Cara Ganti Nama Operator Baru di Server Dapodik, Sehingga di Server Hanya ada 1 Nama Operator

Posted on
Cara Ganti Nama Operator Baru di Server Dapodik – Pergantian operator sekolah bisa terjadi kapan saja. Dengan pergantian nama operator tentunya di server dapodik terdapat 2 nama operator, yaitu operator sekolah lama dan operator sekolah baru. Lantas bagaimana cara agar nama operator yang terdapat di dalam server dapodik hanya 1 operator saja? Ok kkan kami jelaskan bagaimana Cara Ganti Nama Operator Baru di Server Dapodik, Sehingga di Server Hanya ada 1 Nama Operator.
Mengutip dari informasi yang dishare oleh mas Guruh Mada melalui akun facebooknya bahwa ada beberapa prosedur yang dilakukan agar Data di Server Dapodik hanya 1 (Operator Baru).
Berikut adalah prosedurnya :

1. Kasek membuat surat resmi ke Ka Disdikpora Cq. Kasubag Program, tentang penggantian OPS (bisa juga sekalian minta di Ganti/Reset Kode Registrasi (Koreg) Dapodikdas nya)
2. Serta membawa surat penugasan (Surat Tugas) bagi operator sekolah baru.
3. Hadir secara pribadi pada jam kantor (bisa Kasek ato OPS baru tersebut)
4. Kemudian akan di hapus operator lama di server dapodikdas dan akan di release Kode Registrasi Baru (Jika kasek minta di ganti KOREG)

Cara Ganti Nama Operator Baru di Server Dapodik, Sehingga di Server Hanya ada 1 Nama Operator

Mengapa KOREG perlu diganti? Berikut penjelasannya


1. Koreg merupkan KUNCI untuk bisa login ke Aplikasi Dapodik
2. Jika orang lain yang tdk berkepentingan mempunyai KUNCI, maka bisa dimungkinkan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan (misal : mengubah JJM Guru, Menghapus Sarpras dll)
3. Karena KOREK Dapodik itu bersifat SANGAT RAHASIA (Tunjangan, Dana BOS, Bantuan Sarpras, PIP dll) yang sangat berperan yaitu KOREG dan OPERATOR SEKOLAH

Sedangkan untuk Jenjang Dikmen, saya blm mendapatkan informasi untuk perubahan/penggantian, baik Operator Sekolah maupun Kode Registrasinya.

Demikian informasi bagaimana Cara Ganti Nama Operator Baru di Server Dapodik, Sehingga di Server Hanya ada 1 Nama Operator

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *