Cara Instal Aplikasi Dapodikdas Versi 4.1.0

Posted on
Cara Instal Aplikasi Dapodikdas Versi 4.1.0 – Dengan dirilisnya Aplikasi Dapodikdas versi 4.0.1 berarti pendataan dapodik untuk semester 2 tahun pelajaran 2015/2016 telah dimulai. Seperti biasanya pada awal tahun ajaran baru atau awal semester, dapodik selalu melakukan updating aplikasi. Hal ini merupakan upaya untuk memberikan layanan yang lebih baik kepada para pemangku
kepentingan pendataan pendidikan khususnya para operator dan pengguna
data SD, SDLB, SMP dan SMPLB serta SLB.
Pada aplikasi Dapodik 4.1.0 ini terdapat beberapa perbaikan dan pembaharuan di data PTK , Sarana Prasarana, Sekolah dan Peserta Didik. Gaya dan tampilan antarmuka pengguna aplikasi generasi ke-empat yang sebelumnya masih dipertahankan dengan beberapa modifikasi tambahan guna tetap menghadirkan pengalaman yang nyaman dalam menggunakan Aplikasi.
Perlu diketahui bahwa Dapodik versi 4.1.0 dirilis dalam bentuk Installer dikarenakan adanya perubahan dan penambahan struktur database. Sebelum melakukan installasi Pengguna disyaratkan untuk melakukan uninstall Aplikasi Dapodikdas versi sebelumnya.
Cara Instal Aplikasi Dapodikdas Versi 4.1.0

Cara Instal Aplikasi Dapodikdas Versi 4.1.0

Cara Instalnya sama dengan versi-versi sebelumnya, yaitu uninstal aplikasi dapodikdas lama > masukan prefill baru pada disk C > Instal aplikasi Dapodikdas Versi 4.1.0 > Registrasi > Login aplikasi > lengkapi data > Sinkron.
Download installer dapodikdas 4.1.0 = Installer Dapodikdas 4.1.0
 
Mungkin ada hal yang tidak seperti biasanya, karena Aplikasi Dapodikdas Semester genap biasanya dikemas dalam bentuk patch atau updater, namun pada versi 4.1.0 dirilis dalam bentuk installer dikarenakan ada penyesuaian struktur database. Hal ini memiliki konsekuensi untuk meng-uninstall aplikasi versi sebelumnya yang masih terpasang di komputer. Namun tidak perlu khawatir data sekolah yang sudah dikirim ke server tidak akan hilang dan dapat dipindahkan ke aplikasi dapodikdas melalui fasilitas generate prefill.
Selanjutnya untuk deskripsi perubahan (pengisian data sekolah, PTK, Siswa, Sarpras, dll) silahkan lihat disini:
Demikian informasi Cara Instal Aplikasi Dapodikdas Versi 4.1.0, semoga bermanfaat.

Bagi yang ada masalah bisa mencai solusi disini : Tanya Jawab Permasalahan Aplikasi Dapodikdas Versi 4.1.0

2 thoughts on “Cara Instal Aplikasi Dapodikdas Versi 4.1.0

    1. di artikel ini sudah ada panduannya , silahkan cermati ya..
      download prefill dulu, copy paste ke Disk C (jangna lupa buat folder baru dengan nama prefill_dapodik, instal aplikaasi, register

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.