dibuat oleh Guru Berprestasi.

Informasi Simposium Nasional Kepala Sekolah dan Pengawas ada di sini :
>> Ikuti Simposium Nasional Kepala Sekolah dan Pengawas 2017

Selain untuk ajang perlombaan, Karya Ilmiah juga dijadikan sebagai salah satu syarat dalam kenaikan pangkat guru, baik guru SD, SMP, SMA atau Sederajat. 
Ada sebuah pertanyaan..
Bagaimana cara untuk mendapatkan referensi Karya Ilmiah Inovasi Pembelajaran?
Nah, pada postingan ini Kami akan memberikan puluhan bahkan ratusan Contoh Karya Ilmiah Inovasi Pembelajaran dari Guru Berprestasi yang dapat dijadikan sebagai sumber belajar.
Gratis?
Tentu !!

Karya Ilmiah Inovasi Pembelajaran


Bagaimana cara membuat Karya Ilmiah agar menang dalam perlombaan? 
Nah, yang ini akan saya kupas sebentar..
Untuk ketentuan dalam pembuatan Karya ilmiah (dalam perlombaan) sudah ditentukan oleh pihak panitia mengenai formatnya.

Termasuk pada pembuatan PTK, Tesis maupun disertasi, dalam penilaiannya sesuai dengan selera dari masing-masing pembimbing/universitas. Untuk itu rekan-rekan harus menyesuaikan format yang diminta.

PENGERTIAN KARYA ILMIAH

Dalam Wikipedia disebutkan bahwa Karya Ilmiah adalah sebuah laporan tertulis dan diterbitkan yang memaparkan hasil penelitian atau pengkajian yang telah dilakukan oleh seseorang atau sebuah tim dengan memenuhi kaidah dan etika keilmuan yang dikukuhkan dan ditaati oleh masyarakat keilmuan.

Ada berbagai jenis karya ilmiah, antara lain laporan penelitian, makalah seminar atau simposium, dan artikel jurnal yang pada dasarnya kesemuanya itu merupakan produk dari kegiatan ilmuwan. Data, simpulan, dan informasi lain yang terkandung dalam karya ilmiah tersebut dijadikan acuan bagi ilmuwan lain dalam melaksanakan penelitian atau pengkajian selanjutnya.

Di perguruan tinggi, khususnya jenjang Sarjana, mahasiswa dilatih untuk menghasilkan karya ilmiah seperti makalah, laporan praktikum, dan skripsi (tugas akhir). Skripsi umumnya merupakan laporan penelitian berskala kecil, tetapi dilakukan cukup mendalam. Sementara itu, makalah yang ditugaskan kepada mahasiswa lebih merupakan simpulan dan pemikiran ilmiah mahasiswa berdasarkan penelaahan terhadap karya-karya ilmiah yang ditulis oleh para pakar dalam bidang persoalan yang dipelajari. Penyusunan laporan praktikum ditugaskan kepada mahasiswa sebagai wahana untuk mengembangkan kemampuan menyusun laporan penelitian.
[Wikipedia]

Download Contoh Karya Ilmiah Inovasi Pembelajaran 

Rekan-rekan dapat mendownload ratusan Contoh Karya Ilmiah Inovasi Pembelajaran dari Guru Berprestasi melalui link berikut :

[DOWNLOAD FILE]

Format Karya Ilmiah yang Benar

Berikut ini adalah format Karya Ilmiah yang benar :
HALAMAN JUDUL
HALAMAN PENGESAHAN
SURAT PERNYATAAN
KATA PENGANTAR
ABSTRAK
DAFTAR ISI
DAFTAR GAMBAR

BAB I PENDAHULUAN
Latar Belakang Masalah
Fokus Pengembangan dan Pemanfaatan Media
Tujuan Penelitian
Ruang Lingkup

BAB II KAJIAN TEORI
Prosedur Penggunaan Media Dalam Pembelajaran

BAB III PEMBAHASAN DAN HASIL
BAB IV SIMPULAN DAN REKOMENDASI
DAFTAR PUSTAKA

Berikut Contoh Karya Ilmiah Inovasi Pembelajaran

1. “OASIS” RANCANG BANGUN PORTAL ONLINE COURSE UNTUK GURU
2. IMPLEMENTASI KOMPETENSI SIKAP SPIRITUAL MELALUI MEDIA PRESENTASI MICROSOFT POWER POINT DALAM MATERI PEMBELAJARAN
3. MENINGKATKAN KETRAMPILAN SISWA SMP MEMBUAT MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MANDIRI BERBASIS ADOBE FLASH
4. PERANAN GOLDEN TRIANGLE (Sekolah, Keluarga, dan Masyarakat) DALAM MEMBENTUK KARAKTER BANGSA
5. PEMANFAATAN MEDIA LIPSTICK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MELAFALKAN KONSONAN /s/ PADA ANAK TUNARUNGU WICARA DI SDLB YRTRW SURAKARTA
6. PEMBUATAN APLIKASI EBCO (ELECTRONIC BOOKS COLLECTION) BERBASIS WEB SEBAGAI MEDIA PENDUKUNG PEMBELAJARAN ABAD 21
7. PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE POEMS FOR TWO VOICES (PTV) DENGAN STRATEGI PEMETAAN PIKIRAN DAN MEDIA GAMBAR
8. PENERAPAN PROBLEM-BASED LEARNING THE 4 CORE AREAS (PBL4C) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PEMBELAJARAN IPA MATERI CAHAYA KURIKULUM 2013 PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII G SMPN 1 KRAKSAAN

Demikian, sedikit mengupas mengenai pembuatan Karya Ilmiah Inovasi Pembelajaran , semoga bermanfaat bagi rekan-rekan sekalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *