Cara Mengatasi Komputer/Laptop Yang Lemot Secara Ampuh

Posted on

Cara Mengatasi Komputer/Laptop Yang Lemot Secara Ampuh – Pada postingan kali ini saja akan sedikit sharing bagaimana cara mengatasi komputer/laptop yang lemot. Komputer/laptop yang lemot bisa membuat kita emosi, lebih parahnya Laptop/Monitor dibanting 😀 .Eittt..jangan emosi Sob. Sebenarnya banyak faktor yang mempengaruhi lemot tidaknya komputer saat digunakan. Mungkin saat pertama kali beli/ baru saja instal ulang OS komputer/laptop terasa ringan, tapi lama kelamaan terasa lemot. Nah mari kita kupas tuntas Bagaimana sih cara mempercepet kinerja komputer/laptop yang lemot.

Berikut beberapa cara mengatasi komputer/laptop yang lemot :


1. Uninstal Program yang tidak penting
Seringkali kita melakukan instalasi software yang sebenarnya jarang/sama sekali tidak kita gunakan.
Alangkah baiknya program tersebut kita uninstal dari Dive C, karena bisa membuat kerja RAM menjadi berat.

2. Gunakan Antivirus Yang Ringan
Antivirus juga mempengaruhi kinerja dari komputer/laptop. Antivirus yang berat bisa membuat komputer/laptop kita berat juga lho. Nah saran saya maksimal dalam 1 komputer/laptop menggunakan 2 antivirus. Dan jangan lupa tiap beberapa hari / tiap minggu discan dan juga diupdate.
Antivirus yang ringan bisa googling sob 😀

3. Disk Clean Up Hardisk
Ketika kita browsing atau menginstal/uninstal software di komputer/laptop pastinya akan menghasilkan registry-registry, cache, cookies yang baru yang biasanya tidak digunakan. Semua itu akan menumpuk di ruang hardisk dan menyebabkan kinerja komputer/laptop kurang maksimal. Oleh karena itu sering-seringlah melakukan Disk Clean Up pada Hardisk.
caranya :
•Klik Start -> Klik All Programs -> Klik Accesories ->
Kemudian Klik System Tools -> Setelah itu     Klik Disk Clean Up.
• Maka akan pilihan untuk memilih partisi Harddisk yang akan dilakukan Clean Up. (pilih drive : C) -> Setelah itu klik OK.

4. Defragment Hardisk
Defragment pada hardisk pada dasarnya berguna untun merapikan file yang berada di harddisk sehingga komputer akan menjadi lebih mudah membacanya.
caranya :
• Pilih Start -> Kemudian klik All Programs -> Selanjurnya klik Accesories -> Kemudian Klik System Tools -> Lalu klik Disk
Defragmenter.
• Selanjutnya pilih Hard Drive yang ingin didefrag lalu anda klik defragment disk.

5. Kurangi Startup yang kurang penting
Aplikasi yang berjalan saat startup bisa membuat proses booting menjadi lama, untuk itu kurangi aplikasi yang kurang penting yang berjalan saat start up.
caranya :
Tekan pada keyboard anda “windows” + “R” secara bersamaan – ketik “msconfig” – Tekan “ok” – lalu pilih startup dan disable aplikasi yang tidak penting. ( tiap windows berbeda-beda tampilannya)

6. Gunakan Software seperti CCleaner
Aplikasi ini rata-rata banyak digunakan oleh netter untuk menghapus registry, cookies, chache,dll. CCleaner  mempunya banyak fiture yang cukup lengkap. Beberapa point diatas sebenarnya bisa dilakukan oleh CCleaner, seperti menguninstal program, disk clean up, defragment, dan juga mengatur startup.

 download :
CCleaner

Jika sudah melakukan langkah-langkah diatas tapi masih saja lambat, bisa jadi harus instal ulang atau RAM nya harus diupgrade lagi. hehehe , sekian Tutorial Cara Mengatasi Komputer/Laptop Yang Lemot Secara Ampuh dari saya. Semoga bermanfaat ^_^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *