Cara Mengisi Aplikasi e-Formasi MENPAN-RB

Posted on

Cara Mengisi Aplikasi e-Formasi MENPAN-RB – Belum selesai pendataan PUPNS dari BKN, kini muncul lagi sebuah aplikasi yang dibuat oleh Tim IT Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi yang diakses secara online, yaitu Penyusunan Formasi Pegawai Negeri Sipil secara Elektronik (e-Formasi). Pihak MENPAN-RB mendesak agar aplikasi ini segera diisi oleh pegawai yang bersangkutan, jika tidak maka akibatnya kebutuhan formasi CPNS 2015 tidak akan diberikan.

Instruksi ini didasari oleh Surat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor B.5548/M.PAN-RB/12/2014 Tanggal 17 Desember 2014 tentang Optimalisasi Kebutuhan ASN Sistem E- Formasi dan Surat Badan Kepegawaian Negara Nomor K.26-30/V256-5/99 Tanggal 11 Desember 2014 tentang Penyusunan Perencanaan Kebutuhan Pegawai ASN TA 2015.

Sebagai informasi awal, bahwa pelaksanaan e-Formasi ini membutuhkan admin lokal (dari daerah masing-masing) yang bertugas mengisi analisa jabatan setiap pegawa dengan Jabatan Fungsional Umum dan Jabatan Fungsional Tertentu (JFU dan JFT), untuk jabatan yang memiliki Eselon, pihak BKD telah menyiapkannya.

Cara mengisi/menggunakan aplikasi e-Formasi

1. Kunjungi halaman http://formasi.menpan.go.id  , kemudian login menggunakan user dan password yang diberikan oleh BKD.

wimaogawa.blogspot.com

2. Setelah berhasil login, tampilannya seperti gambar di bawah ini, dengan menu Profil, Struktur Organisasi, Pengajuan, dan Manajemen Pengguna.

wimaogawa.blogspot.com

3. Klik menu Struktur Organisasi sehingga muncul peta jabatan pada satuan kerja. Bilamana ingin melihat struktur organisasi secara keseluruhan klik ikon pada jabatan.

4. Selanjutnya pengguna dapat menambah, mengubah atau menghapus pegawai yang berada di dalamnya. Untuk penambahan pegawai Jabatan Fungsional Tertentu (JFT) harus disesuaikan dengan keadaan yang sebenarnya.

5. Cara menambah pegawai pada JFU dan JFT
– Pilih Pimpinan JFT / JFU yang akan ditambah.
– Klik kanan hingga muncul menu pop-up
– Pilih Tambah Bawahan Baru

wimaogawa.blogspot.com

– Maka akan muncul form pengisian jabatan baru, isi sesuai dengan jabatan yang akan dibuat.

– Pengisian jabatan harus sesuai dengan Daftar Jabatan yang ada pada database MENPAN-RB

– Bilamana nama jabatan tidak terdapat pada Daftar Jabatan yang ada, masukan nama jabatan yang mendekati, misalnya nama jabatan adalah Bendahara Pengeluaran, dan di Daftar Jabatan yang ada hanya nama jabatan Bendahara. Maka pemangku jabatan tersebut diberikan jabatan Bendahara.

– Daftar Jabatan dapat diunduh melalui http://www.menpan.go.id/ atau www.xstetsa.web.id
 
– Setelah data disimpan, maka akan muncul data jabatan baru, (jika data tidak tampil, maka pilih lagi menu Struktur Organisasi untuk merefresh data. Selanjutnya pada jabatan baru tersebut, klik kanan, kemudian pilih analisa jabatan.

– Analisa Jabatan wajib diisi, sebab dalam pengisian e-formasi, Kementerian PAN & RB dapat menganalisa apakah kebutuhan pegawai tersebut memang dibutuhkan atau tidak.

– Tampilan Memilih Analisa Jabatan

wimaogawa.blogspot.com

– Tampilan Pengisian Analisa Jabatan

wimaogawa.blogspot.com

– Setelah memasukkan seluruh Jabatan Fungsional Umum dan Jabatan Fungsional Tertentu, selanjutnya tugas Admin Lokal adalah menginput kebutuhan yang ada. Untuk melakukan hal ini, pengguna dapat masuk kedalam menu Pengajuan  dan memilih formasi. Maka akan muncul tampilan kebutuhan formasi. Masukkan data formasi sesuai dengan data riil yang ada. Pengentryan data pada form formasi ini, sesuai dengan data yang diminta BKD sebelumnya (Bentuk Excel), namun saat ini memasukkannya melalui aplikasi e-Formasi.

Tampilan Kebutuhan Formasi

wimaogawa.blogspot.com

Pada tampilan e-Formasi ini untuk membuka hingga ke JFU / JFT tekan tombol “segitiga kecil” pada jabatan yang dikehendaki. Setelah tertuju pada JFU / JFT yang dikehendaki, pilih ABK pada baris data tersebut, seperti inidata yang terentry adalah seperti ini :
wimaogawa.blogspot.com
– Klik dua kali untuk memasukkan data ABK, lalu tekan enter untuk mengkonfirmasi, sehingga data akan berubah seperti gambar berikut ini :

– Selanjutnya kolom yang ada akan menyesuaikan, isilah kolom dengan keadaan riil JFU / JFU/JFT yang ada misalnya data sebagai berikut:

wimaogawa.blogspot.com

-Maka data yang dientry adalah sebagai berikut :

wimaogawa.blogspot.com

– Untuk data kekurangan/kebutuhan tidak perlu diisi, sebab secara otomatis data tersebut akan berubah jika kita mengisi data BUP/Pindah.
– Masukkan seluruh data JFT/JFU pada Instansi Anda, meskipun saat ini belum ada yang mengisi jabatan tersebut, sehingga kebutuhan seluruh jabatan dapat dilihat. Misalkan data sebagai berikut :

wimaogawa.blogspot.com

 – Sehingga data yang terentry adalah seperti ini :

wimaogawa.blogspot.com

Untuk panduan versi ms. word nya dapat diunduh melalui link berikut :
Download panduan pengisian aplikasi e-Formasi

Demikian gambaran Cara Mengisi Aplikasi e-Formasi MENPAN-RB, semoga bermanfaat.

sumber : BKD Kediri

One thought on “Cara Mengisi Aplikasi e-Formasi MENPAN-RB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *